Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ILMU WARIS

ILMU WARIS

Ratings: (0)|Views: 419 |Likes:

More info:

Published by: Azharul Fazri Siagian on Oct 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
HUKUM waris Islam yang dibawa Nabi Muhammad saw. telah mengubahhukum waris Arab pra-Islam dan sekaligus merombak struktur hubungankekerabatannya, bahkan merombak sistem pemilikan masyarakat tersebut atasharta benda, khususnya harta pusaka. Sebelumnya, dalam masyarakat Arabketika itu, wanita tidak diperkenankan memiliki harta benda --kecuali wanitadari kalangan elite-- bahkan wanita menjadi sesuatu yang diwariskan.Islam merinci dan menjelaskan --melalui Al-Qur'an Al-Karim-- bagian tiap-tiap ahli waris dengan tujuan mewujudkan keadilan didalam masyarakat.Meskipun demikian, sampai kini persoalan pembagian harta waris masihmenjadi penyebab timbulnya keretakan hubungan keluarga. Ternyata,disamping karena keserakahan dan ketamakan manusianya, kericuhan itusering disebabkan oleh kekurangtahuan ahli waris akan hakikat waris dancara pembagiannya.Kekurangpedulian umat Islam terhadap disiplin ilmu ini memang tidak kita pungkiri, bahkan Imam Qurtubi telah mengisyaratkannya: "Betapa banyak manusia sekarang mengabaikan ilmu faraid."Atas dasar itulah kami terpacu untuk menerbitkan buku Pembagian Warismenurut Islam. Mudah-mudahan apa yang kami persembahkan kepada pembaca menjadi suatu amal kebajikan dan menjadi bukti ketaatan kepadaAllah dan Rasul-Nya.
 
B.
 
Tujuan Makalah
Makalah ini dibuat sebagai :a.
 
Sebagai salah satu tugas pada mata kuliah AIK. b.
 
Untuk mengetahui hokum-hukum ataupun aturan-aturan tentang warisan/ilmu faraidh.
 
BAB II
 
PEMBAHASANPentingnya ilmu Faraidh
 Ilmu Faraidh termasuk ilmu yang paling mulia tingkat bahayanya, paling tinggikedudukannya, paling besar ganjarannya, oleh karena pentingnya, bahkan sampaiAllah sendiri yang menentukan takarannya, Dia terangkan jatah harta warisanyang didapat oleh setiap ahli waris, dijabarkan kebanyakannya dalam beberapaayat yang jelas, karena harta dan pembagiannya merupakan sumber ketamakan bagi manusia, sebagian besar dari harta warisan adalah untuk pria dan wanita, besar dan kecil, mereka yang lemah dan kuat, sehingga tidak terdapat padanyakesempatan untuk berpendapat atau berbicara dengan hawa nafsu. Oleh sebab itu Allah-lah yang langsung mengatur sendiri pembagian sertarincianya dalam Kitab-Nya, meratakannya diantara para ahli waris sesuai dengankeadilan serta maslahat yang Dia ketahui.
Manusia memiliki dua keadaan
: keadaan hidup dan keadaan mati, kebanyakanhukum yang ada dalam ilmu Faraidh berhubungan dengan mati, maka Faraidh bisa dikatakan setengah dari ilmu yang ada, seluruh orang pasti butuh kepadanya.Pada zaman Jahiliyyah dahulu, mereka hanya membagikan harta untuk orang-orang dewasa tanpa memberi kepada anak-anak, kepada laki-laki saja tidak kepada wanita, sedangkan Jahiliyyah pada zaman ini memberikan jatah kepada para wanita apa-apa yang bukan hak mereka dari kedudukan, pekerjaan maupunharta, sehingga bertambahlah kerusakan, sedangkan Islam telah berbuat adilkepada wanita dan memuliakannya, memberikan hak yang sesuai untuk merekaseperti pemberian kepada lainnya.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Luk Pux liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->