Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LISTRIK STATIS

LISTRIK STATIS

Ratings: (0)|Views: 316 |Likes:
Published by jalakuren

More info:

Published by: jalakuren on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
Fisika kelas 9 SMP Negeri 1 Padangan 1
LISTRIK STATIS
Listrik atau kelistrikan, pertama kali ditemukan oleh orang-orang Yunani. Pada waktu itu, mereka berkesimpulanbahwa jika batu ambar digosok, batu ambar itu mempunyai kemampuan menarik benda – benda ringan yangterdapat disekitarnya, misalnya sehelai benang. Gejala kelistrikan seperti ini disebut listrik statis atau listriktidak mengalir.
MUATAN LISTRIK
Setiap benda terdiri atas atom – atom. Model atom yang sekarang dikenalAdala model atom hasil penelidikan dan teori-teori yang dikemukakan olehE. Rutherford ( 1871 – 1937 ), Niel Bohr ( 1885 – 1962 ) dan ahli fisika laindari berbagai negara.ElektronProtonNetronSebuah atom terdiri atas inti atom dan elektron. Inti atom terdiri atas satu atau lebih proton danNeutron, tergantung pada jenis atomnya.Proton bermuatan positif, sedangkan neutron tidak bermuatan.Elektron bermuatan negatif mengelilingi inti atomAtom dikatakan netral jika jumlah elektronnya ( muatan negatif ) sama dengan jumlah protonnya ( muatanpositif )Atom dikatakan bermuatan negatif jika jumlah elektronnya ( muatan negatif ) lebih banyak dari pada jumlahprotonnya( muatan positif )Atom dikatakan bermuatan positif jika jumlah protonnya ( muatan positif ) lebih banyak dari pada jumlahelektronnya( muatan negatif )
Contoh
a. Atom Netral b. Atom bermuatan negatif c. Atom bermuatan positif Jumlah elektron = 3 Jumlah elektron = 2 Jumlah elektron = 1Jumlah proton = 3 Jumlah proton = 1 Jumlah proton = 2Jumlah neutron = 3 Jumlah neutron = 1 Jumlah neutron = 2
 
Fisika kelas 9 SMP Negeri 1 Padangan 2
Muatan yang sejenis tolak menolak Muatan yang tidak sejenis tarik menarika.b.
INDUKSI LISTRIK
Adalah peristiwa pemisahan muatan listrik pada sebuah benda karena benda tersebut didekatkan pada bendayang bermuatan listrik.Contoh:Pada gambar disamping, penggaris yang mula-mula netral ( tidak bermuatanListrik ) tidak mampu menarik potongan kertas kecil –kecil.Tetapi setelah penggaris digosokkan pada rambut yang kering atau digosokdengan kain wol kemudian didekatkan pada potongan kertas kecil-kecil,maka penggaris tersebut dapat menarik potangan kertas tersebut.Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut :Pada saat kertas didekati oleh penggaris yang bermuatan listrik negatif ,maka pada kertas akan terjadi pemisahan muatan. Muatan positif kertasmendekati muatan negatif penggaris. Sedangkan muatan negatif kertasakan menjauhi penggaris. Sehingga akan terjadi gaya tarik menarik antaramuatan negatif penggaris dengan muatan positif kertas.
MEMBUAT BENDA BERMUATAN LISTRIKA. Dengan cara digosok
Atom ada yang bermuatan listrik dan ada yang netral. Demikian pula dengan benda. Benda netral dapatdibuat menjadi bermuatan listrik dengan cara menggosok.
Contoh :
1. Penggaris plastik yang digosok – gosokkan pada rambut yang kering, ternyata ada elektron rambut yangyang berpindah ke penggaris. Sehingga penggaris yang mula-mula netral, karena mendapat tambahanelektron dari rambut, berakibat penggaris menjadi bermuatan negatif. Sedangkan rambut menjadibermuatan positif.2. Kaca yang digosok dengan kain sutera, ternyata ada elektron kaca yang berpindah ke kain sutera. Sehinggakaca menjadi bermuatan positif, sedangkan kain sutera menjadi bermuatan negatif.3. Ebonit yang digosok dengan kain kain wol, ternyata ada elektron kain wol yang berpindah ke ebonit.Sehingga ebonit menjadi bermuatan negatif , sedangkan kain wol menjadi bermuatan positif.
 
Fisika kelas 9 SMP Negeri 1 Padangan 3
B. Dengan cara induksi listrik1. Induksi 1 bolaLangkah-langkahnya :
a. b c.Benda konduktor Dekatkan benda bermuatan Sentuhkan jari tangan ke benda tersebutYang netral pada benda tersebut untuk beberapa saat( jangan bersentuhan )d. e.Lepaslah sentuhan Benda yang mula-mula netral sudahJari tangan berubah menjadi bermuatan listrik
2. Induksi 2 bola
Langkah-langkahnya:a. b.Sentuhkan dua benda konduktor Dekatkan benda bermuatan listrikyang netral ke benda tersebutc. d.Pisahkan kedua benda tersebut Jauhkan benda bermuatan listrikdari kedua benda tersebut.Sekarang kedua benda sudahbermuatan listrik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->