Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Filsafat Ilmu. Contoh So'Al

Filsafat Ilmu. Contoh So'Al

Ratings: (0)|Views: 3,478 |Likes:

More info:

Published by: Putra Harapan Bangsa on Oct 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
1.Jelaskan konsep filsafat ilmu dan manfaatnya bagi mahasiswa!2.Salah satu karakteristik berpikir filsafati adalah komprehensif. Jelaskan halitu dan beri ilustrasi secukupnya dalam bidang keilmuan.3.Secara ontologis, objek kajian ilmu adalah sesuatu yang dapat diamatidan diukur. Setujukah Anda dengan pernyataan itu? Jelaskan pendapatAnda dengan disertai dengan ilustrasi yang konkret.4.Apa yang dimaksud dengan metode ilmiah dan bagaimana metodetersebut teraplikasikan dalam kegiatan penelitian ilmiah? Bila perlutunjukkan pula flow chart yang dapat memperjelas uraian Anda.5.Bagaimana Anda melihat hubungan antara ilmu dan agama? Berikanpenjelasan yang disertai dengan ilustrasi tentang hal tersebut.6.Aliran berfikir filsafat pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu empirismedan rasionalisme. Empirisme menggunakan pengalaman indera untukmemperoleeh pengetahuan, sedangkan rasionalisme menggunakankekuatan berfikir abstraksi dalam mengonstruk pengetahuan. Jelaskanhubungan antara empirisme dengan berfikir positivistik dan antararasionalisme denan sistem logika.7.Jelaskan peran penting apriori dalam melakukan kegiatan berfikir rasionalistik. Apakah yang akan terjadi bila seseorang melakukankegiatan berfikir rasionalistik dengan tanpa apriori terlebi dahulu?8.Filsafat ilmu pada dasarnya cara untuk membuktikan kebenaran.Sedangkan penelitian juga merupakan wahana untuk menguji kebenaran, jelaskan keterkaitan antara berfikir positivistik dan post positivistik denganmetodologi penelitian. Berikan argumentasi dengan contoh-contoh!9.Salah satu tokoh teori kritis adalah Paulo Fraeire dengan gagasan yangterkenal yaiotu memproblemakan realitas sebagai antitesis terhadap tesisproblem solvingnya teknokrat dan dikembangkan sintesisnya dalampraktis dan wujud kebersamaan dan aksi sosial. Coba uraikanbagaimanakah prisnip teori-teori ini bila diterpkan dalam pendidikan kritis(critical education)
10.
Anda semua Sarjana pendidikan yang akan mengembangkan pendidikanSekolah Dasar dan menengah. coba buatlah konstruksi filsafat ilmupengetahuan, dalam hal ini ilmupendidikan dasar. Meliputi aspek ontologi,yaitu hakikat keberadaan atau eksistensi ilmu dan essensi ilmu pendidikandasar dan menengah: aspek epistemologi mengenai hakikat ilmupengetahuan dasar, bagaimanakah anda membuktikan kebenaran ilmutersebut dari aspek aksiologi?
 
11.Buatlah sebuah tulisan yang mendeskripsikan tentang proses berpikir yang dilakukan oleh manusia . Anda dapat menggunakan pengalamanAnda sebagai contoh dalam uraian Anda12.coba anda uraikan tentang Kajian Bidang-Bidang Filsafat Ilmu !13.sebutkan ruang lingkup filsafat ilmu!
14.
 jelaskan apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan apa yangdimaksud dengan filsafat serta apakah filsafat ilmu itu?15.mengapa filsafat ilmu dimasukkan dalam salah satu mata kuliah diperguruan tinggi?16.Berfilsafat tentang ilmu artinya kita sedang bertanya-tanya pada diri kitatentang ilmu. Jelaskan apa maksud :a.Filsafat Ilmub.Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuanc.Manfaat atau kegunaan mempelajari filsafat ilmu17.Gambar dalam bentuk bagan/matriks sejarah perkembangan ilmu, tokoh,dan temuan-temuan ilmunya mulai dari Zaman Purba sampai denganZaman Kontemporer 18.Fungsi filsafat adalah indukl/ibu ilmu pengetahuan dan interdisipliner sistem. Jelaskan pernyataan tersebut kaitannya dengan perkembanganragam ilmu ( misal ilmu kedokteran, ilmu bedah syaraf ) dan penyelesaianmasalah kehidupan manusia (misal penanggulangan : banjir, kenakalanremaja, penjualan manusia).19.Jelaskan apa maksud bahwa berpikir filsafat adalah (a) radikal, (b)konseptual, (c) koheren, (d) sistematik, (e) bebas dan bertanggung jawab,serta (f) komprehensif 20.Melakukan kegiatan ilmiah diperlukan sarana dan berpikir ilmiah yaitu alatyang membantu kegiatan ilmiah. Sarana berpikir ilmiah itu mencakupbahasa matematika, statiska, dan logikaa.Jelaskan karakter masing-masing sarana tersebut?b.Mengapa setiap orang apalagi ilmuwan perlu menguasai saranaberpikir itu?
 
21.Filsafat ilmu bagi mahasiswa, ilmuwan, dan yang berkecimpung dalamdunia pendidikan dan non kependidikan adalah cinta akan pendidikan danilmu pengetahuan. Alat utama untuk mencari kebenaran ilmukependidikan dan non kependidikan adalah penelitian.a.Kemukakan langkah-langkah umum mencari kebenaran ilmiahdengan penelitian?b.Menemukan kebenaran dapat juga dengan cara non-ilmiah, tapimengapa menemukan kebenaran dengan cara itu tidak disebutilmiah, jelaskan!
22.
mengapa filsafat dikatakan saebagai induk dan perintis ilmu? jelaskan!
23.
kapan pertama kali filsafat dikenal dan muncul sebagai pokokpembahasan?24.sebutkan klasifikasi filsafat yang anda ketahui!25.sebutkan dan jelaskan cabang-cabang ilmu filsfat!26.apa yang memotivasi timbulnya filsafat?27.Uraikan dan jelaskan tujuan dan manfaat serta alasan-alasan pentingnyamempelajari filsafat.28.Bedakan disertai dengan contoh antara ilmu dan pengetahuan (commonsense). Mengapa berbeda? Uraikan dan jelaskan.
29.
Apakah ada pemisahan antara teori dengan praktek? Mana yang lebihpenting, teori atau praktek?. Mengapa demikian? Berikan alasan saudaradisertai contoh!30.Kebenaran dan pengetahuan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.Mengapa demikian? Berikan alasan saudara disertai dengan contoh.31.Ada berbagai cara manusia memperoleh kebenaran. Uraikan dan jelaskan, bagaimana manusia memperoleh kebenaran itu?32.Filsafat pada awalnya dan hingga saat ini berkaitan dengan responmanusia terhadap fenomena alam dan melahirkan berbagai pandanganyang variatif dari para filosof. Uraikan dan jelaskan pokok-pokokpandangan filosofis dari Plato dan Aristoteles mengenai fenomena alam.
33.
Jelaskan, apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan yang palingsederhana?

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
basruns liked this
babahfawwaz liked this
La Mani liked this
Dhewi SeLembe liked this
Rendra Arendra liked this
Fitryani Abri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->