Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BIOSTATISTIK

BIOSTATISTIK

Ratings: (0)|Views: 10,391|Likes:
Published by Argitya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Argitya on Sep 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

 
BIOSTATISTIK Statistika
adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan,menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikandata. Singkatnya, statistika adalahilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' ( bahasa Inggris:
 statistics
) berbedadengan 'statistik' (
 statistic
). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data,sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika padasuatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan ataumendeskripsikan data; ini dinamakanstatistika deskriptif . Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikanteori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi,sampel,unit sampel, danprobabilitas. Ruang lingkup statistic
Macam Statistik 
1. Pembagian statistik (A) :a.Statisik Deskriptif: bagaimana data dikumpulkan dan disajikan b.Statistik inferensi: bagaimana menganalisis data dan menginterpretasikan hasilanalisis tersebut.2. Pembagian statistik (B) :a.Statistik parametrik : berhubungan dengan inferensi statistik yang membahas parameter- parameter populasi seperti rata-rata proporsi, dan lain- lain. Denganciri–ciri parametrik adalah jenis data interval atau rasio serta distribusi data(populasi) adalah normal atau mendekati normal. b.Statistik non- parametrik: inferensi statistik yang tidak membahas parameter- parameter populasi dengan ciri adalah data nominal atau ordinal serta distribusidata (populasi) yang tidak diketahui atau bisa disebut tidak normal.3. Pembagian statistik (C):a.Analisis univariat : dimana hanya ada satu pengukuran(variabel) untuk sejumlah (n) atau pengukuran beberapa variabel tapi masing- masing dianalaisistersendiri. Contoh: uji t, uji F, ANOVA, dll. b.Analisis multivariat : dimana ada dua atau lebih pengukuran (variabel) untuk sejumlah (n) sampel dan analisis antar variabel dilakukan bersamaan (regresi,korelasi, dll).
Jenis Data
Data : himpunan angka-angka yang teratur menurut kaidah-kaidah tertentu danmenunjukkan nilai suatu obyek atau fakta yang dinyatakan dengan angka.Ciri-Ciri Dataa.Berbentuk angka atau simbol angka, tidak berbentuk kalimat. b.Tersusun teratur. Berurutan sesuai dengan aturan-aturan, kaidah-kaidah, hukum-hukum, rumus-rumus, dalil-dalil tertentu.
 
c.Agregat. Seluruh kumpulan nilai-nilai pengukuran yang merupakan suatukesatuan dan setiap nilai pengukuran hanya mempunyai arti sebagai bagian darikeseluruhan tersebut.Klasifikasi Dataa.Data Diskrit (data anumeration) : kumpulan angka-angka yang tidak memilikidesimal atau pecahan di antara dua bilangan bulatnya, diperoleh dari menghitung.Tiap objek memiliki satu satuan yang utuh, yang tidak memungkinkan untuterjadinya secara sebagian.Misalnya : jumlah rumah 34 rumah, jumlah penduduk 3657 jiwa, jumlah mobil 29 mobil, jumlah meja 56 meja, dsb. Pada perhitungandimungkinkan ada desimal, namun kesimpulan akhir merupakan angka tanpa desimal.Pembulatan selalu naik, berapapun angka di belakang koma. b.Data Kontinue (data measurement) adalah kumpulan angka-angka yang masihdimungkinkan memiliki bilangan desimal atau pecahan di antara dua bilangan bulatnya yang banyaknya tak terhingga, biasanya didapatkan dari proses pengukuran.Contoh : tinggi badan 175,5 cm, berat badan 67,75 kg, jarak m 10,7 km, kecepatan23 m/dt, temperatur 370C, volume 35,2 l, dll.Data Menurut Sifatnyaa.Data Kualitatif : adalah kenyataan yang menunjukkan sifat-sifat objek yang tidak memungkinkan secara langsung dapat diubah menjadi angka, sehingga menggunakan pendekatan dalam bentuk kategori. Contoh : lukisan indah, pemandangan bagus,wajah cantik, penataan rapi, kebijaksanaan tepat, perkataannya benar, tariannyaindah. b.Data Kuantitatif : adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Misalnya : 60rumah, 2.345 jiwa, 23 km, 19 gr.Data Menurut Sumbernyaa.Data Primer : data yang diperoleh secara langsung dengan melakukan sendiri pengumpulan terhadap obyek. b.Data Sekunder : data yang diperoleh dari olahan data primec.Data Tersier : data yang diperoleh dari olahan data sekunder.d.Data Kuarter : data yang diperoleh dari data tersier yang telah diolah terlebihdahulu.Skala dataa.Skala nominal
Ciri : dibedakan.
Operasional matematis : = dan≠ .
Contoh : –mata pencaharian (pedagang, petani, swasta, dll) –suku bangsa (Sunda, Jawa, Madura, Batak, dll) –Bahasa (Melayu, Jawa, Bugis, Minang, dll) –jenis kelamin (laki-laki, wanita) –jenis penyakit (ispa, diare, kulit, TB, dll)
 
 b.Skala ordinal
Ciri ; dapat dibedakan, dapat diurutkan. •Operasional matematis : =,≠, >, dan <
Contoh : –tingkat pendidikan(SD, SLTP, SLTA, PT), –peringkat (I, II, III), –mutu (baik, sedang, jelek), –tingkatan (tinggi, sedang, rendah).c.Skala interval
Ciri : dapat dibedakan, dapat diurutkan, interval yang sama tiap satuan alat ukur, besarnya interval tidak menunjukkan arti yang sebenarnya, antara satuan alat ukur yang satu dengan lainnya memiliki skala angka nol yang tidak sama.
Operasional matematis : =,≠, >, <, +, dan− .
Contoh : data temperatur (0C,0F,0R), tahun (th jawa, th masehi, th hijriah, thcina), sikap (skala begardus, skala likert), IQ, konsentrasi (ph), umur (th).d.Skala ratio
Ciri : dapat dibedakan, dapat diurutkan, memiliki interval yang sama tiap satuanalat ukur, lebar interval tiap satuan alat ukur menunjukkan nilai yang sebenarnyadan antara satuan alat ukur yang satu dengan lainnya memiliki skala angka nolyang absolut.
Operasional matematis : =,≠, >, <, +,−, x, dan :
Contoh : data berat (kg, pound), data jarak (km, yard, mile, kaki), volume (m3,liter, gallon), tinggi badan, luas (m2, hektar, ubin)
TUJUAN STATISTIK 
Memahami, menganalisis record registrasi
Menggambar keadaan objek yang dikaji
Menjelaskan faktor yang mendasar terhadap objek yang dikaji
Melihat hubungan antar variable
Melihat perbedaan
Membantu menyusun kebenaran suatu teori
Menafsirkan keadaan
Mengendalikan
KEGUNAAN STATISTIK KESEHATAN
 a.Memberi keterangan tentang masalah-masalah kesehatan masyarakat yangdihadapi serta hal-hal perlu mendapat prioritas. b.Memberikan keterangan penyebaran penyakit berdasarkan orang yang diserang,waktu penyerangan, luasnya wilayah serang dan kecenderungannya.c.Memperkirakan perkembangan suatu penyakit dengan berdasarkan periodisasinya/ trend.

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Shinta Dewy liked this
DeVi K. NinGsih liked this
Shisyl Auliasila liked this
Widya Fadillah liked this
rizakyusan liked this
Frey Edy liked this
Lydia Hari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->