Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Ratings: (0)|Views: 4,440 |Likes:
Published by Arif Rahman

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: Arif Rahman on Oct 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

 
Anda punya tanah yang sedang dalam proses dijual dan bingung membuat surat jual belinya, berikut salah satu contoh surat tersebut.SURAT PERJANJIAN JUAL BELIYang bertanda tangan dibawah ini, saya : Nama : Aping SUmur : 64 TahunPekerjaan : Pensiunan (PNS)Alamat sekarang : Jl. Baros IV No.271 Rt.06/Rw.02Untuk selanjutnya disebut pihak ke I (penjual). Nama : EvinUmur : 37 TahunPekerjaan : Pedagang (Wiraswasta)Alamat sekarang : Jl. Jurang No.411 Rt.016/Rw.012Untuk selanjutnya disebut pihak ke II (pembeli)Pada tanggal 20 Juni 2007 pihak ke I. Telah menjual, lepas/mutlak sebidang tanahdarat seluas 86 M2, berikut sebuah bangunan yang terletak diatas tanah tersebutkepada pihak ke II dengan harga tunai Rp. 41.000.000,- (empat puluh satu jutarupiah). Pembayaran dilakukan dihadapan saksi-saksi dengan tunai.Batas-batas tanah tersebut adalah sebagai berikut :Sebelah barat : Berbatasan dengan tanah halaman haji onoSebelah timur : Berbatasan dengan tanah pak amidSebelah utara : Berbatasan dengan rumah ibu sendiSebelah selatan : Berbatasan dengan jalan gangBangunan terdiri dari :Ukuran panjang dan lebar : 86 M2Atap : AsbesDinding : TemboLantai : Semen (plesteran)Maka, sejak tanggal 20 Juni 2008 Tanah bangunan tersebut diatas telah menjadi hak milik pihak ke II. Pada waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut baik pihak ke I(penjual) maupun pihak ke II (pembeli) juga saksi-saksi semuanya meyatakan satusama lain dalam keadaan sehat wal afiat, baik jasmani maupun rohani, dan segalasesuatu dengan itikad baik.
 
Demikian, setelah keterangan isi jual beli ini dimengerti oleh pihak ke I dan pihak keII, juga saksi-saksi, maka ditanda tanganilah sebagai permulaan saat pemindahan hak milik pihak ke I kepada pihak ke II.Bandung, 10 Juli 1998Tanda tangan masing-masingPihak Ke II (Pembeli) Pihak Ke I (Penjual)(Evin ) (Aping S)Saksi-saksiSaksi Ke I Saksi Ke II Saksi Ke III Saksi Ke IV(Priatna) (Wawan H) (Bambang Eko) (Hakiman)Contoh Surat Kuasa, Perjanjian Jual Beli dan Sewa Menyewa
Contoh Perjanjian Sewa Menyewa : 
PERJANJIAN SEWA-MENYEWA No. ………….. Yang bertanda tangan di bawah ini :1.
 
 Nama ………………. Pekerjaan …………. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama ……….. berkedudukan di ………….. selanjutnya disebut yangmenyewakan;2.
 
 Nama …………… pekerjaan ……………. Alamat ……………….. dalam halini bertindak untuk diri sendiri, selanjutnya disebut penyewa;Dengan ini menerangkan bahwa pihak yang menyewakan adalah pemilik sah sebuahrumah yang terletak di jalan ………… No. ……. Kota ………….. bermaksudmenyewakan rumahnya kepada penyewa dan penyewa bersedia menyewa rumahtersebut dari pihak yang menyewakan berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :Pasal 1(1)
 
Sewa rumah ditetapkan sebesar Rp. …….. (………….) untuk jangka waktusewa …… tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan surat perjanjian ini.
 
(2)
 
Pembayaran sewa rumah dilakukan secara tunai oleh penyewa kepada yangmenyewakan dengan diberikan tanda terima yang sah (kuitansi) segera setelahselesai penandatanganan perjanjian ini.Pasal 2(1)
 
Jika terjadi pembatalan perjanjian ini sebelum rumah tersebut ditempati oleh penyewa, maka uang sewa dikembalikan kepada penyewa dengan dikenakan potongan 10% dari harga sewa sebagai ganti kerugian pemutusan perjanjianini.(2)
 
Jika terjadi pembatalan perjanjian ini sebelum jangka waktu sewa berakhir atas kehendak penyewa sendiri, penyewa tidak dapat menuntut pengembalianuang sewa atau ganti kerugian apapun dari yang menyewakan.(3)
 
Selama jangka waktu sewa, baik sebagian ataupun seluruh jangka waktu sewatersebut, penyewa tidak dibenarkan dan dilarang mengalihsewakan rumahtersebut kepada pihak lain (pihak ketiga), dengan ancaman pembatalan perjanjian disertai dengan pembayaran ganti kerugian kepada yangmenyewakan.Pasal 3(1)
 
Selama waktu sewa, penyewa wajib merawat, memelihara, dan menjagarumah yang disewa itu dengan sebaik-baiknya atas biaya yang ditanggungoleh penyewa sendiri.(2)
 
Jika terjadi kerusakan-kerusakan kecil, atau kerusakan sebagai akibat perbuatan penyewa atau orang yang berada di bawah pengawasannya, makasemua biaya perbaikan dibebankan dan menjadi tanggung jawab penyewasendiri.(3)
 
Jika terjadi kerusakan berat karena kesalahan konstruksi, bencana alam, makatanggung jawab pemilik rumah.(4)
 
Selama waktu sewa, penyewa tidak boleh mengubah, menambah, mengurangi bentuk bangunan rumah yang sudah ada, dengan ancaman membayar gantikerugian kepada yang menyewakan.Pasal 4(1)
 
Penyewa wajib membayar sendiri biaya pemakaian telepon, aliran listrik, air PAM, Pajak Bumi dan Bangunan pada rumah yang disewanya itu.(2)
 
Jika terjadi kerugian akibat kelalaian memenuhi kewajiban dalam ayat (1), penyewa bertanggung jawab mengganti kerugian tersebut.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rudiawan liked this
Welly Pinontoan liked this
Polsek Sosa liked this
Jefri Milan liked this
Adinda N Yunita liked this
Firmansyah Pasha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->