Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Pneumonia

Askep Pneumonia

Ratings: (0)|Views: 1,839|Likes:
Published by Alan Andhy Ramly

More info:

Published by: Alan Andhy Ramly on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
 AKPER PPNI SOLO, 8.14.2009 Askep pneumonia infeksi atau radang yang cukup serius pada paru-paru. Dari jenis-jenis pneumoniaitu ada yang spesifik/khusus yang disebut dengan tuberkulosis atau tbc atau Tb, yang disebabkan oleh bakteri tuberkulosa. Jenis yang lain, adalah SARS yang adalah pneumonia akibat -sampai hari ini- virusPneumonia Virus adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus.Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru atau alveoli. Terjadinyapneumonia, khususnya pada anak, seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus,sehingga biasa disebut dengan bronchopneumonia. Gejala penyakit tersebut adalah nafas yang cepatdan sesak karena paru-paru meradang secara mendadak.Pneumonia merupakan radang paru yang disebabkan mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, danparasit).Pneumonia adalah penyakit inflamasi pada paru yang dicirikan dengan adanya konsolidasi akibateksudat yang masuk dalam area alveoli. (Axton & Fugate, 1993).Penumonia adalah inflasi parenkim paru, biasanya berhubungan dengan pengisian cairan di dalamalveoli. Hal ini terjadi ini terjadi akibat adanya invaksi agen atau infeksius adalah adanya kondisi yangmengganggu tahanan saluran. Trakhabrnkialis, adalah pun beberapa keadaan yang mengganggumekanisme pertahanan sehingga timbul infeksi paru misalnya, kesadaran menurun, umur tua,trakheastomi, pipa endotrakheal, dan lain-lain. Dengan demikian flora endogen yang menjadi patogenketika memasuki saluran pernafasa. ( Ngasriyal, Perawatan Anak Sakit, 1997)Pneumonia adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi "inflame" dan terisi oleh cairan.Pneumonia dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur,atau parasit. Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru atau sebagaiakibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alkohol.
 
B. ETIOLOGISebagian besar pneumonia disebabkan oleh bakteri, yang timbul secara primer atau sekunder setelahinfeksi virus. Penyebab tersering pneumonia bakterialis adalah bakteri positif-gram, Streptococuspneumoniae yang menyebabkan pneumonia streptokokus. Bakteri Staphylococcus aureus danstreptokokus beta-hemolitikus grup A juga sering menyebabkan pneumonia, demikian jugaPseudomonas aeruginosa. Pneumonia lainnya disebabkan oleh virus, misalnya influenza. Pneumoniamikoplasma, suatu pneumonia yang relatif sering dijumpai, disebabkan oleh suatu mikroorganisme yang berdasarkan beberapoa aspeknya, berada di antara bakteri dan virus. Individu yang mengidapacquired immunodeficiency syndrome, (AIDS) sering mengalami pneumonia yang pada orang normalsangat jarang terjadi yaitu pneumocystis carinii. Individu yang terpajan ke aerosol dari air yang lamatergenang, misalnya dari unit pendingin ruangan (AC) atau alat pelembab yang kotor, dapat mengidappneumonia Legionella. Individu yang mengalami aspirasi isi lambung karena muntah atau air akibattenggelam dapat mengidap pneumonia asporasi. Bagi individu tersebut, bahan yang teraspirasi itusendiri yang biasanya menyebabkan pneumonia, bukan mikro-organisme, denmgan mencetuskansuatu reaksi peradangan.Etiologi:n Bakteri : streptococus pneumoniae, staphylococus aureusn Virus : Influenza, parainfluenza, adenovirusn Jamur : Candidiasis, histoplasmosis, aspergifosis, coccidioido mycosis, cryptococosis, pneumocytiscarinin Aspirasi : Makanan, cairan, lambungn Inhalasi : Racun atau bahan kimia, rokok, debu dan gasPneumonia virus bisa disebabkan oleh: Virus sinsisial pernafasanHantavirus Virus influenza Virus parainfluenza AdenovirusRhinovirus Virus herpes simpleksSitomegalovirus.
 
 Virus Influensa Virus Synsitical respiratorik  AdenovirusRubeola VarisellaMicoplasma (pada anak yang relatif besar)PneumococcusStreptococcusStaphilococcusPada bayi dan anak-anak penyebab yang paling sering adalah: - virus sinsisial pernafasan - adenovirus- virus parainfluenza dan - virus influenza.Faktor-faktor risiko terkena pneumonia, antara lain, Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA), usia lanjut,alkoholisme, rokok, kekurangan nutrisi, Umur dibawah 2 bulan, Jenis kelamin laki-laki , Gizi kurang,Berat badan lahir rendah, Tidak mendapat ASI memadai, Polusi udara, Kepadatan tempat tinggal,Imunisasi yang tidak memadai, Membedong bayi, efisiensi vitamin A dan penyakit kronik menahun.Faktor-faktor yang meningkatkan resiko kematian akibat Pnemoniaü Umur dibawah 2 bulanü Tingkat sosio ekonomi rendahü Gizi kurangü Berat badan lahir rendahü Tingkat pendidikan ibu rendahü Tingkat pelayanan (jangkauan) pelayanan kesehatan rendahü Kepadatan tempat tinggalü Imunisasi yang tidak memadaiü Menderita penyakit kronisKLASIFIKASIMenurut buku Pneumonia Komuniti, Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan di Indonesia yangdikeluarkan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, 2003 menyebutkan tiga klasifikasi pneumonia.Berdasarkan klinis dan epidemiologis:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->