Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas artikel

tugas artikel

Ratings: (0)|Views: 484|Likes:
Published by Cahaya Minoz Sejati

More info:

Published by: Cahaya Minoz Sejati on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/04/2010

pdf

text

original

 
Nama : Nor JannahNim : 2009-31-224Kelas : IIIcDiakses dari : http://www.idazweek.co.cc/2010/02/dinamika-kelompok.html
Dinamika Kelompok 
 
A.Pengertian Dinamika Kelompok 
Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok. Dinamika berati interaksi atauinterdependensi antara kelompok satu dengan yang lain, sedangkan Kelompok adalahkumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.Maka Dinamika Kelompok merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebihindividu yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yanglain dan berlangsung dalam situasi yang dialami.
B.Fungsi Dinamika Kelompok 
 Dinamika kelompok merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam sebuahkelompok. Fungsi dari dinamika kelompok itu antara lain:1.Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup.(Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.)2.Memudahkan segala pekerjaan.(Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain)3.Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga seleseai lebih cepat, efektif dan efesian.(pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing / sesuai keahlian)4.Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat(setiap individu bisa memberikan masukan dan berinteraksi dan memiliki peran yang samadalam masyarakat)
C.Jenis Kelompok Sosial
 Kelompok sosial adalah kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yangmengadakan interaksi sosial agara ada pembagian tugas, struktur dan norma yang ada.Berdasarkan pengertian tersebut kelompok sosial dapat dibagi menjadi beberapa, antara lain:1.Kelompok Primer Merupakan kelompok yang didalamnya terjadi interaksi sosial yang anggotanya salingmengenal dekat dan berhubungan erat dalam kehidupan.Sedangkan menurut Goerge Homan kelompok primer merupakan sejumlah orang yang terdiridari beberapa orang yang acapkali berkomunikasi dengan lainnya sehingga setiap orangmampu berkomunikasi secara langsung (bertatap muka) tanpa melalui perantara.Misalnya: keluarga, RT, kawan sepermainan, kelompok agama, dan lain-lain.2.Kelompok Sekunder Jika interaksi sosial terjadi secara tidak langsung, berjauhan, dan sifatnya kurangkekeluargaan. Hubungan yang terjadi biasanya bersifat lebih objektiv.Misalnya: partai politik, perhimpunan serikat kerja dan lain-lain.
 
 3.Kelompok FormalPada kelompok ini ditandai dengan adanya peraturan atau Anggaran Dasar (AD), AnggaranRumah Tangga (ART) yang ada. Anggotanya diangkat oleh organisasi.Contoh dari kelompok ini adalah semua perkumpulan yang memiliki AD/ART.4.Kelompok InformalMerupakan suatu kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, daya tarik, dan kebutuhan-kebutuhan seseorang. Keanggotan kelompok biasanya tidak teratur dan keanggotaanditentukan oleh daya tarik bersama dari individu dan kelompok Kelompok ini terjadi pembagian tugas yang jelas tapi bersifat informal dan hanya berdasarkan kekeluargaan dansimpatiMisalnya: kelompok arisan, ........................................
D.Ciri Kelompok Sosial
 Suatu kelompok bisa dinamakan kelompok sosial bila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:1.Memiliki motive yang sama antara individu satu dengan yang lain.(menyebabkan interkasi/kerjasama untuk mencapai tujuan yang sama)2.Terdapat akibat-akibat interaksi yang berlainan antara individu satu dengan yang lain(Akibat yang ditimbulkan tergantung rasa dan kecakapan individu yang terlibat)3.Adanya penugasan dan pembentukan struktur atau organisasi kelompok yang jelas danterdiri dari peranan serta kedudukan masing-masing4.Adanya peneguhan norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dalam kegiatan anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
E.Pembentukan Kelompok 
 Pembentukan kelompok dapat diawali dengan adanya persepsi, perasaan atau motivasi, dantujuan yang sama dalam memanuhi kebutuhannya. Seperti yang terlihat dalam bagan berikutini:Gambar .1Proses Terjadinya Kelompok (sumber: Solita cit Hidayat, 2004)
 
Penjelasan dari bagan diatas:Pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalammemenuhi kebutuhan. Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehinggaditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuahkelompok.Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing-masing anggota(siapa yang menjadi ketua atau anggota). Interaksi yang terjadi suatu saat akan memunculkan perbedaan antara individu satu dengan lainnya sehingga timbul perpecahan (konflik).Perpecahan yang terjadi bisanya bersifat sementara karena kesadaran arti pentingnyakelompok tersebut, sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demikepentingan bersama. Akhirnya setelah terjadi penyesuaian, perubahan dalam kelompok mudah terjadi.Langkah proses pembentukan Tim diawali dengan pembentukan kelompok, dalam prosesselanjutnya didasarkan adanya hal-hal berikut:1.PersepsiPembagian kelompok didasarkan pada tingkat kemampuan intelegensi yang dilihat dari pencapaian akademis. Misalnya terdapat satu atau lebih punya kemampuan intelektual, atauyang lain memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik. Dengan demikian diharapkananggota yang memiliki kelebihan tertentu bisa menginduksi anggota lainnya.2.MotivasiPembagian kekuatan yang berimbang akan memotivasi anggota kelompok untuk  berkompetisi secara sehat dalam mencapai tujuan kelompok. Perbedaan kemampuan yangada pada setiap kelompok juga akan memicu kompetisi internal secara sehat. Dengandemikian dapat memicu anggota lain melalui transfer ilmu pengetahuan agar bisa memotivasidiri unuk maju.3.TujuanTerbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugaskelompok atau individu.4.OrganisasiPengorganisasian dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan proses kegiatan kelompok.Dengan demikian masalah kelompok dapat diselesaikan secara lebih efesien dan efektif.5.IndependensiKebebasan merupakan hal penting dalam dinamika kelompok. Kebebasan disini merupakankebebasan setiap anggota untuk menyampaikan ide, pendapat, serta ekspresi selama kegiatan. Namun demikian kebebasan tetap berada dalam tata aturan yang disepakati kelompok.6.InteraksiInteraksi merupakan syarat utama dalam dinamika kelompok, karena dengan interaksi akanada proses transfer ilmu dapat berjalan secara horizontal yang didasarkan atas kebutuhanakan informasi tentang pengetahuan tersebut.
F.Pertumbuhan dan Perkembangan Kelompok 
 Indikator yang dijadikan pedoman untuk mengukur tingkat perkembangan kelompok adalahsebagai berikut:1.AdaptasiProses adaptasi berjalan dengan baik bila:a)Setiap individu terbuka untuk memberi dan menerima informasi yang baru b)Setiap kelompok selalu terbuka untuk menerima peran baru sesuai dengan dinamikakelompok tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->