Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Profil Pendidikan Kesetaraan Kab. Kapuas Hulu

Profil Pendidikan Kesetaraan Kab. Kapuas Hulu

Ratings: (0)|Views: 388 |Likes:
Published by Lili Ghazali

More info:

Published by: Lili Ghazali on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2012

pdf

text

original

 
Profil Pendidikan Kesetaraan Kabupaten/Kota 2008
1
BAB IPENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG 
Dalam perencanaan pembangunan di bidang Pendidikan Nonformal dan Informalseperti perencanaan di Kabupaten/Kota diperlukan data dan informasi yang lengkaptidak hanya menyangkut data di lingkungan Dinas Pendidikan melainkan juga di luarDinas Pendidikan. Pada kenyataannya, untuk mendapatkan data dan informasi,khususnya di luar Dinas Pendidikan sangat sulit. Hal itu disebabkan karena semuainstansi memiliki data masing-masing dan belum ada instansi yang melakukanintegrasi terhadap data setiap instansi. Agar diperoleh data yang terintegrasi,lengkap, dan mutakhir mengenai keadaan Pendidikan nonformal dan Informal makaperlu dikaitkan dengan data dan informasi di luar Dinas Pendidikan sepertiadministrasi pemerintah daerah, demografi, geografi, ekonomi, sosial budaya danagama serta transportasi dan komunikasi. Selain itu, untuk mengatasi masalah-masalah Pendidikan Bukanformal dan Informal tidak hanya dapat dilakukan melaluifaktor internal pendidikan melainkan juga harus dilihat faktor eksternal lainnya atau diluar pendidikan.Untuk mengatasi masalah di atas, Profil Pendidikan Kesetaraan (Paket A setaraSD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setara SMA/MA) cukup komprehensifdi suatu Kabupaten/Kota dapat dipandang sebagai bahan masukan yang cukuphandal untuk penyusunan perencanaan pembangunan Pendidikan nonformal danInformal yang realistis. Oleh karena itu, dengan menggunakan profil pendidikankesetaraan tersebut dapat diketahui dan diperhitungkan berbagai faktor yang adadalam suatu wilayah, termasuk faktor pendukung dan penghambat perkembanganpendidikan kesetaraan.Berdasarkan data dan informasi yang komprehensif yang termuat di dalam profilpendidikan Kesetaraan (Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan PaketC setara SMA/MA) dapat dilakukan analisis secara deskriptif untuk mengetahuikinerja pendidikan kesetaraan. Kemudian, dengan menggunakan kinerja yang adadiharapkan dapat dilakukan identifikasi masalah terhadap pemerataan, mutu danrelevansi, serta manajemen pendidikan kesetaraan dan pembinaan pengembanganlebih lanjut.
 
Profil Pendidikan Kesetaraan Kabupaten/Kota 2008
2
B. TUJUAN
Tujuan umum disusunnya profil pendidikan kesetaraan adalah untukmenghasilkan data dan informasi pendidikan bukan formal khususnya pendidikankesetaraan (Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setaraSMA/MA) yang dapat digunakan untuk semua pihak yang berkepentingan denganpembangunan pendidikan.Tujuan khususnya adalah untuk mengetahui kinerja pendidikan kesetaraan disuatu daerah, masalah yang dihadapi sebagai bahan perencanaan yangmenyangkut pemerataan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi pendidikan,dan manajemen pendidikan. Setelah diketahui masalah tersebut, diharapkan dapatdisusun cara mengatasi masalah tersebut. Di samping itu, kinerja pendidikan yangtelah dikaitkan dengan faktor eksternal tersebut dapat digunakan sebagai bahanmasukan untuk pengambilan keputusan seperti penyusunan perencanaanpembangunan wilayah, perencanaan pembangunan pendidikan, penyusunankebijakan operasional pendidikan, dan informasi bagi pihak yang memerlukan,khususnya informasi pendidikan di Kabupaten/Kota.
C. RUANG LINGKUP
Profil pendidikan kesetaraan ini menyajikan informasi tentang data-datakependidikan kesetaraan yang dilengkapi dengan administrasi pemerintahan daerah,demografi, geografi, ekonomi, sosial budaya dan agama, serta transportasi dankomunikasi. Informasi itu sangat diperlukan dan mempunyai saling keterkaitan yangmendukung perkembangan pendidikan di daerah. Keadaan umum pendidikanmencerminkan variabel-variabel pendidikan menurut jenjang serta kemajuan yangdicapai melalui indikator-indikator pendidikan di setiap jenjang pendidikan.Sesuai dengan bahan yang tersedia disajikan kinerja dan analisis profilpendidikan yang mencerminkan kaitan antara indikator-indikator internal daneksternal dengan permasalahannya sehingga diharapkan dapat memberikaninformasi untuk keperluan perencanaan. Data yang tersedia disajikan dalam bentuktabel dan memuat data dasar, (baik yang bersumber dari Pemda, BPS, DinasPendidikan maupun dari instansi lain) mengenai pendidikan dan data olahan yangmenghasilkan indikator seperti angka, rasio, dan perbandingan pendidikan menurut jenis dan jenjang pendidikan.
 
 
Profil Pendidikan Kesetaraan Kabupaten/Kota 2008
3
BAB IIKEADAAN UMUM
Profil Pendidikan Kesetaraan pada Bab II keadaan umum dimulai dengan petaKabupaten/Kota yang menggambarkan letak Kabupaten Kapuas Hulu dalamkaitannya dengan lingkungan sekelilingnya. Kemudian, dilanjutkan dengan keadaanbukan pendidikan yang meliputi enam faktor seperti administrasi pemerintahandaerah, demografi, geografi, ekonomi, sosial budaya, dan transportasi dankomunikasi. Terakhir dijelaskan tentang program pendidikan kesetaraan (Paket Asetara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setara SMA/MA). 
A. PETA KABUPATEN KAPUAS HULU 
Berdasarkan Peta Gambar.2.1 dapat dikemukakan bahwa batas wilayahKabupaten ini adalah sebelah utara berbatasan denganNegara tetangga Malaysia (serawak )sebelah timur berbatasan dengan PropinsiKalimantan Timursebelah selatan berbatasan denganPropinsi Kalimantan Selatandan sebelah baratberbatasan denganKabupaten SintangDengan melihat peta tersebut, diketahuibahwa daerah tersebut dilalui oleh ______________ ,dll. KabupatenKapuas Hulu  sebagai Kabupaten yang ke7 ( Tujuh )secara geografis terletak di sebelah timurdaerah yang paling ujung dalam wilayah Propinsi Kalimantan Barat yakni terletakdiantaraKabupaten SintangdanPropinsi kalimantan Timur 
Gambar 2.1 Peta Wilayah Kabupaten/Kota ______________  
 
Sumber: ______________  
1. Administrasi Pemerintahan Daerah

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
veratulus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->