Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bentuk Dan Ukuran

Bentuk Dan Ukuran

Ratings: (0)|Views: 95 |Likes:
Published by kall el
LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK PENANGANAN HASIL PERTANIAN Karakteristik Fisik Bahan Hasil Pertanian (Bentuk dan Ukuran)

Oleh: Nama NPM Hari, Tanggal Praktikum Sift/Kelompok Co. Ass : Riando Simbolon : 240110080040 : Selasa, 28 September 2010 : II/5 : Asri Widyasanti, STP. S. Rossalinda, STP.

LABORATORIUM TEKNIK PASCA PANEN JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Bahan-bahan hasil pertan
LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK PENANGANAN HASIL PERTANIAN Karakteristik Fisik Bahan Hasil Pertanian (Bentuk dan Ukuran)

Oleh: Nama NPM Hari, Tanggal Praktikum Sift/Kelompok Co. Ass : Riando Simbolon : 240110080040 : Selasa, 28 September 2010 : II/5 : Asri Widyasanti, STP. S. Rossalinda, STP.

LABORATORIUM TEKNIK PASCA PANEN JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Bahan-bahan hasil pertan

More info:

Published by: kall el on Sep 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM
TEKNIK PENANGANAN HASIL PERTANIAN
Karakteristik Fisik Bahan Hasil Pertanian
(Bentuk dan Ukuran)
Oleh:
Nama
: Riando Simbolon
NPM
: 240110080040
Hari, Tanggal Praktikum : Selasa, 28 September 2010
Sift/Kelompok
: II/5
Co. Ass
: Asri Widyasanti, STP.
S. Rossalinda, STP.

LABORATORIUM TEKNIK PASCA PANEN
JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN

2010
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Bahan-bahan hasil pertanian seringkali mengalami kerusakan baik di lahan maupun dalam proses penanganan pasca panen. Kerusakan-kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya faktor fisik, mekanik, termal, fisiologis dan kimia. Untuk mencegah kerusakan bahan hasil pertanian seminimal mungkin, diperlukan pengetahuan tentang karakterisrik (watak/sifat) teknik bahan hasil pertanian yang berkaitan dengan karakteristik fisik, mekanik dan termal. Selain itu pengetahuan tentang karakterisrik bahan hasil pertnaian diperlukan sebagai data dasar dalam :

yMerancang bangun mesin-mesin pengolahan, menentukan bahan atau
material konstruksinya, pengoperasian serta pengendaliannya,
yMenganalisis dan menentukan efisiensi suatu mesin, maupun proses
pengolahan.
yMengembangkan produk-produk olahan baru dari bahan berupa tanaman
dan hewan.
yMengevaluasi serta mengawetkan mutu produk akhir.

Ada banyak faktor yang mempangaruhi hasil pertanian, tetapi yang akan dilakukan pada praktikum kali ini adalah mengenai pengukuran bentuk dan ukuran dari produk pertanian, sehingga dalam penangannnya sudah dibuat suatu standard yang nantinya untuk mempermudah penanganan produk tersebut sampai ke tangan konsumen dan mengurangi kerusakan yang akan terjadi selama masa pasca panen sampai ke tangan konsumen, sehingga kualitas akan semakin baik dan tentu saja harga dari bahan pertanian tersebut akan semakin tinggi.

1.2T u j uan Praktikum
1. Menentukan bentuk suatu bahan hasil pertanian berdasarkan ukuran,
kebundaran, kebulatan.
2. Menentukan hubungan antara bentuk suatu bahan hasil pertanian dengan
volume dan luas permukaannya.
BAB II
TINJAUAN PUS TAKA
Bentuk danukuran

Disain dan kinerja beberapa tipe mesin pertanian (misal, ayakan, mesin penabur, dll) sangat berkaitan dengan bentuk dan ukuran obyeknya. Bentuk- bentuk dari biji-bijian, buah-buahan dan tanaman pada umumnya tidak beraturan (irregular), sedemikian sehingga jumlah data pengukuran yang sangat besar diperlukan untuk mendiskripsikannya secara akurat. Meski demikian, dari praktek pengukuran-pengukuran menunjukkan bahwa keragaman bentuk secara umum dapat dijelaskan dengan baik oleh poros orthogonal yang ditentukan sesuai tujuan biasanya dikarakteristikkan oleh panjang, lebar dan tebal. Pada beberapa kasus, karakteristik suatu produk cukup dinyatakan dengan dua atau bahkan satu dimensi saja.

Ukuran bahan-bahan pertanian tidak seragam, melainkan tersebar disekitar nilai reratanya. Dengan demikian, sangatlah penting untuk menyatakan distribusi dari suatu ukuran disamping reratanya. Kualitas prosesing suatu bahan (misal, pencacahan dan penggilingan) ditentukan oleh rerata ukuran dan standar deviasi dari pruduk hasil proses.

Secara umum, belum ditemukan suatu metode terapan untuk menyatakan dengan tepat bentuk dari produk-produk pertanian. Bentuk suatu tanaman dan produknya pada umumnya diperbandingkan dengan basis dimensi longitudinal dan penampang melintang, untuk memetakan bentuk-bentuk standarnya. Beberapa bentuk standar bahan pertanian telah ditetapkan misalnya untuk apel, persik, kentang.

Bentuk dan ukuran adalah dua karakteristik yang tidak dapat dipisahkan dalam hal objek fisik bahan dan keduanya diperlukan untuk pendeskripsian karakteristik fisik suatu bahan secara jelas.

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menjelaskan bentuk dan ukuran dari suatu bahan hasil pertanian diantaranya bentuk acuan, kebundaran, kebulatan, dimensi sumbu bahan, serta kemiripan bahan hasil pertanian terhadap benda-benda geometri tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->