Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
model kurikulum

model kurikulum

Ratings: (0)|Views: 10,640|Likes:
Published by sironpgsd

More info:

Published by: sironpgsd on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
Pengembangan Kurikulum SD
 
3 - 1
 
MODEL KURIKULUM
Yus M Cholily
Pendahuluan
ika ingin tahu ke mana suatu lembaga pendidikan (sekolah) akan dibawa, makaAnda dapat melihatnya pada Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Ke arahmana pembelajaran akan dibawa, hal itu bisa dilihat pada kurikulum yang digunakandi sekolah tersebut. Sebagai pendidik (guru), pengemban kurikulum, tentunya Andatelah memahami bahwa kurikulum memegang peranan penting, bahkan menjadipenunjuk arah bagi Anda dalam menjalankan pembelajaran. Dari kurikulum tersebutAnda dapat melihat ke mana pendidikan harus dibawa.Sebagai pengantar, tidak ada salahnya jika Anda memikirkan jawaban duapertanyaan berikut.1.
 
Kurikulum apa saja yang pernah dipakai di tempat Anda bekerja?2.
 
Buatlah catatan singkat mengenai ciri-ciri khusus pada kurikulum yang pernahAnda pakai tersebut!Pada Unit 3 ini Anda akan mempelajari beberapa hal berkenaan denganmodel kurikulum. Di dalamnya dibahas tiga topik penting, yaitu (1) model konsepkurikulum, (2) model pengembangan kurikulum, dan (3) pendekatan pengembangankurikulum. Ketiga topik itu akan disajikan dalam tiga subunit..Dengan mempelajariketiga subunit tersebut, Anda diharapkan memiliki kemampuan:1.
 
membedakan model-model konsep kurikulum;2.
 
membedakan model-model pengembangan kurikulum; serta3.
 
mengidentifikasi pelbagai pendekatan pengembangan kurikulumSaudara, mengapa unit ini penting kita bicarakan? Perubahan kurikulummerupakan suatu keharusan, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman, yangdiarahkan untuk memenuhi tuntutan situasi kekinian serta mengantisipasi perkem-bangan kebutuhan masyarakat pengguna. Ali bin Abi Thalib pernah menyampaikanpesan ”
didiklah anakmu sesuai dengan jamannya
”. Pesan ini mempunyai makna
J
Unit
 
3
 
3 - 2
Unit 3
 yang sangat dalam. Diantaranya, program pendidikan (kurikulum) di sekolah harusmampu menyiapkan anak didiknya guna bisa hidup di masa yang akan datang.Suasana dinamis dan berkembang ke arah pembaharuan senantiasa harusdiupayakan.Oleh karena itu, kurikulum sebagai pedoman bagi guru harus senantiasamampu memberikan arah dan jawaban atas tantangan yang akan timbul di masa yangakan datang . Hal ini memberikan makna bahwa kurikulum harus selalu berkembang.Untuk mengikuti perkembangan kurikulum Anda sebagai seorang guru jugadiharapkan mengetahui tentang model-model kurikulum yang ada, sehingga sebagaiseorang guru Anda diharapkan mampu mengembangkan sesuai dengan model yangdigunakan.Untuk meraih kemampuan yang diharapkan setelah mempelajari unit 3 ini,dalam mempelajari setiap topik dalam unit ini Anda akan dipandu dengan latihan-latihan yang berkaitan dengan identifikasi model konsep dan modelpengembanganan kurikulum, serta pelbagai pendekatan kurikulum SD, baik yangpernah dan sedang digunakan di Indonesia. Kerjakanlah latihan-latihan tersebutsebelum Anda membaca iraian selanjutnya. Jawaban latihan Anda dapat Andabandingkan ketioka membaca uraian yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaandalam latihan.
 
Pengembangan Kurikulum SD
 
3 - 3
 
Subunit 1
Model Konsep Kurikulum
Pengantar 
audara, sudah kita alami bersama bahwa kurikulum pendidikan dasar danmenengah di Indonesia sudah seringkali mengalami perubahan berkali-kali.Perubahan kurikulum itu dilakukan dengan maksud untuk memperbaiki danmeningkatkan mutu pendidikan. Anekdot ”ganti menteri ganti kurikulum” sudahtidak asing lagi di telinga setiap orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.Perubahan kurikulum ini berangkat dari hal yang paling mendasar dan tradisional,yaitu yang berorientasi pada materi (
subject matter 
), sampai pada perubahankurikulum sebagai respon atas kebijakan makro yakni desentralisasi pendidikan yangmemberikan lebih banyak keleluasaan kepada guru untuk menjabarkan kurikulum.Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan situasi kekinian serta mengantisipasiperkembangan kebutuhan masyarakat penggunanya.Model konsep kurikulum sangat mewarnai pendekatan yang diambil dalampengembangan kurikulum. Sebagai kajian teoritis, model konsep kurikulummerupakan dasar untuk pengembangan kurikulum. Atau dengan kata lain,pendekatan pengembangan kurikulum didasarkan atas konsep-konsep kurikulumyang ada.Model konsep kurikulum sangat berkaitan dengan aliran pendidikan yangdianut. Aliran pendidikan dapat dibedakan menjadi empat, yaitu: (1) PendidikanKlasik, yang menggunakan model konsep kurikulum subjek akademis, (2)Pendidikan Pribadi, yang menggunakan model konsep kurikulum humanistik, (3)Teknologi Pendidikan, yang menggunakan kurikulum teknologis, dan (4) PendidikanInteraksionis, yang menggunakan model konsep kurikulum rekonstruksi sosial.Sampai saat ini banyak model kurikulum yang telah dikembangkan oleh paraahli. Pada Sub Unit 1 ini akan dikaji empat macam model konsep kurikulumberdasarkan pada urutan kajian paling tradisional sampai dengan kajian yangdianggap cukup modern, yaitu (1) Kurikulum Subjek Akademis, (2) KurikulumHumanistik, (3) Kurikulum Rekonstruksi Sosial, dan (4) Kurikulum Teknologis(Sukmadinata, 2005:81).Setelah mempelajari ke empat model konsep kurikulum tersebut, Andadiharapkan mampu mengidentifikasi model kurikulum yang dipakai di tempatSaudara mengajar.
S

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
alieyshah liked this
颜 彩莲 liked this
颜 彩莲 liked this
Seri BarOezz liked this
Cik Siti liked this
Nordiana Othman liked this
Isa Ansari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->