Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
30Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Latar Belakang Perbedaan Kristen Protestan Dengan Katholik

Latar Belakang Perbedaan Kristen Protestan Dengan Katholik

Ratings: (0)|Views: 11,015|Likes:
Published by siregar1985

More info:

Published by: siregar1985 on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/06/2013

pdf

text

original

 
 
PERBEDAAN KRISTEN PROTESTANDENGAN KATHOLIK
Latar belakang perbedaan Kristen protestan denganKatholik
Kristen dalam Alkitab disebut orang yang mengasihi kebenaran (2 Tesalonika2:10). Jika seseorang mencintai kebenaran, mereka harus membenci kebohongan,kesalahan dan semua distorsi dari kebenaran. Namun, sama seperti Allah membencidosa, tetapi mengasihi semua orang bahkan meskipun mereka dosa, orang Kristen jugaharus mengasihi semua orang bahkan jika mereka lakukan, mengajar atau mempercayaisesuatu yang tidak benar atau benar. Jadi Katolik dan Protestan harus mengasihi satusama lain, bahkan jika mereka tidak setuju dengan atau tidak seperti apa yang lain tidakatau percaya. Katolik dan Protestan percaya dan melakukan banyak hal yang sama,tetapi mereka juga percaya dan melakukan beberapa hal yang berbeda. Beberapaperbedaan yang sepele, tetapi beberapa kesepakatan perbedaan dengan isu-isu dasar.
 
 
RUMUSAN
 
MASA
L
AH
 
Gereja Katolik memiliki sejarah yang panjang dimana waktu yang telah berubahdalam banyak hal, kadang-kadang menjadi lebih baik, kadang-kadang menjadi buruk.Kristen Protestan dimulai pada 1500-an ketika sekelompok orang mulai protes terhadapbeberapa hal yang salah mereka percaya bahwa Gereja Katolik lakukan dan mengajar.Pengunjuk rasa ini menjadi terpisah dari Gereja Katolik dan membentuk Gereja sendiriyang lebih sejalan dengan apa yang mereka yakini adalah kebenaran. Sama sepertiGereja Katolik, Gereja Protestan yang tidak sempurna, mereka juga telah berubahberkali-kali dalam banyak cara.Isu utama adalah Katolik percaya dan melakukan beberapa hal berbeda denganapa Protestan percaya bahwa Alkitab telah menginstruksikan. Protestan percaya bahwaini adalah hasil dari Katolik mempercayai apa yang individu-individu tertentu dan tradisimengatakan, daripada apa yang Allah telah berfirman melalui Alkitab. Masalah tradisimenjadi lebih penting daripada's kebenaran Tuhan adalah sesuatu semua agamamemiliki beberapa waktu telah bersalah atas, termasuk Protestan. Gereja Katolik telahmengakui beberapa kesalahan telah bersalah di masa lalu, dan telah berubah. Namunmasih ada beberapa kepercayaan dan praktek-praktek yang Protestan akan mengatakanmenentang apa yang Alkitab ajarkan.Sebuah contoh perubahan dalam gereja Katolik adalah, kenyataan bahwa hariini, Gereja Katolik tidak mendorong pembacaan Alkitab. Namun di masa lalu GerejaKatolik telah putus asa belajar pribadi dari Alkitab, sebenarnya membaca Alkitab padasatu waktu dilarang oleh Gereja. Hanya orang-orang tertentu diizinkan untukmelakukannya. Orang yang tidak membaca, atau menyebarkan Alkitab, bahkan dibunuholeh Gereja Katolik, seperti William Tyndale yang merupakan salah satu orang pertamayang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Inggris.
 
 Alkitab Katolik termasuk buku-buku tertentu yang Protestan mengatakan tidak bolehada. Mereka disebut kitab-kitab apokrif, yang tulisan-tulisan Protestan tidak percayatelah disetujui sebagai diilhami oleh Allah. Karena mereka tidak disebut sebagai KitabSuci oleh Yesus atau murid-murid-Nya.Pada suatu waktu hampir semua Gereja Katolik layanan sepenuhnya dalam bahasa Latin,dan hanya sedikit orang bisa memahami bahasa Latin. Ini ada kasus lagi.
F
A
KTO
R
PE
NY
EB
A
B PE
R
BED
AAN
 
Maria ibu fisik Yesus sangat penting bagi umat Katolik, tetapi Alkitab berkatasangat sedikit tentang Maria. Berikut adalah ringkasan dari apa yang Alkitab katakantentang dia:Alkitab menggambarkan Maria sebagai ibu fisik Yesus, dan bahwa dia dibuat hamil olehAllah. (Matius 1:16, Lukas 1:26-42, Lukas 2:5-19) Maria mengunjungi sepupunyaElisabeth (Lukas 1:39-56) Maria menghadiri pesta di Yerusalem bersama keluarganya.(Lukas 2:48-51) Maria hadir di sebuah pesta perkawinan. (Yohanes 2:1-10) Mariamencari Yesus ketika Ia mengajar dalam rumah (Matius 12:46-47, Markus 3:31, Lukas8:19). Maria pergi menemui Yesus di salib (Yohanes 19:25-27). Mary berkomitmen untukperawatan Yesus Yohanes murid. (Yohanes 19:27) Maria tinggal bersama para murid diYerusalem untuk sementara (Kis 1:14).Jadi semuanya Katolik katakan tentang Maria yang tidak ada dalam Alkitab telahdibuat oleh orang, dan didasarkan pada tradisi daripada kebenaran yang dinyatakankepada kita Firman Tuhan. Dalam Alkitab tidak mengatakan bahwa Maria adalah lebihbesar daripada Kristen yang lain, dia hanya seorang manusia seperti kita semua. Alkitabtidak mengatakan orang harus menyembah Maria atau berdoa kepada Maria. Alkitabtidak mengatakan Maria berdoa bagi kita.Beberapa orang Katolik dapat percaya dan mengajarkan bahwa Maria bertindaksebagai mediator antara manusia dan Allah, tapi ini adalah berlawanan dengan Alkitabyang mengatakan, Yesus hanya pengantara antara Allah dan manusia. (1 Timotius 2:5)Seorang mediator adalah seseorang yang melakukan negosiasi solusi antara dua orangyang terbagi karena beberapa masalah. Berdoa kepada Maria, menyanyi untuk Maria,dan membungkuk ke bawah atau mencium patung-patung Maria, bahkan mungkindigolongkan sebagai bentuk ibadah Idol, yang Yesus katakan adalah salah. Untuk Diamengatakan kita harus menyembah dan melayani Allah saja (Matius 4:10). Dan Mariaadalah seseorang.

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rio Mochamad liked this
Marga Sawelinggi liked this
Hendy Haryanto liked this
Uda Faisal liked this
santilim liked this
Titot Abintara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->