Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Skripsi. Analisis Hg, As Dan CN

Skripsi. Analisis Hg, As Dan CN

Ratings: (0)|Views: 1,289|Likes:
Published by rino battosai
Research for my Graduate...
Research for my Graduate...

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: rino battosai on Oct 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
1
I. PENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Pembangunan sektor industri saat ini merupakan suatu kegiatan mengubahkeadaan ke arah yang lebih maju. Dalam pembangunan tersebut, selain dapatmemajukan kehidupan manusia, tidak disadari juga ada banyak yang harusdikorbankan, terutama lingkungan yang ada di sekitarnya. Kerena setiap usahamembangun ekonomi negara diperhadapkan pada pembangunan ekonomi danmelestarikan lingkungan.Lingkungan perairan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan darikehidupan manusia karena air merupakan kebutuhan utama bagi hidup manusia.Perairan merupakan tempat berinteraksi baik secara fisik dan kimia darikeanekaragaman hayati (Romaire, 1985).Berbagai kegiatan industri dan pembangunan terbukti memberikan andil dalampenurunan kualitas lingkungan terutama lingkungan perairan. Berbagai bentuk substansi yang masuk ke lingkungan perairan tersebut dapat memberikanpengaruh negatif terhadap faktor abiotik ekosistem yaitu perubahan strukturkomunitas, kematian massal resistensi terhadap substansi kimia oleh organismeserta perubahan kualitas perairan tersebut (Rompas, 1990).Pertambangan rakyat yang ada di Sulawesi Utara, khususnya Minahasa,kebanyakan kurang memperhatikan faktor pengelolaan lingkungan baik dalam
 
2pengelolaan limbah yang dihasilkan maupun bahan berbahaya yang digunakan.Salah satu wilayah pengolahan emas adalah Desa Tatelu dan sekitarnya yangmasuk kedalam Kecamatan Dimembe. Selain itu pengelolahan emas jugadilakukan pada sekitar Desa Kecamatan Mapanget yang aliran sungainya menujuestuari (daerah pertemuan antara air laut dengan air sungai) sungai Kima Bajo danSungai Talawaan.
1.2.
 
Perumusan Masalah
Sungai-sungai dijadikan tempat pembuangan limbah dapat mengakibatkantercemarnya suatu sungai. Untuk memonitor ada tidaknya pencemaran padaSungai Kima Bajo dan Sungai Talawaan maka perlu dilakukan penelitian. Dalampenelitian ini akan diteliti kandungan merkuri (Hg), arsen (As), dan sianida (CN)di Sungai Kima Bajo dan Sungai Talawaan.
1.3. Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah :1.
 
Mengetahui konsentrasi logam merkuri (Hg), logam arsen (As), dan sianida(CN) di Sungai Kima Bajo dan Sungai Talawaan2.
 
Mambandingkan konsentrasi Hg, As dan CN yang ditemukan di air SungaiKima Bajo dan Sungai Talawaan dengan batas aman yang mengacu pada PP.No. 82 tahun 2001 tentang Kriteria Mutu Air Bersih.
 
3
1.4. Manfaat Penelitian
Penelitian ini selain diperlukan untuk pengontrolan terhadap kualitas air sungaiyang digunakan oleh masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Kima Bajo danSungai Talawaan juga sebagai masukan bagi pihak yang berkaitan dengankesehatan lingkungan.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hari Yadi liked this
Tahir Haryati liked this
Ros Malasari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->