Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lapsus Partus Kasep Putri

Lapsus Partus Kasep Putri

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 2,894|Likes:
Published by PuTri MaHarani
case report about neglected labor
case report about neglected labor

More info:

Categories:Types, Letters
Published by: PuTri MaHarani on Oct 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2012

pdf

text

original

 
LAPORAN KASUS OBSTETRIPARTUS KASEP
OLEH:PUTRI MAHARANIH1A 003 035PEMBIMBING:
dr. Agus Thoriq, SpOG
DALAM RANGKA MENGIKUTI KEPANITERAAN KLINIK MADYAOBSTETRI GINEKOLOGIFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM2010
 
BAB ITINJAUAN PUSTAKA
Pendahuluan
Barometer pelayanan kesehatan ibu di suatu negara dapat ditunjukkan denganAngka kematian Ibu (AKI). Semakin rendah AKI berarti pelayanan kesehatan ibusemakin baik. Namun Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia merupakan yang tertinggidi bandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Berbagai faktor yang terkait dengan risikoterjadinya komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan dan cara pencegahannyatelah diketahui, namun demikian jumlah kematian ibu dan bayi masih tetap tinggi.Menurut survey demografi dan kesehatan Indonesia (SDKI) angka kematian ibu (AKI) pada 2002 dan 2003 mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup, yang berarti pelayanankesehatan ibu di Indonesia masih perlu peningkatan pelayanan, sudah barang tentu hal iniharus di benahi dengan berbagai pendekatan.
1
Pada hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SKDI) tahun 2002-2003dilaporkan dari seluruh persalinan, 64% ibu tidak mengalami komplikasi selama persalinan, persalinan lama sebesar 31%, perdarahan berlebihan sebesar 7%, infeksisebesar 5%. Pada ibu yang melahirkan melalui bedah sesarea lebih cenderungmelaporkan komplikasi 59%, yang sebagian besar merupakan persalinan lama (42%).Untuk bayi yang meninggal dalam satu bulan setelah dilahirkan, 39% ibu melaporkankarena komplikasi termasuk persalinan lama (30%), perdarahan berlebihan 12% daninfeksi (10%).
2
Pada umumnya persalinan yang mengalami kesulitan untuk berjalan spontannormal seperti partus lama, distosia atau komplikasi lain disebabkan oleh banyak faktor yang kompleks, misalnya ketidaktahuan akan bahaya persalinan, keterampilan yangkurang, sarana yang tidak memadai, masih tebalnya kepercayaan pada dukun sertarendahnya pendidikan dan rendahnya keadaan sosial ekonomi rakyat.
2
Proses persalinan dipengaruhi oleh bekerjanya 3 faktor yang berperan yaitukekuatan mendorong janin keluar (power), yang meliputi his (kekuatan uterus), kontraksiotot dinding perut, kontraksi diafragma dan ligamentum action, faktor lain adalah faktor  janin (passanger), faktor jalan lahir (passage) dan faktor provider maupun psikis. Apabila
 
semua faktor ini dalam keadaan baik, sehat dan seimbang, maka proses persalinan akan berlangsung secara spontan/normal. Namun apabila salah satu dari faktor tersebutmengalami kelainan, misalnya keadaan yang menyebabkan his tidak adekuat, kelainan pada bayi, kelainan jalan lahir, kelainan provider ataupun gangguan psikis maka persalinan tidak dapat berjalan secara normal.
2
Partus lama masih merupakan suatu masalah di Indonesia, karena seperti kitaketahui, bahwa 80% dari persalinan masih ditolong oleh dukun. Dan baru sedikit sekalidari dukun beranak ini yang telah ditatar sekedar mendapat kursus dukun. Karenanyakasus-kasus partus kasep masih banyak dijumpai, dan keadaan ini memaksa kita untuk  berusaha menurunkan angka kematian ibu maupun anak. Yang sangat ideal tentunya bagaimana mencegah terjadinya partus kasep. Bila persalinan berlangsung lama, dapatmenimbulkan komplikasi-komplikasi baik terhadap ibu maupun terhadap anak, dan dapatmeningkatkan angka kematian ibu dan anak.
3
Definisi
Partus lama: adalah persalinan yang berlangsung lebih dari 24 jam pada primi,dan lebih dari 18 jam pada multi. Sedangkan partus kasep adalah merupakan fase terakhir dari suatu partus yang macet dan berlangsung terlalu lama sehingga timbul komplikasi pada ibu dan atau janin, seperti dehidrasi, infeksi, kelelahan ibu, serta asfiksia danKematian Janin Dalam Kandungan (KJDK). Harus pula kita bedakan dengan partus tak maju, yaitu suatu persalinan dengan his yang adekuat yang tidak menunjukkan kemajuan pada pembukaan serviks, turunnya kepala, dan putar paksi selama 2 jam terakhir.Persalinan pada primitua biasanya lebih lama. Pendapat umum ada yang mengatakan bahwa persalinan banyak terjadi pada malam hari, ini disebabkan kenyataan bahwa biasanya persalinan berlangsung selama 12 jam atau lebih, jadi permulaan dan berakhirnya partus biasanya malam hari. Insiden partus lama menurut penelitian adalah2,8-4,9%.
3,7
Etiologi
Ada beberapa faktor yang berperan dalam persalinan yaitu :
2,4,,5,8
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->