Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
104Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Imunisasi BCG

Imunisasi BCG

Ratings: (0)|Views: 7,806 |Likes:
Published by Anis Rakhmawati

More info:

Published by: Anis Rakhmawati on Oct 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Tubercolusis masih merupakan penyakit yang sangat luas didapatkan dinegeri yang sudah berkembang seperti Indonesia, baik pada anak maupunorang dewasa yang juga dapat menjadi sumber infeksi. Tubercolusis biasanyamulai secara perlahan-lahan, sehingga sukar menentukan saat timbulnyagejala pertama. Kadang-kadang terdapat demam yang tidak diketahuisebabnya dn sering disertai tanda-tanda infeksi saluran nafas bagian atas. Olehkarena itu bila ditemukan gejala seperti tersebut diatas. Biasanya tidak dipikirkan kea rah diagnosis tubercolusis. Hal ini dapat dihindarkan denganmelakukan uji tuberculin. Tubercolusis pada anak harus diobati sedinimungkin dan setepat-tepatnya untuk menghindari komplikasi yang berat danreinfeksi pada waktu dewasa.Di Negara yang sedang berkembang tidak tepat bila hanya mengharapkan perbaikan social ekonomi penduduk untuk dapat menurunkan morbiditas danmortilitas tubercolusis. Perlu dilakukan pengontrolan atas penyakit ini, salahsatunya dengan cara memberikan imunisasi BCG (Bacillus Calmete Guerin).
1.2Rumusan Masalah
Apa pengertian imunisasi?Bagaimana sejarah imunisasi BCG?Bagaimana cara pemberian imunisasi BCG?Apa efek samping pemberian imunisasi BCG?Apa saja kontra Indikasi pemberian imunisasi BCG?
1
 
1.3Tujuan
Mengetahui apa arti imunisasiMengetahui sejarah imunisasi BCGMengetahui bagaimana cara pemberian imunisasi BCGMengetahui efek samping pemberian imunisasi BCGMengetahui kontra indikasi pemberian imunisasi BCG
2
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Imunisasi
Kata imun berasal dari bahasa Latin (immunitas) yang berarti pembebasan(kekebalan) yang diberikan kepada para senator Romawi selama masa jabatanmereka terhadap kewajiban sebagai warganegara biasa dan terhadap dakwaan.Dalam sejarah, istilah ini kemudian berkembang sehingga pengertiannya berubah menjadi perlindungan terhadap penyakit, dan lebih spesifik lagi,terhadap penyakit menular (Theophilus, 2000; Mehl dan Madrona, 2001).Sistem imun adalah suatu sistem dalam tubuh yang terdiri dari sel-sel serta produk zat-zat yang dihasilkannya, yang bekerja sama secara kolektif danterkoordinir untuk melawan benda asing seperti kuman-kuman penyakit atauracunnya, yang masuk ke dalam tubuh. Kuman termasuk antigen yang masuk ke dalam tubuh, maka sebagai reaksinya tubuh akan membuat zat anti yangdisebut dengan antibodi. Pada umumnya, reaksi pertama tubuh untumembentuk antibodi tidak terlalu kuat, karena tubuh belum mempunyai“pengalaman”. Pada reaksi yang ke-2, ke-3 dan seterusnya, tubuh sudahmempunyai memori untuk mengenali antigen tersebut sehingga pembentukanantibodi terjadi dalam waktu yang lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Itulah sebabnya, pada beberapa jenis penyakit yang dianggap berbahaya, perlu dilakukan tindakan imunisasi atau vaksinasi. Hal inidimaksudkan sebagai tindakan pencegahan agar tubuh tidak terjangkit penyakit tersebut, atau seandainya terkena pun, tidak akan menimbulkanakibat yang fatal.
3

Activity (104)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fitri Natar liked this
nafira00 liked this
Okky OktaLina liked this
Faris Insani liked this
Ivha Thaslifa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->