Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
24Activity
P. 1
REKAYASA FONDASI II

REKAYASA FONDASI II

Ratings: (0)|Views: 672 |Likes:
Published by Kurniawan Pitta
Terdiri dari :
BAB I PENGERTIAN FONDASI TIANG
BAB II ANALISIS KAPASITAS DUKUNGFONDASI TIANG TUNGGAL
BAB III KAPASITAS DUKUNG FONDASI TIANG TUNGGALBERDASARKAN HASIL UJI LAPANGAN
BAB IV FORMULA DINAMIS
BAB V KAPASITAS FONDASI KELOMPOK TIANG
BAB VI DISTRIBUSI BEBAN
BAB VII ANALISIS KAPASITAS
BAB VIII KONSTRUKSI TURAP
Terdiri dari :
BAB I PENGERTIAN FONDASI TIANG
BAB II ANALISIS KAPASITAS DUKUNGFONDASI TIANG TUNGGAL
BAB III KAPASITAS DUKUNG FONDASI TIANG TUNGGALBERDASARKAN HASIL UJI LAPANGAN
BAB IV FORMULA DINAMIS
BAB V KAPASITAS FONDASI KELOMPOK TIANG
BAB VI DISTRIBUSI BEBAN
BAB VII ANALISIS KAPASITAS
BAB VIII KONSTRUKSI TURAP

More info:

Published by: Kurniawan Pitta on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2014

pdf

text

original

 
 
Rekayasa Fondasi 2 
Sumiyanto, Adhe & Arwan Dibiayai PHK A1 Teknik Sipil 2007 
1
BAB I
PENGERTIAN FONDASI TIANG
1.1. Komptensi1.1.1. Kompetensi UmumMahasiswa dapat merancang fondasi tiang1.1.2. Kompetensi Khusus1) Mahasiswa mampu memahami penggunaan fondasi tiang2) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis fondasi tiang1.2.
 
PendahuluanFungsi fondasi bangunan dalam suatu kontruksi sipil adalahuntuk mendistribusikan beban yang bekerja pada bangunan tersebut,baik, hidup maupun beban sementara. Beban-beban tersebut diteruska ndan didistribusikan fondasi ke tanah dasar. Jika tegangan tanah akibatbeban bekerja melebihi kapasitas ijin maka akan terjadi keruntuhan.Nilai keamanan (safety factor) perlu diberikan sehingga bangunan amandari bahaya keruntuhan akibat kapasitas dukung terlampui. Namundemikian pemberian nilai keamanan yang teralu besar merupakanpemborosan dan ini harus dibayar. Desain yang baik akan menghasilkannilai keamanan yang cukup untuk menjamin dari bahaya keruntuhantanah namun masih tetap ekonomis.Penggunaan fondasi dangkal hanya memungkinkan untukbangunan-bangunan dengan beban yang tidak terlalu besar. Disampingbeban bangunan yang tidak terlalu besar, penggunaan fondasi dangkalhanya dimungkinkan jika tanah keras tidak terlalu dalam. Untukkondisi tanah yang lapisan tanah kerasnya cukup dalam penggunaan
 
 
Rekayasa Fondasi 2 
Sumiyanto, Adhe & Arwan Dibiayai PHK A1 Teknik Sipil 2007 
2
fondasi tiang akan lebih menguntungkan. Jika digunakan fondasidangkal maka akan diperlukan dimensi yang sangat besar sehinggatidak ekonomis. Secara umum fondasi tiang akan digunakan jika kondisitanah keras cukup dalam dan atau beban bangunan yang harusdidukung cukup besar.Penggunaan fondasi dangkal (telapak) untuk mendukungbangunan di atas air seperti dermaga maupun jembatan akan mengalamikesulitan pada saat konstruksi, sehingga penggunaan fondasi tiangpancang akan lebih menguntungkan, karena dapat dicetak ditempat lain.Pada konstrusi ini, bagian atas fondasi akan menonjol sampai di ataspermukaan tanah dan air, sehingga pile cap akan nampak daripermukaan tanah. Pertimbangan beban lateral harus diperhitungkandalam kondisi ini, karena tiang akan mendukung momen lentur yangcukup besar.Pada bangunan-bangunan tertentu beban desak mungkin tidakteralu besar, namun akibat beban angin ataupun gempa dapatmenyebabkan gaya tarik pada fondasi yang besar. Penggunaan fondasidangkal kurang efektif dalam mendukung beban tarik, sehingga dapatdipilih fondasi tiang. Gesekan antara tiang dan tanah merupakankapasitas dukung terhadap gaya tarik/angkat pada fondasi.Berdasarkan uraian tersebut, fondasi tiang pada umumnyadipakai pada bangunan dengan kondisi bangunan ataupun kondisi tanahsebagai berikut:1)
 
tanah keras cukup dalam,2)
 
beban bangunan cukup berat,3)
 
bangunan berada di atas air,4)
 
bagunan dengan gaya angkat pada fondasinya, dan5)
 
bangunan dengan beban lateral yang besar.
 
 
Rekayasa Fondasi 2 
Sumiyanto, Adhe & Arwan Dibiayai PHK A1 Teknik Sipil 2007 
3
Jika diamati dari pola keruntuhan geser pada tanah denganlapisan tanah keras cukup dalam, akan nampak bahwa distribusitegangan pada fondasi dangkal tidak akan mencapai tanah keras(Gambar 1.1), sehingga kapasitas dukungnya ditentukan olehkarakteristik tanah bagian atas. Untuk kondisi tanah bagian atas adalahlunak maka kapasitas dukung fondasinya tentunya akan rendah pula.Pada Gambar 1.1, nampak bahwa garis keruntuhan pada fondasi tiangberada pada tanah keras sehingga kapasitas dukungnya akan tinggi.Kapasitas dukung fondasi tiang masih ditambah kontribusi dari gesekanantara dinding tiang dan tanah di sekitarnya. Karena luasan ujung tiangrelative kecil dibandingkan dengan luasan telapak, maka dalamprakteknya akan membutuhkan beberapa tiang yang tergabung dalamsatu pile cap (poer).Gambar 1.1 Pola keruntuhan geser pada fondasi dangkal danfondasi tiang.
Fondasi Telapak Fondasi Tian
Tanah Lunak Tanah Keras
G
arisKeruntuhan

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
Aris Purwanto liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Lakita Ihi liked this
Gie Siege liked this
Gembel Elit liked this
Gembel Elit liked this
Putera Samawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->