Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
14Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bunuh diri

bunuh diri

Ratings: (0)|Views: 1,810|Likes:
Published by WaHyu Alkatiri

More info:

Published by: WaHyu Alkatiri on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang
.Kasus bunuh diri di negara kita makin mewabah. Berdasar data terakhir WHO terdapat 1 juta kasus dalam satu tahun didunia. Di Propinsi DKI Jakarta, kasus mencapai 5,8% dari jumlah penduduk. Di Kabupaten Gunung Kidul Propinsi DIY,terdapat lebih dari 30 kasus setiap tahun.Kasus bunuh diri sebagian besar menimpa golongan dewasa, dan sedikit yang menimpa remaja.Hal ini sebenarnyabanyak berkaitan dengan status orang dewasa tersebut. Banyak penelitianyang menemukan bahwa sebagian besardari orang-orang yang bunuh diri berlatarbelakangkeluarga broken home. Selain itu, tuntutan kebutuhan ekonomi seringmenjadi alasan bunuh diriPenyakit yang tidak kunjung sembuh menjadi alasan berikutnya. Jangan remehkan suasana hatikita, sebab kalau sedang dalam kondisi sangat buruk, seseorang bisa mengakhiri nyawanyasendiri. Ilmuwan Amerika belum lama ini menemukan bahwa kasus bunuh diri di kalanganremaja justru dipicu akibat suasana hati yang buruk.Kasus bunuh diri di kalangan remaja belakangan mulai meningkat. Data resmi di KepolisianDaerah Metro Jaya menyatakan, selama 2003 tercatat 62 kasus bunuh diri. Jumlah ini merupakankelipatan tiga kali lebih banyak daripada angka tahun 2002. Usia pelaku bunuh diri, tidak main-main, ada yang masih belasan tahun.Apa sesungguhnya pemicu keinginan mengakhiri hidup sendiri itu? Ternyata semua kasus´horor´ tersebut dilandasi pada mood atau suasana hati seseorang.
Dr. Ghanshyam Pandey
  beserta timnya dari University of Illinois, Chicago, menemukan bahwa aktivitas enzim di dalam pikiran manusia bisa mempengaruhi mood yang memicu keinginan mengakhiri nyawa sendiri.Pandey mengetahui fakta tersebut setelah melakukan eksperimen terhadap otak 34 remaja yang17 di antaranya meninggal akibat bunuh diri. Ditemukan bahwa tingkat aktivitas protein kinase C(PKC) pada otak pelaku bunuh diri lebih rendah dibanding mereka yang meninggal bukan karena bunuh diri
B. Rumusan Masalah
 
 
1.
 
Bagaimana bunuh diri dilihat dari ukuran masalahnya?2.
 
Siapakah kelompok beresiko yang didiagnostik dalam usaha bunuh diri?3.
 
Bagaimana penjelasan tentang depresi , tingkatan depresi, gejala-gejala umum daridepresi?4.
 
Apa saja kasus-kasus yang tejadi di dalam bunuh diri?5.
 
Apakah penyebab bunuh diri6.
 
Bagaimanakah karakteristik pemikiran dari orang yang ingin bunuh diri?7.
 
Bagaimanakah bunuh diri dipandang sociodemografik dan faktor-faktor lingkungan?8.
 
Bagaimana kita menjangkau orang-oarang yang bunuh diri?9.
 
Bagaimana terapi bagi yang mengalami gangguan perasaan dan bunuh diri?10.
 
C
. Tujuan
 1.
 
Untuk mengetahui bunuh diri dilihat dari ukuran masalahnya2.
 
Untuk mengetahui kelompok beresiko yang didiagnostik dalam usaha bunuh diri3.
 
Untuk mengetahui penjelasan tentang depresi , tingkatan depresi, gejala-gejala umumdari depresi4.
 
Untuk memahami kasus-kasus yang tejadi di dalam bunuh diri5.
 
Untuk mengetahui penyebab bunuh diri6.
 
Untuk mengetahui karakteristik pemikiran dari orang yang ingin bunuh diri7.
 
Untuk mengetahui bunuh diri dipandang sociodemografik dan faktor-faktor lingkungan8.
 
Untuk mengetahui kita menjangkau orang-oarang yang bunuh diri9.
 
Untuk mengetahui terapi bagi yang mengalami gangguan perasaan dan buhuh diri
PEMBAHASAN
 
A. BUNUH DIRI
 
Bunuh diri
ialah perbuatan untuk menamatkanhayatatau perbuatan memusnahkan dirikerana enggan berhadapan dengan sesuatu perkara yang dianggap tidak dapat ditangani.
 
Kejadian membunuh diri ini lazimnya berlaku kepada mereka yang menghadapi tekanansama ada dari segi mental atau fizikal. Mereka ini akan bertindak di luar pemikiran akal yangwaras. Mereka ini juga selalunya daripada individu yang bermasalah seperti masalah dalamkeluarga, putus cinta, dan sebagainya.Siapa yang nekat bunuh diri? Di Negara maju seperti Amerika Serikat, umur puncak rawan bunuh diri adalah antara 24 dan 44 tahun. kasus ini lebih banyak sungguh-sungguh dilakukanoleh kaum laki-laki ketimbang kaum perempuan, namun lebih banyak dicoba oleh kaum perempuan ketimbang kaum laki-laki.Cara yang populer untuk mencoba bunuh diri di kalangan kaum perempuan adalah menelan pil, biasanya obat tidur; sedangkan kaum laki-laki lebih suka memilih cara yang lebih letal ataumematikan, seperti menggantung diri.Kebanyakan percobaan bunuh diri di kalangan kaum perempuan maupun laki-laki dilakukanditengah suasana percekcokan antar pribadi atau tekanan hidup berat lainnya. Kelompok yang beresiko tinggi untuk melakukan percobaan bunuh diri adalah mahasiswa, penderita depresi, paralansia, pecandu alcohol, orang-orang yang berpisah atau bercerai dengan pasangan hidupnya,orang-orang yang hidup sebatang kara, kaum pendatang, para penghuni daerah kumuh danmiskin, kelompok perofesional tertentu, seperti dokter, pengacara da psikolog.Banyak kasus bunuh diri dilakukan karena stress yang ditimbulkan oleh berbagai sebab,antara lain:1.
 
Depresi. Ada indikasi bahwa sebagian besar dari orang yang berhasil melakukan bunuhdiri tengah dilanda depresi pada saat tindakan tersebut dilakukan.2.
 
Krisis dalam hubungan interpersonal. Konflik-konflik dan pemutusan hubungan, sepertikonflik-konflik dalam perkawinan, perpisahan, perceraian, kehilangan orang-orangterkasih akibat kematian, dapat menimbulkan stress berat yang mendorong dilakukannyatindakan bunuh diri.3.
 
Kegagalan dan devaluasi diri. Perasaan bahwa dirinya telah gagal dalam suatu urusan penting, biasanya menyangkut pekerjaan, dapat menimbulkan devaluasi diri atau rasakehilangan harga diri yang mendorong tindakan bunuh diri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->