Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
70Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Autisme pada anak

Askep Autisme pada anak

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,670 |Likes:
Published by ian
Askep Autisme pada anak
Askep Autisme pada anak

More info:

Published by: ian on Oct 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
A
suhan Keperawatan Anak Dengan Autisme
1
ASKEP AUTISME PADA ANAK 
M
AKALAH
disusun untuk memenuhi tugas mata ajaran anak
ol
ehke
l
as santa teresa
PROGRA
M
STUDI DIII KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI IL
M
U KESEHATAN SANTO BORRO
M
EUS2010
 
 
A
suhan Keperawatan Anak Dengan Autisme
2
ASKEP AUTISME PADA ANAK
A. PENGERTIAN
Autisme masa kanak-kanak dini adalah penarikan diri dan kehilangan kontak denganrealitas atau orang lain. Pada bayi tidak terlihat tanda dan gejala.(Sacharin, R, M, 1996 : 305)
Autisme Infantil adalah Gangguan kualitatif pada komunikasi verbal dan non verbal,aktifitas imajinatif dan interaksi sosial timbal balik yang terjadi sebelum usia 30 bulan.(Behrman, 1999: 120)
Autisme menurut Rutter 1970 adalah Gangguan yang melibatkan kegagalan untukmengembangkan hubungan antar pribadi (umur 30 bulan), hambatan dalampembicaraan, perkembangan bahasa, fenomena ritualistik dan konvulsif.(Sacharin, R, M, 1996: 305)
 
Autisme
adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masabalita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial ataukomunikasi yang normal(kelompok 5)(sumber:
http://www.resepk
o
mp
l
it.c
o
m/wp-c
o
ntent/up
lo
ads/2010/01/anak-autisme.jpg)
B
. INSIDEN
 Autisme didapatkan pada sekitar 20 per 10.000 penduduk, dan pria lebih sering dariwanita dengan perbandingan 4:1, namun anak perempuan yang terkena akan menunjukkangejala yang lebih berat. Beberapa penyakit sistemik, infeksi dan neurologis menunjukkangejala-gejala seperti-austik atau memberi kecendrungan penderita pada perkembangangejala austik. Juga ditemukan peningkatan yang berhubungan dengan kejang
 
 
A
suhan Keperawatan Anak Dengan Autisme
3
C
. JENIS- JENIS AUTISMEAutisme
dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder R-IV merupakansalah satu dari lima jenis gangguan dibawah lingkup PDD (
Perpasive Development Disorder 
)di luar ADHD (
 Attention Deficit Hyperactivity Disorder 
) dan ADD (
 Attention Deficit Disorder 
).Gangguan perkembangan perpasiv (PDD) adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkanbeberapa kelompok gangguan perkembangan di bawah lingkup PDD, yaitu:
1.
Autistic Disorder (Autism) Muncul sebelum usia 3 tahun dan ditunjukkan adanyahambatan dalam interaksi sosial, komunikasi dan kemampuan bermain secara imaginatiserta adanya perilaku stereotip pada minat dan aktivitas.
2
.
Asperger¶s Syndrome Hambatan perkembangan interaksi sosial dan adanya minat danaktivitas yang terbatas, secara umum tidak menunjukkan keterlambatan bahasa danbicara, serta memiliki tingkat intelegensia rata-rata hingga di atas rata-rata.
3.
Pervasive Developmental Disorder ± Not Otherwise Specified (PDD-NOS) Merujuk padaistilah atypical autism, diagnosa PDD-NOS berlaku bila seorang anak tidak menunjukkankeseluruhan kriteria pada diagnosa tertentu (Autisme, Asperger atau Rett Syndrome).
4.
Rett¶s Syndrome Lebih sering terjadi pada anak perempuan dan jarang terjadi pada anaklaki-laki. Sempat mengalami perkembangan yang normal kemudian terjadikemunduran/kehilangan kemampuan yang dimilikinya; kehilangan kemampuanfungsional tangan yang digantikan dengan gerakkan-gerakkan tangan yang berulang-ulang pada rentang usia 1 ± 4 tahun.
5.
Childhood Disintegrative Disorder (CDD) Menunjukkan perkembangan yang normalselama 2 tahun pertama usia perkembangan kemudian tiba-tiba kehilangankemampuan-kemampuan yang telah dicapai sebelumnya.
D. PENYE
B
A
B
 
Penyebab autis belum diketahui secara pasti. Beberapa ahli menyebutkan autisdisebabkan karena multifaktorial. Beberapa peneliti mengungkapkan terdapat gangguanbiokimia, ahli lain berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh gangguan psikiatri/jiwa. Ahlilainnya berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh karena kombinasi makanan yang salahatau lingkungan yang terkontaminasi zat-zat beracun yang mengakibatkan kerusakan padausus besar yang mengakibatkan masalah dalam tingkah laku dan fisik termasuk autis. Penyebab Autisme diantaranya :a. Genetik (80% untuk kembar monozigot dan 20% untuk kembar dizigot) terutama padakeluarga anak austik (abnormalitas kognitif dan kemampuan bicara).b. Kelainan kromosim (sindrom x yang mudah pecah atau fragil).c. Neurokimia (katekolamin, serotonin, dopamin belum pasti).

Activity (70)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
niputu_jeny liked this
Yunik Unak liked this
Ait Riswanto liked this
Dewa Ayoe Praba liked this
fagiwahyuanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->