Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i,II,III,IV Ta Ppl II

Bab i,II,III,IV Ta Ppl II

Ratings: (0)|Views: 2,507|Likes:
Published by awan_arudam

More info:

Published by: awan_arudam on Oct 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
A Latar BelakangMateri pembelajaran mata pelajaran PenjasOrkes cabang permainan, selama inimerupakan materi pembelajaran yang paling diminati siswa, dibanding dengan materi cabanglain ( atletik, senam, renang), dengan alasan, banyak variasi, tidak menjenuhkan, dilakukansecara kolektif serta banyak tantangan. Sehingga menurunnya semangat belajar siswa dalam pelajaran PenjasOrkes terutama cabang permainan merupakan masalah yang perludipertanyakan penyebabnya dan perlu cepat penanganan guna penyelesaiannya.Motivasi belajar siswa akan sangat menentukan berhasil tidaknya tujuan dan target proses pembelajaran yang dilakukan. Tujuan proses pembelajaran PenjasOrkes selainmencapai derajad kebugaran tubuh juga adanya perubahan sikap dan perilaku siswa didik menuju tingkat pemikiran yang lebih dewasa, dalam upaya pengembangan diri menujumanusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, trampil, cerdas, berprestasi danbermoral.AAHPER (1965) PenjasOrkes adalah suatu mata pelajaran yang memberi kesempatan bagi peserta didik untuk belajar gerak (psikomotor), seperti halnya mereka bergerak untuk belajar,sehingga dalam belajar gerak (ketrampilan gerak) peserta didik mendapat kesempatan bahkandiarahkan untuk belajar aspek-aspek yang lain misalnya bekerja sama, disiplin, kesehatan,tenggang rasa, tanggung jawab dan pribadi yang mandiri.Keberhasilan dalam pembelajaran PenjasOrkes diantaranya sangat dipengaruhi olehmotivasi siswa didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu perludiupayakan terciptanya ´PAKEM´ yaitu Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menarik.Sebab dengan daya tarik khusus dalam proses pembelajaran secara langsung akanmembentuk karakter siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah dicapai.Pembelajaran renang adalah salah satu unsur penting dalam proses pencapaian tujuanuntuk meningkatkan potensi fisik dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani. Namun perlu diperhatikan bahwa sampai saat ini berdasarkan pengalaman mengajar para guru penjas
 
 2dalam proses pembelajaran renang masih banyak mengalami hambatan. Salah satu contohadalah pada siswa SMA Negeri 22 Surabaya, yaitu pada saat proses pembelajaran renang dikolam renang UNESA tidak sampai setengah dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaranrenang dengan baik. Hal ini ditandai dengan lebih dari separuh siswa kelas X hanya sekedar  berendam dan tidak mengikuti proses pembelajaran renang dengan alasan tidak bisa berenang.Ada satu ciri khas yang betul-betul bisa dirasakan dalam upaya meningkatkan minat peserta didik mengikuti kegiatan PenjasOrkes cabang olahraga renang yakni kegiatan permainan dengan sistem kompetisi. Dengan kegiatan bermain dalam air dengan sistemkompetisi diharapkan dapat mampu meningkatkan minat siswa dalam mengikuti PBMPenjas.Untuk itu perlu kiranya mencoba mengadopsi sekaligus menerapkan kegiatan bermaindengan sistem kompetisi dalam sebuah proses pembelajaran Penjas Sub Materi Renang dapatmeningkatkan minat belajar PenjasOrkes cabang olahraga renang pada diri setiap siswa.B.
 
Rumusan MasalahMenurunnya semangat belajar siswa mata pelajaran penjasorkes cabang olahragarenang bisa terjadi dimanapun dan kapanpun,walaupun sebenarnya pembelajaran ini bisamenjadi sangat menarik jika dikemas secara menarik pula. Jika terjadi seperti itu, maka perlu penanganan cepat untuk mendapatkan jawabannya, sehingga minat belajar siswa bisa bangkitdan bergairah kembali. Oleh karena itu permasalahan ini relevan diangkat agar prestasi belajar siswa yang diharapkan sesuai dengan target yang telah ditentukan. PenelitianTindakan Kelas ini akan menjawab ³ Dapatkah Metode Pembelajaran Model PermainanMeningkatkan Minat Belajar Renang Siswa SMA Negeri 22 Surabaya, Tahun Pelajaran2010/2011?C. Tujuan Penelitian1. Tujuan UmumMeningkatkan kebugaran siswa melalui kegiatan pembelajaran cabang olahragarenang.
 
 32. Tujuan KhususMeningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran penjas sub materirenang.D. Manfaat Penelitian1. Manfaat UmumGuru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai metode pendekatan PAKEM melaluivarisasi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan model permainan.2. Manfaat Khususa. Guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran Penjasorkes sub materi renangdengan minat yang tinggi dari siswa. b. Dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.c. Siswa dapat mengembangkan kemampuan ketrampilan cabang olahraga renangmelalui persaingan yang sportif baik antar siswa maupun antar kelompok.d. Membentuk suasana belajar yang ´AMIN´ (Aktif, Menarik, Inovatif Dan Nyaman).

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dewi Kristanti liked this
Nur Kholiq liked this
Agus Evi Rusli liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->