Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
165Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 14/2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

UU 14/2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Ratings:

4.8

(5)
|Views: 11,956 |Likes:
Published by Eddy Satriya

More info:

Published by: Eddy Satriya on Jul 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANGKETERBUKAAN INFORMASI PUBLIKDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiaporang bagi pengembangan pribadi dan lingkungansosialnya serta merupakan bagian penting bagiketahanan nasional;b.
 
bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasimanusia dan keterbukaan informasi publik merupakansalah satu ciri penting negara demokratis yangmenjunjung tinggi kedaulatan rakyat untukmewujudkan penyelenggaraan negara yang baik;c.
 
bahwa keterbukaan informasi publik merupakansarana dalam mengoptimalkan pengawasan publikterhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publiklainnya dan segala sesuatu yang berakibat padakepentingan publik;d.
 
bahwa pengelolaan informasi publik merupakan salahsatu upaya untuk mengembangkan masyarakatinformasi;e.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d,perlu membentuk Undang-Undang tentangKeterbukaan Informasi Publik;Mengingat : Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28 F, dan Pasal 28 J Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAM E M U T U S K A N:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG KETERBUKAAN INFORMASIPUBLIK.BAB I …
 
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan,dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, danpesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yangdapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikandalam berbagai kemasan dan format sesuai denganperkembangan teknologi informasi dan komunikasisecara elektronik ataupun nonelektronik.2.
 
Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan,disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima olehsuatu badan publik yang berkaitan denganpenyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/ataupenyelenggara dan penyelenggaraan badan publiklainnya yang sesuai dengan Undang-Undang ini sertainformasi lain yang berkaitan dengan kepentinganpublik.3.
 
Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugaspokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dariAnggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atauAnggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atauorganisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atauseluruh dananya bersumber dari AnggaranPendapatan dan Belanja Negara dan/atau AnggaranPendapatan dan Belanja Daerah, sumbanganmasyarakat, dan/atau luar negeri.4.
 
Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yangberfungsi menjalankan Undang-Undang ini danperaturan pelaksanaannya, menetapkan petunjukteknis standar layanan informasi publik danmenyelesaikan sengketa informasi publik melaluimediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi.5.
 
Sengketa Informasi Publik adalah sengketa yangterjadi antara badan publik dan pengguna informasipublik yang berkaitan dengan hak memperoleh danmenggunakan informasi berdasarkan perundang-undangan.6. Mediasi
 
 
- 3 -6.
 
Mediasi adalah penyelesaian sengketa informasipublik antara para pihak melalui bantuan mediatorkomisi informasi.7.
 
Ajudikasi adalah proses penyelesaian sengketainformasi publik antara para pihak yang diputus olehkomisi informasi.8.
 
Pejabat Publik adalah orang yang ditunjuk dandiberi tugas untuk menduduki posisi atau jabatantertentu pada badan publik.9.
 
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalahpejabat yang bertanggung jawab di bidangpenyimpanan, pendokumentasian, penyediaan,dan/atau pelayanan informasi di badan publik.10.
 
Orang adalah orang perseorangan, kelompok orang,badan hukum, atau badan publik sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang ini.11.
 
Pengguna Informasi Publik adalah orang yangmenggunakan informasi publik sebagaimana diaturdalam Undang-Undang ini.12.
 
Pemohon Informasi Publik adalah warga negaradan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukanpermintaan informasi publik sebagaimana diaturdalam Undang-Undang ini.BAB IIASAS DAN TUJUANBagian KesatuAsasPasal 2(1)
 
Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapatdiakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik.(2)
 
Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat danterbatas.(3)
 
Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiapPemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepatwaktu, biaya ringan, dan cara sederhana.(4) Informasi …

Activity (165)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adrin777 liked this
Ruslan Arief Bm liked this
Zul Zulkifli added this note
Mohon ijin untuk ikut download, Terima kasih banyak.
Muni Eli liked this
gina_nur liked this
Niartha Kota liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->