Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Strategik - Lingkungan Eksternal

Manajemen Strategik - Lingkungan Eksternal

Ratings: (0)|Views: 1,397 |Likes:
Published by Yudo Nugroho

More info:

Published by: Yudo Nugroho on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
LINGKUNGAN EKSTERNAL
Disusun Oleh:Andrie Setiadi (07.1.02.03543)Yudo Nugroho (07.1.02.03544)
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIASURABAYA2009
 
 
1
Lingkungan Eksternal
A.
 
Lingkungan Eksternal Perusahaan
Yang dimaksud dengan lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor di luar kendali perusahaan yang dapat mempengaruhi pilihan arah dantindakan, struktur organisasi, dan proses internal perusahaan. Faktor-faktor tersebut dapat dibagi menjadi tiga subkategori yang saling terkait, yaitu faktor-faktor dalam lingkungan jauh, faktor-faktor dalam lingkungan industry, danfaktor-faktor dalam lingkungan operasi.
B.
 
Lingkungan Jauh
L
ingkungan jauh terdiri atas faktor-faktor yang berasal dari luar dan biasanya tidak terikat dengan situasi operasi suatu perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain:
1.
 
F
aktor Ekonomi
Faktor ekonomi berkaitan dengan sifat dan arah perekonomian dimana suatu perusahaan beroperasi. Karena pola konsumsi dipengaruhi olehkemakmuran relatif dari berbagai segmen pasar, maka setiap perusahaan harusmempertimbangkan tren elonomi pada segmen yang mempengaruhiindustrinya. Ketersediaan kredit, tingkat pendapatan bersih sesudah pajak,kecenderungan konsumsi, suku bunga utama, tingkat inflasi, dan tren pertumbuhan produk nasional bruto merupakan faktor-faktor ekonomi yangharus diperhatikan oleh setiap perusahaan.
2.
 
F
aktor Sosial
 
2
 Faktor sosial yang mempengaruhi suatu perusahaan meliputikepercayaan, nilai, sikap, opini, dan gaya hidup masyarakat dalam lingkunganeksternal perusahaan, yang berkembang dari kondisi budaya, ekologi,demografi, agama, pendidikan, dan etnis. Faktor sosial ini bersifat dinamis,dengan perubahan konstan yang berasal dari usaha-usaha para individu untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka dengan mengendalikan dan beradaptasi dengan faktor lingkungan.
3.
 
F
aktor Politik 
Faktor politik menentukan parameter-parameter hukum dan aturan dimana perusahaan harus beroperasi. Batasan politik yang dikenakan pada perusahaan biasanya diberlakukan melalui keputusan perdagangan yang adil,undang-undang antimonopoli, program pajak, aturan upah minimum,kebijakan polusi dan penetapan harga, penambahan administrasi, dan berbagaitindakan lainnya yang ditujukan untuk melindungi karyawan, konsumen,masyarakat umum, dan lingkungan. Hal ini tentunya bersifat membatasi perusahaan, karena cenderung mengurangi potensi laba perushaan. Namun, beberapa tindakan politik dirancang untuk menguntungkan dan melindungi perusahaan. Tindakan-tindakan ini mencakup undang-undang paten, subsidi pemerintah, dan penelitian produk.
4.
 
F
aktor Teknologi
Peramalan teknologi adalah kuasi ilmu pengetahuan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan dan persaingan serta mengestimasi pentingnya perubahan tersebut bagi operasi suatu perusahaan. Peramalanteknologi dapat membantu melindungi dan memperbaiki profitabilitas perusahaan dalam industri yang sedang tumbuh. Hal tersebut dapat membuat

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Chiko Doank liked this
New Castle liked this
Ariefz Will liked this
Lucky Zaini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->