Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
27Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep Plasenta previa

askep Plasenta previa

Ratings: (0)|Views: 3,625|Likes:
Published by ian
askep Plasenta previa
askep Plasenta previa

More info:

Published by: ian on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/16/2013

pdf

text

original

 
 ASKEP
PLASENTA PREVIA
disusun untuk memenuhi tugas mata ajaran Caring
olehPaian Tua
301470108021
PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN
 
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SANTO BORROMEUS2010
PLASENTA PREVIA
A. Pengertian
y
Plasenta previa adalah plasenta yang ada didepan jalan lahir (prae = di depan ; vias = jalan).Jadi yang dimaksud ialah plasenta yang implantasinya tidak normal, rendah sekali hinggamenutupi seluruh atau sebagian ostium internum. (Obstetri Patologi;UNPAD)
y
Plasenta previa adalah posisi plasenta yang berada di segmen posterior maupun anterior,sehingga perkembangan plasenta yang sempurna menutupi os serviks(Helen Varney,janM.Krebs,carolyn L.Gregor;2006)Plasenta previa adalah plasenta yang letaknya abnormal, yaitu pada segmen bawah uterus sehinggadapat menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir.B.
Etiologi
 Plasenta previa meningkat kejadiannya pada keadaan-keadaan yang endometriumnya kurang baik,misalnya karena atrofi endometrium atau kurang baiknya vaskularisasi desidua.Keadaan ini bisa ditemukan pada :1. Multipara, terutama jika jarak antara kehamilannya pendek.2.Mioma uteri.3.Koretasi yang berulang.4.Umur lanjut.5.Bekas seksio sesarea.6.Perubahan inflamasi atau atrofi, misalnya pada wanita perokok atau pemakai kokain. Hipoksemi yangterjadi akibat karbon monoksida akan dikompensasi dengan hipertrofi plasenta. Hal ini terjadi terutamapada perokok berat (lebih dari 20 batang perhari).Keadaan endometrium yang kurang baik menyebabkan plasenta harus tumbuh menjadi luas untukmencukupi kebutuhan janin. Plasenta yang tumbuh meluas akan mendekati atau menutupi ostium uteriinternum.
 
Endometrium yang kurang baik juga dapat menyebabkan zigot mencari tempat implantasi yang lebihbaik, yaitu di tempat yang rendah dekat ostium uteri internum.Plasenta previa juga dapat terjadi pada plasenta yang besar dan yang luas, seperti pada eritroblastosis,diabetes mellitus, atau kehamilan multipel.C.
M
anifestasi klinis
  Anamnesis : Perdarahan jalan lahir berwarna merah segar tanpa rasa nyeri, tanpa sebab, terutama padamultigravida pada kehamilan setelah 20 minggu.Pemeriksaan fisik :a.Pemeriksaan luar, bagian terbawah janin biasanya belum masuk pintu atas panggul, ada kelainan letak janin.b.Pemeriksaan inspekula : perdarahan berasal dari ostium uteri eksternum.Penentuan letak plasenta secara langsung baru dikerjakan bila fasilitas lain tidak ada dilakukan dalamkeadaan siap operasi, disebut pemeriksaan dalam diatas meja operasi (PDMO) caranya sebagai berikut :a.Perabaan forniks. Hanya bermakna bila janin presentasi kepala, sambil mendorong sedikit kepala janinkearah pintu atas panggul, perlahan-lahan raba seluruh forniks dengan jari perabaan lunak bila antara jaridan kepala terdapat plasenta. Bekuan darah dapat dikelirukan dengan plasenta.b.Pemeriksaan melalui kanalis servikalis, setelah pada perabaan forniks dicurigai adanya plasentaprevia. Bila kanalis servikalis telah terbuka, perlahan-lahan masukkan jari telunjuk kedalam kanalisservikalis untuk meraba kotiledon plasenta, jangan sekali-sekali berusaha menyusuri pinggir plasentaseterusnya karena mungkin plasenta akan terlepas dari insersinya.
SOLUTIO PLASENTA
A. Pengertian
y
 
Solutio Plasenta
adalah lepasnya plasenta dengan implantasi normal sebelum waktunya padakehamilan yang berusia di atas 28 minggu. (Arif Mansjoer. Kapita Selekta edisi 3 jilid 1, Media Aeskulapius. 2001).

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
edoprima liked this
Yana Taryana liked this
mikumiku liked this
Khairul Abidin liked this
Khairul Abidin liked this
Iok Adhe liked this
ian added this note|
oke... suskes selalu....
ULpha Baesia added this note|
like knowledge

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->