Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH 2

MAKALAH 2

Ratings: (0)|Views: 858|Likes:
Published by Resa Peter Peter

More info:

Published by: Resa Peter Peter on Sep 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2012

pdf

text

original

 
 Oleh :XII Adm. Perkantoran 1
SMK PASUNDAN 1 BANDUNGBIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMENJalan Balonggede No. 44 Bandung2010 - 2011
 
SENAM AEROBIK 
 
Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif,beriramakan cepat dengan gerakan dasar kaki jalan-loncat sesuai dengan fungsi senamaerobik itu sendiri. Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatan jantung danstamina tubuh. Tapi bila dilakukan secara tidak benar bisa menimbulkan cedera.Demikian diungkapkan Lisda, struktur senam di Sanggar Senam Nony yang berlokasi diJalan Veteran No. 927 Palembang, ketika diwawancarai Sripo, Selasa (13/7) kemarin.Menurut Lisda, senam aerobik sangat cocok untuk wanita yang berusia muda, 30 tahunke bawah. “Karena senam ini berirama cepat dan di dalamnya terdapat bermacamvariasi gerak, yang mungkin sulit diikuti oleh mereka yang berusia di atas 30 tahun.”ujarnya.Dijelaskan, bagi wanita berusia 30 tahun, yang ingin melakukan senam aerobik, agar tidak cedera maka harus dilakukan dengan benar. Gerakan-gerakan dan latihan yangasal-asalan dan tidak benar dapat menimbulkan cedera yang mungkin sulit untukdisembuhkan. Bukan manfaat yang diperoleh.“Tapi apa pun jenis senam yang dipilih, semuanya bermanfaat bagi tubuh apabiladilakukan dengan teratur, baik, dan benar. Karena itu bergabunglah dengan sanggar-sanggar atau klub senam yang mempunyai instruktur serta pelatih yang baik danberkualitas.” ujarnya.Menurut wanita yang juga menjadi instruktur di beberapa tempat fitness di Palembang,senam aerobik ini, dapat dilakukan di rumah, sebaiknya senam aerobik dilakukan jam 6pagi dan 5 sore. (fil)TipsSenam Aerobik- Pakailah sepatu yang nyaman dan memang khusus untuk aerobik- Ikuti gerakan instruktur dengan benar.- Jika tidak dapat mengikuti seluruh gerakan, cukup ikuti dengan gerakan tangan ataukakinya saja.- Tidak perlu memaksakan diri sehingga membuat gerakan salah dan tidak adamanfaatnya.- Biasakan berlatih aerobik dengan insruktur yang sama, untuk menghindari berbagaigerakan berbeda. Instruktur yang sama memudahkan peserta mengikuti gerakannya.(fil)
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru serta pembentukan tubuh.Gerakan-gerakan yang dipilih, tentu saja harus mengandung nilai yangdiperlukan untuk kedua tujuan diatas.
TUJUAN PERTAMA, meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. Gerakan yangdipilih harus mampu menyebabkan denyut jantung meningkat sedemikian rupa ke targetlatihan atau disebut juga zona latihan.
TUJUAN KEDUA, pembentukan tubuh. Gerakann yang dipilih harus mengandungkalestenik yang memenuhi tuntutan teknik dan ketentuan anatomis tertentu.
IRAMA MUSIK yang dipergunakan dalam senam aerobic mempunyai dua sisi yangsama pentingnya. Disatu sisi musik bertindak sebagai patokan kecepatan. Disisi lain
 
musik beretindak sebagai penjaga motivasi serta semangat dari para pelaku latihan agar tetap” on” ( menyala )
Dahulu, kaum pria menganggap senam aerobik adalah olahraga untuk wanita
 
saja dan menganggapnya kurang bermanfaat. Padahal tidak demikian halnya. Senambermanfaat bagi siapa saja, pria maupun wanita baik tua maupun muda. Tetapi kini, baikpriamaupun wanita, bersamasama melakukan senam aerobik demi kebugaran dankegembiraannya. Senam aerobik telah menjadi sangat populer di Indonesia. Senamtersebutdiiringi dengan musik kesenangannya dan irama musik menjadi panduan dari gerakanyangdilakukan. Mereka yang dahulu mengira senam aerobik merupakan olahraga ringan,setelahmelakukannya sendiri merasa bahwa rnemang aerobik keras intensitasnya sehinggamerekamenghargai seperti olahraga lain yang juga cukup keras intensitasnya. Oleh karena itu,adaberbagai dan beragam jenis senam, sehingga semua orang bisa memilih mana yangcocokuntuk mereka. Apapun jenis latihan senam yang kita pilih, semuanya bermanfaat bagitubuhyaitu untuk kesehatan, kebugaran, dan kecantikan. Syaratnya, latihan tersebut dilakukandengan teratur, baik, dan benar.
Senam Low Impact
Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobic dalam variasigerakannya.Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama denganAerobic,yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, makasenamini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. rangtuamaupunmuda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudahdiikuti.
Body Language
Senam Body Language merupakan istilah dan tren baru dalam dunia persenaman.Senam inimuncul sekitar 3-4 tahun lalu. Jika diperhatian dengan seksama maka Body Languageini,bukanlah gerakan-gerakan senam yang baru. Body Language merupakan gabungandari

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
phergaputra liked this
Evada Dewata liked this
Joe Stya liked this
Ekok Ec liked this
lipdan liked this
Aby Arief liked this
Ida Doank liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->