Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HISTORIA KOTA TEGAL

HISTORIA KOTA TEGAL

Ratings: (0)|Views: 1,237 |Likes:
Published by Sumantri Ndut

More info:

Published by: Sumantri Ndut on Oct 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
 
A.
 
Bangunan Bersejarah B.
 
Sejarah Kota Tegal C.
 
Sejarah Teh Poci D.
 
Tegal Sebelum Abad 19 E.
 
Sejarah Batik Tegal 
 
BANGUNAN BERSEJARAH
Pendopo Ki Gede Sebayu Mesjid Agung Gedung DPRD Gedung Dansiunal 
Kantor Pos Sub Denpom IV Mulo Kantor UPS Menara Air Pasar Pagi 
 
SEJARAH KOTA TEGAL
Kota Tegal merupakan penjelmaan dari sebuah desa yang bernamaTETEGUAL. Pada tahun 1530, Daerah ini telah mengalami banyakkemajuan dan telah menjadi bagian dari wilayah kabupaten Pemalang yangmengakui kerajaan Pajang.Secara historis dijelaskan bahwa eksistensi dari Kota Tegal tidak lepasdari peran Ki Gede Sebayu. Bangsawan ini adalah saudara dari RadenBenowo yang pergi kearah Barat dan sampai di tepian sungai Gung. Melihatkesuburan tanahnya, Ki Gede Sebayu tergugah dan berniat bersama-samapenduduk meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan sertamembuat saluran pengairan. Daerah yang sebagian besar merupakan tanahlading tersebut kemudian dinamakan Tegal.Selain berhasil memajukan pertanian, dia juga merupakan ahli agama yangtelah membimbing warga masyarakat dalam menanamkan rasa keimanankepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas jasanya tersebut, akhirnya diadiangkat menjadi pemimpin dan panutan warga masyarakat. Kemudian olehBupati Pemalang dikukuhkan menjadi sesepuh dengan pangkat Juru Demungatau Demang.Pengangkatan Ki Gede Sebayu menjadi Pemimpin Tegal dilaksanakan padaperayaan tradisional setelah menikmati hasil panen padi dan hasil pertanianlainnya. Perayaan tersebut tepat di bulan punama tanggal 15 sapar tahunEHE 988 yang bertepatan dengan hari jumat kliwon 12 April 1580. Dalamperayaan juga dikembangkan ajaran dan budaya agama islam yang hinggasekarang masih berpengaruh pada kehidupan masyarakat.Hari,tanggal dan tahun Ki Gede Sebayu diangkat menjadi Juru Demung ituditetapkan sebagai hari jadi Kota Tegal dengan peraturan Daerah No.5tahun 1988 tanggal 28 Juli 1988.
Ki Gede Sebayu 
Sebayu, keturunan trah Majapahit yang memilih diam cegah dhahar lawanguling, karena prihatin. Bahkan pada saat suasana makin kacau, Ki AgengNgunut (kakek Sebayu) mendesak Sebayu agar menyelamatkan KerajaanPajang. Namun, Sebayu menolak.Melihat penderitaan manusia akibat perebutan kekuasaan antar keluargaitu tidak kunjung reda, Sebayu malah pilih pamit untuk menyingkir kebarat. Dia melepas atribut kebangsawanannya dan mengembara mencarihakekat hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->