Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah iAd Penting Ekonomi Apa Matematika

Makalah iAd Penting Ekonomi Apa Matematika

Ratings: (0)|Views: 90 |Likes:
Published by adheetteea

More info:

Published by: adheetteea on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2011

pdf

text

original

MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR
³Pentingnya Ilmu Matematika Dibandingkan Dengan Ilmu Ekonomi ³
Dosen Sukamto.Drs.Msi
Disusun Oleh :
Adhitya Henrika
094385211009
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
YUPPENTEK 2010
Ilm u Alam iah Dasar
Halaman ii
Kata Pengantar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Illahi rabbi atas segala nikmat yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah ini bisa terselesaikan. Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan untuk baginda Nabi kita Muhammad SAW beserta sahabat dan keluarganya.

Terima kasih pula saya haturkan kepada dosen Ilmu Alamiah Dasar Pak Sukamto, atas segala arahan serta ilmu yang telah diberikan, sehingga bertambahnya ilmu pengetahuan yang saya dapatkan.

Dalam makalah ini penulis mencoba mengemukakan pendapat tentang ³ Manakah yang lebih penting ekonomi atau matematika ³, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, untuk itu mohon saran dan kritikannya atas makalah ini.

Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi
rekan-rekan mahasiswa sebagai bahan diskusi kita semua.
Wabilallahi taufik walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
Tangerang, Juli 2010
Penulis
Ilm u Alam iah Dasar
Halam an iii
BABI
Pendahuluan

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:

a. Faktor Ekonomi
b. Faktor Lingkungan Sosial Budaya
c. Faktor Fisik
d. Faktor Pendidikan

Ilmu ekonomi memerlukan beberapa alat analisis untuk menerangkan teori- teorinya dan untuk menguji kebenaran teori-teori tersebut. Grafik dan kurva adalah alat analisis yang utama dalam teori ekonomi.

Dalam teori yang lebih mendalam, matematika dan persamaan matematika memegang peranan yang sangat penting. Di samping itu statistik adalah alat analisis untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.

Peranan matematika dan statistika sebagai alat bantu kuantitaif yang penting dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ilmu pengetahuan (juga teknologi, dan kehidupan sehari-hari) sudah lama diakui, khususnya dalam rumpun ilmu- ilmu pengetahuan alam (natural sciences) seperti Fisika, Astronomi, Geologi, dan lain-lain. Phytagoras (582-504 SM) salah seorang ahli Filsafat terkenal menyatakan tentang pentingnya pengukuran dalam kehidupan manusia

Dewasa ini kecenderungan menggunakan metode kuantitatif di kalangan ilmuwan sosial semakin berkembang pesat. Di Indonesia penggunaan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis gejala kemasyarakatan relatif belum begitu lama, barangkali mulai tumbuh subur sekitar pertengahan tahun tujuh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->