Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lingkungan Dan Lembaga Pendidikan

Lingkungan Dan Lembaga Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 2,439 |Likes:
Published by reccayasha

More info:

Published by: reccayasha on Oct 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG MASALAH
Manusia selama hidupnya selalu akan mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah,dan masyarakat luas. Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan. Babini akan membahas
tentang pengertian dan fungsi lingkungan pendidikan, tripusat  pendidikan dan pengaruh timbal balik antara tripusat pendidikan dan perkembangan peserta didik.
Pendidikan akan menyiapkan peserta didik memasuki masyarakat di masa depan.Oleh karena itu, keputusan dan tindakan dalam bidang pendidikan seharusnya berorientasike masyarakat masa depan tersebut. Seorang calon pendidik hanya dapat melaksanakantugasnya dengan baik jika memperoleh jawaban yang jelas dan benar tentang apa yangdimaksud pendidikan. Jawaban yang benar tentang pendidikan diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud pendidikan sebagai sistem.Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis-sistemik selalu bertolak darisejumlah landasan serta pengindahan sejumlah asas-asas tertentu. Landasan dan asastersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembanganmanusia dan masyarakat bangsa tertentu. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalahlandasan filosofis, sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalammenentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akanmendorong pendidikan untuk menjemput masa depan.
B.RUMUSAN MASALAH
Masalah pokok pendidikan yang menjadi kesepakatan nasional yang perludiprioritaskan penanggulangannya ada empat macam yaitu: masalah pemerataan pendidikan, masalah mutu pendidikan, masalah efisiensi pendidikan, masalah relevansi pendidikan. Pada dasarnya ada dua permasalahan pokok pendidikan yang kita hadapi saatini, yaitu:a.Bagaimana semua warganegara dapat menikmati kesempatan pendidikan.
 
 b.Bagaimana pendidikan dapat membekali peserta didik denganketerampilan kerja yang mantap untuk dapat terjun ke dalam kancah kehidupan bermasyarakat.
C.TUJUAN PENULISAN
Makalah ini akan mengkaji pengertian pendidikan,unsur-unsur pendidikan, dansistem pendidikan. Juga akan memusatkan paparan dalam berbagai landasan dan asas pendidikan, serta beberapa hal yang berkaitan dengan penerapannya. Landasan-landasan pendidikan tersebut adalah
 filosofis, kultural, psikologis, serta ilmiah dan teknologi
.Sedangkan asas yang dikalia adalah asas
Tut Wuri Handayani, belajar sepanjang hayat,kemandirian dalam belajar.
D.MANFAAT PENULISAN
Dengan makalah ini diharapkan dapat berpeluang memberikan kontribusi yang besar dalam ketiga kegiatan pendidikan, yakni:1.Pembimbingan dalam upaya pemantapan pribadi yang berbudaya2.Pengajaran dalam upaya penguasaan pengetahuan3.Pelatihan dalam upaya pemahiran keterampilan.2
 
1
 
BAB IIPENDIDIKANA.PENGERTIAN PENDIDIKAN1.Batasan tentang Pendidikan
Batasan tentang pendidikan yang dibuat oleh para ahli beraneka ragam, dankandungannya berbeda yang satu dari yang lain. Perbedaan tersebut mungkinkarena orientasinya, konsep dasar yang digunakan, aspek yang menjadi tekanan,atau karena falsafah yang melandasinya.
a.Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya
Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Nilai-nilai budayatersebut mengalami proses transformasi dari generasi tua ke generasi muda.Ada tiga bentuk transformasi yaitu nilai-nilai yang masih cocok diteruskanmisalnya nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, dan lain-lain.
b.Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi
Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagi suatukegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Proses pembentukan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukan pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudah dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.
c.Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara
Pendidikan sebagai penyiapan warganegara diartikan sebagai suatu kegiatanyang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.
d.Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja
Pendidikan sebagai penyimpanan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatanmembimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar utuk bekerja.33

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arnas Kusmara liked this
Neng Isty liked this
Avril Apa Staw liked this
Lovely Sweet liked this
Budy Purwanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->