Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Belajar : MAGNET

Bahan Belajar : MAGNET

Ratings: (0)|Views: 886 |Likes:
Published by karel_mewal

More info:

Published by: karel_mewal on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
Kemagnetan
 
185
 
KEMAGNETANBab 11
Malu bertanya sesat di jalan. Ketika beradadi hutan yang sangat lebat seperti gambar di samping, hingga sinar mataharipun tidak mampumenembus pepohonan, seseorang akan sangat mudah tersesat. Tidak ada yang dapat ditanya,mana arah utara. Namun, jika saat itu diamembawa kompas, permasalahannya dapat diatasi. Fenomena penampakan magnet sebagaikompas atau penunjuk arah, akan kamu pelajari pada bab ini. Pada bab ini kamu akan mempelajarihal-hal yang berkaitan dengan gejala ke-magnetan.
Sumber:
 Indonesian Heritage
, 2002
Pretest
1.Termasuk gaya sentuh ataukah tak sentuh gaya magnet itu?2.Benda apakah yang dapat ditarik magnet?3.Sebutkan tiga contoh benda di sekitarmu yang menggunakanmagnet.4.Sebutkan cara membuat magnet yang kamu ketahui.
 
Kata-Kata Kunci
 
 –deklinasiinklinasi elektromagnetkutub magnet garis gaya magnetmedan magnet –gaya Lorentz
 
186
Mari BIAS 3
 
Kemagnetan
 
187
Pada era teknologi yang serba modern ini magnet memegang peranan yang sangat penting. Dari pengembangan sains, telah berhasil membuat alat transportasi yang menggunakan magnet yangdisebut kereta api monorel. Berbagai alat menggunakan magnetseperti alat-alat rumah tangga dan alat-alat komunikasi. Apakahsebenarnya magnet itu? Bagaimanakah prinsip kerja alat-alat itu berdasarkan kemagnetan?
A. KEMAGNETAN BAHAN
Kita dapat menggolongkan benda berdasarkan sifatnya.Pernahkah kamu melihat benda yang dapat menarik benda logamlain? Kemampuan suatu benda menarik benda lain yang berada didekatnya disebut kemagnetan. Berdasarkan kemampuan bendamenarik benda lain dibedakan menjadi dua, yaitu benda magnet dan benda bukan magnet. Namun, tidak semua benda yang berada didekat magnet dapat ditarik. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda magnetik. Benda yang tidak dapat ditarik magnet disebut benda nonmagnetik.Benda yang dapat ditarik magnet ada yang dapat ditarik kuat,dan ada yang ditarik secara lemah. Oleh karena itu, bendadikelompokkan menjadi tiga, yaitu benda feromagnetik, benda paramagnetik, dan benda diamagnetik. Benda yang ditarik kuat olehmagnet disebut benda feromagnetik. Contohnya besi, baja, nikel,dan kobalt. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik. Contohnya platina, tembaga, dan garam. Benda yangditolak oleh magnet dengan lemah disebut benda diamagnetik.Contohnya timah, aluminium, emas, dan bismuth.Benda-benda magnetik yang bukan magnet dapat dijadikanmagnet. Benda itu ada yang mudah dan ada yang sulit dijadikanmagnet.
 
Baja sulit untuk dibuat magnet, tetapi setelah menjadimagnet sifat kemagnetannya tidak mudah hilang. Oleh karena itu, baja digunakan untuk membuat magnet tetap (magnet permanen).Besi mudah untuk dibuat magnet, tetapi jika setelah menjadimagnet sifat kemagnetannya mudah hilang. Oleh karena itu, besidigunakan untuk membuat magnet sementara (magnet remanen).Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri magnet-magnetkecil yang disebut magnet elementer. Cobalah mengingat kembaliteori partikel zat di kelas VII. Benda yang bukan magnet arah magnetelementernya tidak beraturan. Adapun, benda magnet arah magnetelementernya teratur. Perhatikan Gambar 11.2. Oleh sebab itu, prinsip membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elemen-ter yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga caramembuat magnet, yaitu menggosok, induksi, dan arus listrik.
Tujuan belajarmu adalahdapat:
membedakan bendamagnet denganbenda bukanmagnet;
mendemonstrasikancara membuat magnet dan caramenghilangkan sifat kemagnetan
Tujuan Pembelajaran
Gambar 11.1Susunan mag-net elementer besi/baja sebelummenjadi magnet
Gambar 11.2Susunan mag-net elementer besi/baja yangtelah menjadi magnet

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Kelas Ename liked this
cicilia_septiana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->