Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Pengajuan Dana

Proposal Pengajuan Dana

Ratings: (0)|Views: 5,573|Likes:
Published by babeh curly

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: babeh curly on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
³Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi MelaluiPemanfaatan Potensi Wilayah Desa Banjarasri di KecamatanKalibawang, Kulonprogo.´
OLEH:Dr. Muslim Mahardika, ST., M.Eng
 
UNIVERSITAS GADJAH MADA2010
 
 
I. PENDAHULUAN
 A
. L
 A
T
 AR
BEL
 A
K
 ANG
PE
R
M
 A
S
 A
L
 A
H
 AN
 Bidang pertanian dan peternakan merupakan mata pencaharian pokoksebagian masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi paling besar pada pendapatan asli daerah yang setiap tahunnya selalu mengalamikenaikan. Sebagian besar daerah sumber pertanian dan peternakan,khususnya di daerah pedesaan masih belum dapat memanfaatkan potensihasil pertanian dan peternakan dengan maksimal. Mereka masih mengolahpertanian dan peternakan secara tradisional, akibat belum maksimalnyapenguasaan masyarakat akan teknologi. Sehingga masyarakat hanyamenjual hasil pertanian dan peternakan tanpa olahan lebih lanjut. Hal inilahyang membuat mereka memperoleh keuntungan yang sangat minim, danmembuat masyarakat berada dalam keterbelakangan di berbagai bidang.Salah satu desa di provinsi DIY yang memilki potensi pertanian danpeternakan yang belum dimanfaatkan secara maksimal adalah DesaBanjarasri. Desa ini yang terletak di Kecamatan Kalibawang, KabupatenKulonprogo, DIY. Di desa tersebut terdapat banyak peternak yang kesulitandalam pengolahan limbah ternak mereka. Mereka hanya menggunakanlimbah ternak tersebut sebagai pupuk kandang, padahal limbah tersebutdapat diolah menjadi biogas yang akan sangat berguna bagi masyarakatdesa tersebut.Upaya optimalisasi pemanfaatan sumberdaya lokal seharusnyadifokuskan pada pemberdayaan masyarakat Desa Banjarasri sebagaipelaku utama agar mereka dapat mengembangkan desa meraka menjadilebih maju dan berkembang. Dengan demikian masyarakat dapat mandiridan berkembang untuk meningkatkan taraf kehidupannya yang berbasispada komunitas dan potensi lokalnya sendiri.
N
amun tentunyapengembangan di segala sektor tersebut sangat memerlukan upaya yangkeras bukan hanya dari masyarakat saja, tetapi juga dari pemerintahsebagai fasilitator.
 
B. PE
R
M
 A
S
 A
L
 A
H
 AN
 Kurangnya pengetahuan masyarakat akan teknologi alternatif dalammengelola limbah peternakan mengakibatkan limbah tersebut terbuang sia-sia. Sebenarnya limbah ternak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahanbaku pembuatan biogas dan limbah buangan dari biogas tersebut dapatdimanfaatkan sebagai pupuk yang dapat digunakan untuk lahan tani mereka.
II. ANALISIS PEMECAHAN MASALAH
Untuk memaksimalkan pemanfaatkan limbah peternakan yang ada di daerahtersebut adalah dengan cara membuat instalasi biogas mini. Biogas inidiharapkan dapat dibuat oleh masyarakat sekitar karena dana yang dibutuhkantidak terlalu banyak. Pembuatan biogas ini diharapkan sebagai bahanpercontohan bagi masyarakat agar mereka dapat membuat instalasi biogas minitersebut secara mandiri. Disamping itu pemanfaatan dari hasil keluaran kotoranternak dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang dapat berguna bagimasyarakat.
III. ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
 A
.
NA
M
 A
P
R
OYEK KE
G
I
 A
T
 AN
 Pembuatan instalasi biogas (3 Prototype) dan pembuatan pupuk.B. M
 A
KSUD D
 AN
TUJU
 AN
KE
G
I
 A
T
 AN
 a. Mengurangi pencemaran limbah ternak.
 
b. Memanfaatkan limbah ternak secara efektif dan efisien.c. Memasyarakatkan teknologi tepat guna dalam produksi biogas gunamemanfaatkan limbah kotoran hewan.d. Membekali masyarakat dengan teknologi tepat guna yang diharapkanmampu meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memproduksi biogasuntuk berbagai keperluan.e. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam produksi biogas yangdiharapkan dapat menjadi bekal penunjang dalam kehidupan yangberwawasan kemandirian.

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
A Riyanda Erman liked this
apihanas liked this
fufu2 liked this
Cece Yoely liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->