Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu al-Qur'an. ISRAILIYAT oleh M. Syafi'i WS al-Lamunjani (Makalah 2008)

Ilmu al-Qur'an. ISRAILIYAT oleh M. Syafi'i WS al-Lamunjani (Makalah 2008)

Ratings: (0)|Views: 1,697 |Likes:
Published by ria_permata19

More info:

Published by: ria_permata19 on Oct 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

 
1
ISRAILIYAT
Oleh: Moh. Syafi’i WS al-Lamunjani
A.
 
PENDAHULUAN
Israiliyat merupakaan isu yang berkaitan erat dengan
Tafsir bi al-Ma’tsur 
(Tafsir  berdasarkan Hadits dan Riwayat). Keberadannya diselah-selah penafsiran al-Qur’an bisamenimbulkan perusakan ajaran Islam tanpa disadari oleh umat, khususnya Israiliyat yangmerusak aqidah.Israiliyat sebenarnya kisah yang bersumber dari literatur Ahli Kitab, yang kebanyakanyang bersumber dari orang Yahudi, atau orang Islam yang dahulunya pernah memeluk agamatersebut. Beberapa shahabat yang beragama tersebut adalah Ka’b al-Akhbar, Wahb bin Munabbihdan lain-lain.Sebenarnya para shahabat yang masuk Islam itu tidak menyampaikan cerita bohong.Sebab selama mereka memeluk agama itu, kisah-kisah itulah yang mereka punya. Ketika adaayat al-Qur’an menyinggung kisah yang sama, mereka pun memberikan komentar berdasarkanapa yang mereka baca dari kitab-kitab mereka sebelumnya.Kalaupun ada kebohongan, bukan terletak pada para shahabat, melainkan kebohongantersebut sudah ada sejak lama dalam agama mereka.Dalam mayoritas buku-buku tafsir tidak terlepas dari Israiliyat. Bahakan MuhammadRasyid Ridha, yang menyusun
Tafsir al-Manar 
, yang dikenal sabagai mufassir yang sangatmenentang Israiliyat. Namaun menurut al-Dazahabi, ternyata dalam tafsirnya terdapat banyak riwayat yang bersumber dari Israiliyat.Sebagian mereka ada juga ulama’ yang jujur dalam membicarakan Israiliyat ini. Diantaranya adalah Ibnu Katsir dalam tafsirnya. Bilau menyebutkan Israiliyat untuk dapat diketahuimasyarakat, mana Israiliyat yang tidak boleh dipercayai. Sehingga mereka tidak terpengaruhdengan tafsiran yang berkenaan Israiliyat tersebut.
 
2Israiliyat perlu dipahami dengan pemahaman yang betul-betul, sehingga tidak terperosok pada kesalahan-kesalahan dalam penafsiran.Dalam makalah ini, akan dipaparkan tentang
definisi Israiliyat, sebab-sebab masuknya Israiliyat, pembagian Israiliyat dan hukum meriwayatkan Israiliyat.
 
B.
 
DEFINISI ISRAILIYAT
Secara etimologi Israiliyat (
تﺎﯿﻟﯿﺌارﺳإ
) merupakan bentuk jamak dari kata Israiliyah(
 ﯿﻟﯿﺌارﺳإ ﺔ
), yang dinisbahkan pada
 Israil 
(
 ﯿﺌارﺳإﻞ
),
1
yang dalam bahasa Ibrani,
isra
 berarti hambaatau pilihan, dan
il 
 berarti Allah.
2
Israil ini tidak lain adalah julukan Nabi Ya’qub bin Ishaq,
3
  bapak dari keturunan-keturunan dari 12 anak. Kepadanya dinisbahkan pada Yahudi, laludikatakan Bani Israil.
4
Ini sesuai dengan
nash-nash
sebagai berikut:
 
  
 
  
  
 
 
  
 
 
  
 
 
 
  
  
 
 
  
 

 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
   
 
  
 
“Sesungguhnya Al Quran ini menjelaskan kepada Bani lsrail sebahagian besar dari (perkara- perkara) yang mereka berselisih tentangnya.”
5
 Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra.,
“Bahwa sekelompok orang Yahudi telahdatang pada Nabi, lalu beliau bertanya pada mereka, ‘Tahukah anda sekalian bahwa sesungguhnya Israil itu adalah Nabi Ya’qub?’ Mereka menjawab, ‘Benar.’ Lalu Nabi berdo’a:‘Ya Allah, Saksikanlah pengakuan mereka.”
(HR. Abu Daud).Menurut al-Dzahabi, secara terminologi Israilayat adalah kisah-kisah yang pada asalnyadiriwayatkan orang Yahudi. Namun para ulama’ tafsir dan hadits menggunakanya juga lebih luasdaripada kisah-kisah
Yahudiyah
. Maksudnya, setiap sesuatu yang masuk ke dalam tafsir danhadits yang sumber periwayatannya kembali pada sumber orang Yahudi, Nasrani dan yang lain.
1
Muhammad Husain al-Dzahabi,
al-Israiliyat fi al-Tafsir wa al-Hadits
(Kairo: Maktabah Wahbah,1990), hal. 13.
2
Tim UIN Syarif Hidayatullah,
 Ensiklopedi Islam
(Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005), Jilid. 3,hal. 237.
3
Loues Ma’luf ,
al-Munjid fi al-A’lam
(Bairut: Dar al-Masyriq, 1998), hal. 44.
4
Muhammad Husain al-Dzahabi,
al-Israiliyat fi al-Tafsir wa al-Hadits,
hal. 13.
5
Surat al-Naml: 76.
 
3Bahkan sebagian ahli tafsir dan ahli hadits lebih memperluas lagi definisi Israiliyat ini, sehinggameliputi cerita-cerita yang disusupkan oleh musuh-musuh Islam baik dari Yahudi atau lainnya kedalam tafsir dan hadits, yang sama sekali tidak dijumpai dasarnya dalam sumber-sumber ceritalama, akan tetapi semua itu merupakan bikinan musuh-musuh Islam.
6
 Tidak jauh dari apa yang dikatakan oleh al-Dzahabi, Ahmad Khalil mengatakan, bahwaIsrailiyat adalah kisah-kisah dan riwayat-riwayat dari Ahli Kitab, baik yang berhubungan denganajaran mereka ataupun yang tidak berhubungan dengannya.
7
 Sedangkan Sabir Tu’aimah (pakar tafsir Mesir) mendefinisikan Israiliyat sebagaiseluruh manuskrip berbentuk buku yang ditinggalkan Bani Israil (dikenal nama Yahudi), yangterdiri dari tradisi satu generasi ke genarasi berikutnya dan diramu dari berbagai sumber,termasuk kitab perjanjian lama; sampai munculnya Nabi Isa a.s. dan kemudian Islam.
8
SepertinyaSabir Tu’aimah lebih mebatasi pengertian Israiliyat terbatas dari peninggalan orang-orangYahudi saja.Mayoritas ulama’ mengatakan, kisah-kisah selain dari Islam walaupun bukan dariYahudi juga disebut Israiliyat. Ini disebabkan karena kebanyakan kisah-kisah di luar Islam bersumber dari orang-orang Yahudi. Di samping itu, orang-orang Yahudi terkenal dengankebatilannya, memusuhi dan sangat membenci Islam. Ini di tegaskan dalam al-Quran:
  
 
 
 
 
 
 
  
 
  

 
 
 
  
 
 
 
 
 
  
  
 
 
 
  
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
  
 
 
 
 
“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik.
9
 Dari uraian tersebut di atas dapat dipahami, bahwa Israiliyat adalah setiap sesuatu yangmasuk baik itu ke dalam tafsir maupun hadits yang sumber periwayatannya dari orang Yahudi, Nasrani dan yang lain. Sedangkan periwayatan orang Yahudi lebih dominan dalam hal ini.
 
6
Muhammad Husain al-Dzahabi,
al-Israiliyat fi al-Tafsir wa al-Hadits,
hal. 13-14.
7
Ahmad Khallil,
 Dirasat fi al-Qur’an
(Kairo: Dar al-Ma’arif, t.t.), hal. 133.
8
Tim UIN Syarif Hidayatullah,
 Ensiklopedi Islam,
 jilid. 3, hal. 237.
9
Surat al-Maidah: 82.

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Alief Nisywa liked this
Hazman Yaplin liked this
Hazman Yaplin liked this
Indah Lestari added this note
1 ISRAILIYAT Oleh: Moh. Syafi’i WS al-Lamunjani A. PENDAHULUAN Israiliyat merupakaan isu yang berkaitan erat dengan Tafsir bi al-Ma’tsur (Tafsir berdasarkan Hadits dan Riwayat). Keberadannya diselah-selah penafsiran al-Qur’an bisamenimbulkan perusakan ajaran Islam tanpa disadari oleh umat, khususnya Israiliyat yangmerusak aqidah.Israiliyat sebenarnya kisah yang bersumber dari literatur Ahli
Elan Rustaman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->