Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
an Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin

an Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin

Ratings: (0)|Views: 116 |Likes:
Published by zeprutsbee_crew

More info:

Published by: zeprutsbee_crew on Oct 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2010

pdf

text

original

 
 
Pengembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin 
PENGEMBANGAN ISLAM PADA MASA KHULAFA AL ± RASYIDIN
 
Pengertian Khulafaurrasidin
 Khulafaurrasyidin adalah pecahan dari kata Khulafa¶ dan Al ± Rasyidin, Kata Khulafa¶mengandung pengertian : cerdik, pandai dan pengganti. Sedangkan kata, Al ± Rasyidinmengandung pengertian : Lurus Benar dan Mendapat petunjuk.Pengertian Khulafaurrasyidin adalah ³ Pengganti yang cerdik dan benar serta para pemimpin pengganti Rasulullah dalam urusan kehidupan kaum muslimin, yang sangat adil dan bijaksana, pandai dan cerdik, dan dalam menjalankan tugasnyasenantiasa pada jalur yang benar serta senantiasa mendapatkan hidayah dari Allah SWT.Para pemimpin Khulafaurrasyidin terdiri dari empat orang sahabat Rasulullah Yaitu:1.
 
Abu Bakar Siddiq2.
 
Umar Ibn Khattab3.
 
Utsman Ibn Affan.4.
 
Ali Ibn Abi Thalib.Dalam pemerintahannya mereka berjuang terus untuk agama Islam . mereka tidak pernahmemanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadinya ataua untuk mengeruk harta. Merekaadalah pemimpin ± pemimpin yang baik dalam melaksanakan kekuasaan. Mereka mau menerimadan mengemban kekhalifahan, bukan karena untuk mengharapkan sesuatu yang akanmenguntungkan pribadiya, tetapi semata ± mata karena pengabdiannya terhadap Islam danmencari Keridhaan Allah SWT semata.Setiap langkah yang dilakukan oleh Khulafaurrasyidin tidak pernah bertentangan dengankemauan kaum muslimin selalu berjalan pada jalur yang benar.
 
 
ABU BAKAR SHIDDIQ DAN PERJUANGANNYA.
 
1
. Riwayat Hidup Abu Bakar
 Sebelum memeluk agama Islam , beliau bernama Abdul ka¶bah, setelah masuk Islam olehrasulullah Namanya diganti menjadi Abdullah Ibn Abu Quhafah At ± Tamimi. Ibunya bernamaUmmul Khoir Salma Binti Sakhir Ibn Amir. Beliau Lahir dua tahun setelah Kelahiran NabiMuhammad.Abdullah kemudian digelari Abu Bakar Asy Siddiq yang artinya ³ Abu (Bapak ) danBakar ( Pagi ), gelar Ash Siddiq diberikan kepada beliau karena beliau orang senantiasamembenarkan segala tindakan Rasulullah, terutama dalam peristiwa Isra¶ Mi¶raj.
2. Abu Bakar menjadi Khalifah
 Rasulullah, Sebagai utusan Allah mengemban dua jabatan , yakni sebagai Rasulullah dansebagai kepala Negara. Jabatan Beliau yang pertama selesai bersamaan dengan wafatnya. Namun jabatan kedua perlu ada penggantinya,Belum lagi rasulullah dikebumikan , disebuah tempat yang bernama ³ Saqifah baniSa¶idah telah terjadi perselisihan pendapat antara golongan Anshor dan golongan muhajirin ,tentang pengganti rasul dalam pemerintahan.Berita perdebatan dua golongan ini kemudian terdengar oleh sahabat ± sahabat terkemukaseperti Abu Bakar, Umar Ibn Khattab dan Utsman Ibn Affan yang sedang berada di rumahRasulullah, sedang sahabat Ali sedang sibuk mengurus jenazah Rasulullah.Mendegar berita ini akhirnya sahabat Abu baker dan Umar ibn Khattab sangat terkejut,kemudian keduanya cepat ± cepat mendatangi dimana kedua golongan tersebut yang sedang berdebat, untuk itu mereka mendatangi Saqifah Bani Sa¶idah.Abu baker berpidato dihadapan mereka dengan mengemukakan kelebihan ± kelebihanAnshor dan Golongan Muhajirin, Abu Bakar Mengusulkan agar hadirin memilih salah satu dari
 
 
sahabat yaitu Umar Ibn Khattab dan Abu Ubaidah, namun keduanya menolak, dan keduanya berkata, ³Demi Allah kami tidak akan menerima pekerjaan besar ini selama engkau m,asih ada ,hai abu bakar! «. Engkaulah Orang Muhajirin yang paling mulia , Engkaulah satu ± satunyaorang yang menyertai Rasulullah di Gua ketika dikejar ± kejar oleh orang ± orang Quraisyengkaulah satu ± satu nya orang yang pernah Rasulullah untuk menjadi Imam Shalat waktuRasulullah Sakit«Untuk itu tengadahkanlah tanganmu wahai abu baker, kami hendak membaiatmu.Pada awalnya Abu bakar sendirimerasa keberatan, kemudian Umar ibn Khattabmemegang tangan Abu bakar sebagai tanda pembaiatan dan diikuti oleh sahabat Abu Ubaidillah,setelah kedua sahabat selesai maka diikuti oleh seluruh sahabat yang ada di balairung itu baik kaum Muhajirin maupun Anshor.Kemudia Abu Bakar berpidato ; ³ Wahai Manusia ! saya telah diangkat untuk mengandalikan urusanmu padahal aku bukanlah orang terbaik diantara kamu , maka jikalau akumenjalankan tugasku dengan baik maka ikutilah aku, tetapi jika aku berbuat salah , makaluruskanlah ! orang yang kamu pandang kuat saya pandang lemah, sehingga aku dapatmengambil hak darinya, sedag orang yang kau pandang lemah aku pandang kuat , sehingga akudapat mengambalikan hak kepadanya. Hendaklah kamu taat kepadaku selama aku Taat kepadaAllah dan RasulNya., tetapi bilamana aku tidak mentaati Allah dan rasulnya, kamu tidak perlumentaatiku.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->