Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN (Perencanaan)

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN (Perencanaan)

Ratings: (0)|Views: 1,015 |Likes:
Published by putra satria

More info:

Published by: putra satria on Oct 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Pengadaan pegawai memiliki sasaran utama, yaitu diperolehnyasejumlah pegawai tertentu sebagai sumberdaya dengan kualifikasi tertentusesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan tertentu pula. Dengan kata lain,titik berat perhatian program-program dalam pengadaan pegawai adalahmemecahkan masalah kemampuan kerja
(ability to work)
 pegawai yangditempatkan dalam organisasi.Tahap kegiatan dalam lingkup pengadaan pegawai dilakukan secara berturut-turut melalui sub-sub fungsi operasional pengadaan, yaitu:
Perencanaan Pegawai
( Procurement Of Personnelo )
 
1.
 
Perencanaan Pegawai
(Human Resources / Manpower Planning)
2
. Penarikan Pegawai
(Recrutment)
3. Seleksi Pegawai
(Selection)
4.
Penempatan Pegwaia
(Placement)
5.
Pembekalan
(Inndoctrination / Induction / Orientation)
 
 
2
 
BAB IIPERENCANAAN PEGAWAI
 
2.1. Pengertian
Perencanaan pegawai didefenisikan sebagai proses menentukankebutuhan pegawai dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar supaya pelaksanaannya berintegrasi dengan rencana organisasi (Andrew E.Sikula, dalam A. A. Anwar Prabu Mangkunegara, 1988:
2)
.
2.2. Komponen
A. A. Anwar Prabu Mangkunegara (1988:3-5
)
, mengemukakan bahwaada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pegawai, sebelum program tindakan (action programs
)
dilaksanakan terhadap pegawai, yaitu:
1. Tujuan
Perencanaan pegawai harus didasarkan kepada kepentingan individu,organisasi, dan nasional. Tujuan perencanaan pegawai adalah untuk menciptakan pegawai dimasa yang akan datang bagi kebutuhan organisasi.
2. Perencanaan organisasi
Perencanaan organisasi adalah merupakan serangkaian aktivitas yang berorientasi pada perubahan-perubahan positif untuk mencapai efektivitasmanajemen. Konsef perencanaan organisasi dan perencanaan pegawaimerupakan hal yang saling berhubungan, yaitu dimana pegawai merupakaninput penting bagi perencanaan organisasi. Dengan kata lain, setiap ada perencanaan harus mengikutsertakan perencanaan pegawai.
Beberapa factor yang dapat mempengaruhi perencanaan organisasi adalah sebagai berikut:
a. Peramalan bisnis
Yaitu peramalan mengenai ekonomi secara umum, seperti tingkatinflasi, tingkat upah, harga, biaya, dan tingkat suku bunga. Perkembanganekonomi mempunyai pengaruh yang sangat besar dan sulit untuk diestimasi.
 
3
 
b.
 
Perluasan dan Perkembangan Usaha
Maksudnya, apabila organisasi akan memperluas dan mengembangkankegiatan usaha, perlu persiapan sedini mungkin dan menjadi input untuk  perencanaan organisasi.
c. Rancangan dan Perubahan Struktur
Yaitu dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologimodern, organisasi perlu mengadakan perubahan struktur agar aktivitasorganisasinya tidak mengalami hambatan.
d. Falsafah Manajemen
Perencanaan organisasi harus sesuai dengan falsafah manajemen yangdianut.
e. Peranan Pemerintah
Perubahan kebijakan pemerintah, seperti dalam menentukan hargadasar, pajak, produk eksport dapat mempengaruhi organisasi.
f. Produk dan Kemampuan Manusia
Maksudnya, dengan adanya pengembangan produk baru melaluiteknologi modern, memerlukan kampuan pegawai yang memadai dan sesuatituntutan.
3. Pengauditan Pegawai
Yang dimaksud dengan pengauditan pegawai adalah penelusuransecara formal dan sistematis mengenai efektivitas program kepegawaianmelalui penelitian, pengumpulan dan penganalisaan data pegawai untuk suatu periode tertentu. Asfek yang perlu mendapat perhatian dalammengaudit pegawai adalah sebagai berikut:
a. Kualitas Kekuatan Kerja
Yaitu bertujuan untuk memperbaiki kualitas pegawai setiap waktu.Perbaikan kualitas ini dapat ditempuh dengan cara memperkerjakan pegawaiyang berkualitas atau dengan meningkatkan kualitas pegawai yang adamelalui program pelatihan dan pendidikan.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Natasha Jusuf liked this
Sahrul Gamalama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->