Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Posisi Bayi Sungsang

Posisi Bayi Sungsang

Ratings: (0)|Views: 9,436|Likes:
Published by Muhammad Arief
describe of sungsang
describe of sungsang

More info:

categoriesTopics, Art & Design
Published by: Muhammad Arief on Oct 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
 Posisi Bayi Sungsang, Bahayakah?Mother And Baby Tue, 15 Nov 2005 09:06:00 WIBSaat mendekati masa kelahiran, sekitar minggu ke-37, janin biasanya berputar hingga posisikepala berada di bawah dan siap memasuki jalan lahir. Namun, adakalanya janin mengalamisungsang. Kepalanya di atas atau satu kakinya berada di liang vagina. Apa yang mesti kitalakukan?Bayi Anda makin tumbuh dan bertambah besar hipgga beberapa ming gu menjelang kelahiran.Biasanya antara kehamilan minggu ke-32 dan 34, kepala bayi bisa diraba pada bagian bawah perut di bawah pusar. Beberapa bagian tubuh bayi dapat dirasakan sebelum saat ini. Tetapikepala bayi mungkin belum cukup keras sehingga tidak teraba. Secara bertahap, kepala bayimenjadi lebih keras bersamaan dengan terkumpulnya kalsium pada tengkorak janin.Posisi janin dapat berubah-ubah beberapa kali selama kehamilan. Pada kehamilan minggu ke-34sampai 36, bayi biasanya masuk ke dalam posisi tetap, yaitu kepala berada di bawah dan siapmasuk ke panggul. Namun ada kondisi lain, bukan kepalanya yang masuk ke panggul; tapi pantatatau tungkai bayi yang lebih dahulu masuk ke dalam panggul. Kondisi ini disebut posisisungsang.Jika hingga kehamilan Anda masuk pada usia minggu ke-37, dan bayi belum juga mau beiputar dengan kepala ke bawah, maka perlu segera dilakukan tindakan. Apalagi jika tanda-tandakelahiran sudah mulai tampak. Posisi sungsang masih dianggap normal, jika terjadi padakehamilan awal. Namun, jika masa akhir kehamilan posisi bayi Anda tetap tidak mau berubah,maka dokter akan segera melakukan tindakan, apalagi jika ketuban sudah pecah.
Mengapa Sungsang?
 Posisi sungsang termasuk posisi yang tidak lazim. Ada faktor-faktor tertentu yang dapatmenyebabkan bayi sungsang. Salah satunya adalah prematuritas bayi. Mendekati trimester kedua, bayi memang lazim berada pada posisi sungsang. Biasanya dokter akan menganjurkanagar Anda merawat diri, dengan olahraga teratur dan lain sebagainya, agar bayi mengalamikesempatan untuk mengubah posisinya.Faktor lain penyebab sungsang adalah mengendurnya rahim karena kehamilan-kehamilansebelumnya. Janin multipel, poilihidramnios, hidrosefalus dan ketidaknormalan rahim atau tumor dapat meningkatkan kemungkinan posisi sungsang.Posisi sungsang pun ada beberapa macam, di antaranya adalah sungsang nyata. Ini terjadi jikatungkai bagian bawah terlipat ke arah pinggul sedangkan lutut lurus. Ini merupakan jenissungsang yang umum dijumpai pada saat kelahiran atau menjelang akhir kehamilan. Kaki bayi
 
ke atas di samping wajah atau kepala. Sedangkan sungsang lengkap adalah salah satu atau kedualutut terlipat tidak lurus. Pada sungsang tidak lengkap, salah satu kaki atau lutut masuk ke dalam jalan lahir mendahului bagian tubuh lainnya.Kedua macam posisi sungsang ini akan jelas terlihat dengan pemeriksaan Ultrasonografi (USG).Dengan pemeriksaan USG ini pula, dokter akan dapat memastikan upaya dalam membantu persalinan. Sebab bayi dengan posisi sungsang lebih berbahaya dibanding dengan bayi yang lahir dalam posisi yang semestinya. Karena kepala belum tertekan melalui saluran kehamilan, maka bagian atas kepala yang lebih besar dari bagian bawahnya akan lebih sukar untuk dikeluarkan.Kecuali jika daya tampung pelvis memungkinkan.Karena bagian kaki bayi lebih dekat dengan tali pusat, bila dibandingkan dengan kepalanya,maka ada kemungkinan besar tall pusat itu akan melingkari sang bayi secara tak langsung danmenuju vagina. Bila ini terjadi mungkin kebutuhan oksigen bayi akan tersendat-sendat. Waktu bersalinnya sendiri tidak akan jadi rumit kalau ukuran pelvis sudah memadai.Memang menurut tradisi kehamilan, sungsang dapat diperbaiki dengan cara sering nungging atausujud dan lain sebagainya. Namun, adakalanya upaya tersebut tidak membuahkan hasil.Sungsang masih dapat kembali normal jika usia kehamilan masih tergolong muda. Kemungkinanuntuk terjadi sungsang kembali juga masih ada, karena secara proposional jumlah cairan dengantubuh janin masih lebih besar.Jika sungsang terjadi hingga akhir kehamilan, apalagi hingga menimbulkan keluhan pada si ibu,maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter yang biasa merawat Anda: Kehamilan tetapdapat dipertahankan apabila reposisi tidak menimbulkan keluhan atau beban bagi si ibu. Tetapi bila hal tersebut tidak dapat dilakukan maka kehamilan harus segera diakhiri de-ngari jalanoperasi. Pada kasus sungsang yang . menetap, maka kelahiran tidak bisa secara alamiah karenasulit untuk mengeluarkan bayi dan pilihannya adalah operasi caesar.Bedah cesar dilakukan bila posisi kaki atau pantat si bayi muncul terlebih dahulu. Mengeluarkan bahu dan kepala setelah badan bayi, dapat menyebabkan kerusakan pada kepala atau leher si bayi. Bedah cesar merupakan metode paling aman untuk mengeluarkan janin dengan posisisungsang ini.
A
gar Bayi Tidak Sungsang
 1.
 
Pastikan bahwa saat hamil, Anda dalam kondisi tubuh yang sehat.2.
 
Periksalah kehamilan nda secara rutin ke dokter kandungan, termasuk melakukan USGsetiap masa kehamilan.3.
 
Upayakan agar nutrisi Anda selama hamil terpenuhi dengan baik. Makanlah makanandengan gizi yang seimbang. Jika perlu konsumsi susu, vitamin atau suplemen bagikehamilan.4.
 
Ada baiknya melakukan senam kehamilan, karena gerakan-gerakan tubuh tertetu dapatmembantu berputarnya letak posisi janin.
 
5.
 
Berdoalah, karena dengan berdoa Anda akan melewati kehamilan dengan sehat dansenang hati.
J
ika Bayi
A
nda Sungsang
 1.
 
Jika waktu melahirkan Anda anggap lama, maka upayakan dengan gerakan-gerakantertentu agar bayi Anda berubah posisi.2.
 
Jika waktu melahirkan Anda telah dekat, segera setelah mengetahui bayi Anda dalam posisi sungsang, maka bicarakanlah hal itu pada dokter Anda. Ketika masuk rumah sakit beritahu petugas paramedis atau perawat bahwa kondisi bayi Anda dalam posisisungsang.3.
 
Jika dalam kondisi ini dokter menyarankan untuk bedah cesar, jangan menunda lagi dan berharap untuk melahirkan secara normal. Menunda waktu persalinan, bukan saja berbahaya bagi janin, tapi juga berbahaya bagi Anda sendiri
Bayi Sungsang?
J
angan Panik Dulu
Posted:2009-03-12 13:18:16Setiap Bunda yang sedang hamil pasti ingin buah hati dalam kandungannyasehat dan mengharapkan lancar saat melahirkan kelak. Tapi bagaimana bila posisi bayi sungsang, apakah proses kelahiran bias berjalan lancar? Menurutdr. Nugroho Kampono SpOG (K) yang praktek di Brawijaya Women &Children Hospital, bayi memiliki kecenderungan 5-7% berada dalam posisi bokong di bawah atau biasa kita kenal dengan istilah sungsang.
Penyebabnya :
 1.
 
L
etak plasenta
L
etak plasenta yang menutupi rongga panggul menghalangi kepala bayi masuk ke arahsana.2.
 
Terlilit tali pusatTubuh bayi yang terlilit tali pusat menyulitkannya berputar sehingga posisi kepala tetapdi bawah3.
 
Jumlah air ketubanAir ketuban yang terlalu banyak membuat bayi labil dalam perut, sedangkan air ketubanyang terlalu sedikit juga menyulitkan bayi untuk berputar 4.
 
Panggul Bunda terlalu sempitsaat kepala bayi hendak masuk ia terhalang rongga panggul yang terlalu sempit sehinggasaat ia bergerak lagi posisi bisa berputar dan menyebabkan bokong berada di bawah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->