Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
57Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lampiran Permen Nomor 20 tahun 2007

Lampiran Permen Nomor 20 tahun 2007

Ratings:

4.67

(9)
|Views: 11,815|Likes:
Published by Yati Kurniawati
Lampiran Permen No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Lampiran Permen No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

More info:

Published by: Yati Kurniawati on Jul 08, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
1
SALINANLAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONALNOMOR 20 TAHUN 2007 TANGGAL 11 JUNI 2007STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
A. Pengertian1. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yangberkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasilbelajar peserta didik.2. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahaninformasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.3. Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaiankompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam prosespembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikanpembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik.4. Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untukmengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikansatu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.5. Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidikuntuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelahmelaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulanganmeliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD padaperiode tersebut.6. Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidikuntuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikansemua KD pada semester tersebut.7. Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi pesertadidik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakansistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yangmerepresentasikan KD pada semester tersebut.8. Ujian sekolah/madrasah adalah kegiatan pengukuran pencapaiankompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untukmemperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satupersyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yangdiujikan adalah mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmupengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional danaspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama danakhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dankepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah.
 
2
9. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuranpencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajarantertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologidalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan.10. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB)yang ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir jenjang satuanpendidikan untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan danteknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi.B. Prinsip PenilaianPenilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar danmenengah didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:1. sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkankemampuan yang diukur.2. objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas,tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.3. adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didikkarena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama,suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.4. terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponenyang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.5. terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasarpengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.6. menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidikmencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagaiteknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangankemampuan peserta didik.7. sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahapdengan mengikuti langkah-langkah baku.8. beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaiankompetensi yang ditetapkan.9. akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segiteknik, prosedur, maupun hasilnya.C. Teknik dan Instrumen Penilaian1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknikpenilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok,dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkatperkembangan peserta didik.
 
3
2. Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.3. Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaranberlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.4. Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuktugas rumah dan/atau proyek.5. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhipersyaratan (a) substansi, adalah merepresentasikan kompetensi yangdinilai, (b) konstruksi, adalah memenuhi persyaratan teknis sesuai denganbentuk instrumen yang digunakan, dan (c) bahasa, adalah menggunakanbahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tarafperkembangan peserta didik.6. Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentukujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, danbahasa, serta memiliki bukti validitas empirik.7. Instrumen penilaian yang digunakan oleh pemerintah dalam bentuk UNmemenuhi persyaratan substansi, konstruksi, bahasa, dan memiliki buktivaliditas empirik serta menghasilkan skor yang dapat diperbandingkanantarsekolah, antardaerah, dan antartahun.D. Mekanisme dan Prosedur Penilaian1. Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengahdilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.2. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saatpenyusunan silabus yang penjabarannya merupakan bagian dari rencanapelaksanaan pembelajaran (RPP).3. Ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikankelas dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan.4. Penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dalam kelompokmata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan padaUN dan aspek kognitif dan/atau aspek psikomotorik untuk kelompok matapelajaran agama dan akhlak mulia dan kelompok mata pelajarankewarganegaraan dan kepribadian dilakukan oleh satuan pendidikanmelalui ujian sekolah/madrasah untuk memperoleh pengakuan atasprestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan darisatuan pendidikan.5. Penilaian akhir hasil belajar oleh satuan pendidikan untuk mata pelajarankelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaranpendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ditentukan melalui rapatdewan pendidik berdasarkan hasil penilaian oleh pendidik.

Activity (57)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ngadino Mat liked this
Selly Haurissa liked this
Mas Mega Saputra liked this
Azmi Naldo liked this
Biibbii Cubiie liked this
Mukyidin, A.Md liked this
Om Pak Cilik liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->