Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
58Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 18/2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

UU 18/2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Ratings:

4.67

(12)
|Views: 5,479 |Likes:
Published by Eddy Satriya

More info:

Published by: Eddy Satriya on Jul 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 18 TAHUN 2008 TENTANGPENGELOLAAN SAMPAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa pertambahan penduduk dan perubahan polakonsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnyavolume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakinberagam;b. bahwa pengelolaan sampah selama ini belum sesuaidengan metode dan teknik pengelolaan sampah yangberwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampaknegatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan;c. bahwa sampah telah menjadi permasalahan nasionalsehingga pengelolaannya perlu dilakukan secarakomprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agarmemberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagimasyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapatmengubah perilaku masyarakat;d. bahwa dalam pengelolaan sampah diperlukan kepastianhukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenanganPemerintah, pemerintahan daerah, serta peranmasyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaansampah dapat berjalan secara proporsional, efektif, danefisien;e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf dperlu membentuk Undang-Undang tentang PengelolaanSampah;Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 28H ayat (1), dan Pasal 33ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;Dengan . . .
 
 
- 2 -Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH.BAB IKETENTUAN UMUMBagian KesatuDefinisiPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusiadan/atau proses alam yang berbentuk padat.2. Sampah spesifik adalah sampah yang karena sifat,konsentrasi, dan/atau volumenya memerlukanpengelolaan khusus.3. Sumber sampah adalah asal timbulan sampah.4. Penghasil sampah adalah setiap orang dan/atau akibatproses alam yang menghasilkan timbulan sampah.5. Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis,menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputipengurangan dan penanganan sampah.6. Tempat penampungan sementara adalah tempat sebelumsampah diangkut ke tempat pendauran ulang,pengolahan, dan/atau tempat pengolahan sampahterpadu.7. Tempat pengolahan sampah terpadu adalah tempatdilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan,penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, danpemrosesan akhir sampah.8. Tempat . . .
 
 
- 3 -8. Tempat pemrosesan akhir adalah tempat untukmemroses dan mengembalikan sampah ke medialingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.9. Kompensasi adalah pemberian imbalan kepada orang yang terkena dampak negatif yang ditimbulkan olehkegiatan penanganan sampah di tempat pemrosesanakhir sampah.10. Orang adalah orang perseorangan, kelompok orang,dan/atau badan hukum.11. Sistem tanggap darurat adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengendalian yangmeliputi pencegahan dan penanggulangan kecelakaanakibat pengelolaan sampah yang tidak benar.12. Pemerintah pusat yang selanjutnya disebutPemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yangmemegang kekuasaan pemerintahan Negara RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.13. Pemerintah daerah adalah gubernur, bupati, atauwalikota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.14. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang pengelolaan lingkungan hidup
 
dan di bidang pemerintahan lain yang terkait
.
Bagian KeduaRuang LingkupPasal 2(1) Sampah yang dikelola berdasarkan Undang-Undang initerdiri atas:a. sampah rumah tangga;b. sampah sejenis sampah rumah tangga; danc. sampah spesifik.(2) Sampah rumah tangga sebagaimana dimaksud pada ayat(1) huruf a berasal dari kegiatan sehari-hari dalam rumahtangga, tidak termasuk tinja dan sampah spesifik.(3) Sampah . . .

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
asepsupriadi liked this
AdEe NEa Neoo liked this
Arya Pradipta liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->