Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
49Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab V - Permutasi Dan Kombinasi (Statistik Semester IV)

Bab V - Permutasi Dan Kombinasi (Statistik Semester IV)

Ratings: (0)|Views: 8,655|Likes:
Published by Arief Gunawan
Dalam beberapa macam cara suatu peristiwa dapat terjadi ? Dalam berapa macam cara suatu pemilihan terhadap sebagian dari keseluruhan obyek dapat dilakukan ? Pertanyaan sedemikian itu acapkali timbul dalam persoalan tentang cara menghitung berbagai kemungkinan memilih sampel dari suatu populasi tertentu. Pada asasnya, persoalan diatas sama dengan persoalan mencari jumlah cara menyusun atau mengatur suatu himpunan obyek tertentu.
Dalam beberapa macam cara suatu peristiwa dapat terjadi ? Dalam berapa macam cara suatu pemilihan terhadap sebagian dari keseluruhan obyek dapat dilakukan ? Pertanyaan sedemikian itu acapkali timbul dalam persoalan tentang cara menghitung berbagai kemungkinan memilih sampel dari suatu populasi tertentu. Pada asasnya, persoalan diatas sama dengan persoalan mencari jumlah cara menyusun atau mengatur suatu himpunan obyek tertentu.

More info:

Published by: Arief Gunawan on Sep 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
 
 Drs. H. Simbolon, MS ± Statistik II 
1
 
Bab VPermutasi dan Kombinasi5-1. Pendahuluan
 Dalam beberapa macam cara suatu peristiwa dapat terjadi ? Dalam berapa macam cara suatu pemilihan terhadap sebagian dari keseluruhan obyek dapat dilakukan ? Pertanyaansedemikian itu acapkali timbul dalam persoalan tentang cara menghitung berbagaikemungkinan memilih sampel dari suatu populasi tertentu. Pada asasnya, persoalan diatassama dengan persoalan mencari jumlah cara menyusun atau mengatur suatu himpunan obyek tertentu.
5-2. Beberapa Pengertian dasar tentang permutasi
 
Contoh 5.2.1. :
B
erapa jumlah nomor pelat kendaraan bermotor yang dapat digunakan jika susunannomornya menggunakan 3 bilangan angka serta diikuti dengan 1 huruf alfabet ?Persoalan diatas sama dengan cara mengisi 4 ruang kosong yang ada pada nomor pelat diatas.Ruang pertama dapat diisi dengan salah satu dari kesembilan bilangan angka (1, 2, . . . , 9karena 0 dikecualikan) sehingga kita dapat mengisi ruang pertama dalam 9 cara. Setelahruang pertama terisi dengan salah satu cara diatas, ruang kedua dapat diisi dalam 10 macamcara (0 diperbolehkan dan kesembilan bilangan angka dapat diulang penggunaannya). Ruangketiga dapat diisi dalam 24 macam cara (alfabet terdiri dari 26 huruf sedangkan huruf o dan itidak dipergunakan). Sesuai dengan kaedah penggandaan, hasil permutasi menjadi 9 X 10 X10 X 24 = 21.600 cara yang berbeda atau 21.600 macam nomor pelat.
Contoh 5.2.2. :
Seorang wisatawan asing yang sedang berada di Palembang membuat suatu rencana perjalanan dengan rute Palembang-Jakarta-Tokyo-Jakarta-Palembang. Wisatawan ini inginmengadakan perjalanan antara Palembang dan Jakarta melalui laut dan antara Jakarta danTokyo melalui udara.
B
ila terdapat tiga perusahaan pelayaran yang melayani rute laut antaraJakarta dan Palembang serta 4 perusahaan penerbangan yang melayani rute udara antaraJakarta dan Tokyo dan bila wisatawan diatas merencanakan perjalanannya tanpa harusmenggunakan jasa-jasa perusahaan jasa diatas dua kali, dalam berapa carakah wisatawandiatas dapat mengatur perjalanannya dengan menggunakan jasa-jasa perusahaan jasa diatas ?Dalam hal diatas, rute antara Palembang dan Jakarta dapat ditempuh dalam 3 macam cara,rute antara Jakarta dan Tokyo dapat ditempuh dalam 4 macam cara, rute Tokyo dan Jakartadalam 3 macam cara dan antara Jakarta dan Palembang dalam 2 macam cara. Sebagaikeseluruhan, wisatawan diatas dapat mengatur perjalanannya dalam 3 x 4 x 3 x 2 = 72 macamcara.
 
 
 Drs. H. Simbolon, MS ± Statistik II 
2
 
5-3. Permutasi dari n obyek yang berbeda tanpa pemulihan obyek yang terpilih
1.
 
 Pe
rmutasi dari n oby
e
k s
e
luruhnya
DEFINISI
5.3.1. :
 
B
ila n menyatakan bilangan bulat positif, maka hasil penggandaan bilangan tersebut dari 1 sampai dengan n dinamakan n faktorial dan diberi tanda n!.
 Pe
nj
e
lasan :
Jika n = 1, 2, . . . , makan! = n (n-1) (n-2) . . . 2
.
1= n (n-1)!Dan (n+1)! = (n+1)n!
2.
 
 Pe
rmutasi s
e
banyak r dari n oby
e
DEFINISI
5.3.2. :
Pengaturan atau penyusunan sebanyak r obyek yang diambil dari suatuhimpunan yang terdiri dari n obyek yang berbeda secara matematis dinamakan permutasisecara sekaligus sebanyak r dari n obyek yang berbeda dimana r  n. secara simbolis, permutasi sedemikian itu dinyatakan sebagai
n
P
.
Contoh :
Jika kita gunakan perumusan
n
P
=

untuk menghitung jumlah permutasi 2 huruf yangdiambil dari kata ³laut´ dalam contoh 5.3.1. maka akan diperoleh hasil :
n
P
=
4
P
2
=

= 12
3.
 
 Pe
rmutasi k 
e
liling (circular p
e
rmutation)
Permutasi suatu himpunan obyek yang membuat suatu lingkaran dinamakan
 p
e
rmutasi
e
liling 
.
B
ila suatu himpunan obyek disusun secara teratur dalam sebuah lingkaran, permutasiobyek yang bersangkutan sebetulnya mempersoalkan kedudukan relatif obyek-obyek diatas bila melintasi lingkaran dalam arti yang tertentu.
5-4. Permutasi sebanyak r dari n obyek dengan pemulihan obyek yang terpilih
TEOREMA 5.4.1. Permutasi sebanyak r dari n obyek dengan pemulihan obyek yang terpilih.Jumlah permutasi dari suatu himpunan yang terdiri dari n obyek dan yang diambil sekaligussebanyak r dengan pemulihan obyek yang telah terpilih ialah :
n
=
n
dengan ketentuan r  n dan merupakan bilangan bulat positif.

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ranii Fidellia liked this
Mas Bedjo liked this
stevenyang28 liked this
Illyas Janu liked this
Nuar Ciimmzierr added this note|
tq sm2 la jara wa lch
Bayu Ajie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->