Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PMK 76 2008 Ttg Pedoman Akuntansi BLU

PMK 76 2008 Ttg Pedoman Akuntansi BLU

Ratings: (0)|Views: 1,209|Likes:
Published by slamy09

More info:

Published by: slamy09 on Oct 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/15/2010

pdf

text

original

 
 
PERATURAN MENTERI KEUANGANNOMOR 76/PMK.05/2008TENTANGPEDOMAN AKUNTANSI DAN PELAPORAN KEUANGANBADAN LAYANAN UMUMMENTERI KEUANGAN,Menimbang : a.
 
bahwa dalam rangka pelaksanaan pengembangan danpenerapan sistem akuntansi Badan Layanan Umum yangmengacu pada standar akuntansi yang berlakusebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BadanLayanan Umum, perlu diatur ketentuan mengenaipedoman akuntansi dan pelaporan keuangan BadanLayanan Umum;b.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan MenteriKeuangan tentang Pedoman Akuntansi dan PelaporanKeuangan Badan Layanan Umum;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang KeuanganNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4286);2.
 
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentangPerbendaharaan Negara (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4355);3.
 
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentangPemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab KeuanganNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004No. 66, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2004 No. 4400);4.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentangPengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 48,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor4502);5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tentangStandar Akuntansi Pemerintahan (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2005 Nomor 49, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4503);
SALINAN
 
 
6.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentangPelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor25, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4614);7.
 
Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2005;8.
 
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan KeuanganPemerintah Pusat;MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG PEDOMANAKUNTANSI DAN PELAPORAN KEUANGAN BADANLAYANAN UMUM.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri Keuangan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Badan Layanan Umum, yang selanjutnya disingkat BLU,adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untukmemberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaanbarang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakanmencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannyadidasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.2.
 
Standar Akuntansi Keuangan, yang selanjutnya disingkat SAK,adalah prinsip akuntansi yang ditetapkan oleh ikatan profesiakuntansi Indonesia dalam menyusun dan menyajikan laporankeuangan suatu entitas usaha.3.
 
Sistem akuntansi BLU adalah serangkaian prosedur manualmaupun yang terkomputerisasi mulai dari prosespengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran dan pelaporankeuangan BLU.4.
 
Standar Akuntansi Pemerintahan, yang selanjutnya disingkatSAP, adalah prinsip-prinsip akuntansi yang ditetapkan dalammenyusun dan menyajikan laporan keuangan Pemerintah.5.
 
Laporan Keuangan adalah bentuk pertanggungjawaban BLUberupa Laporan Realisasi Anggaran/Laporan Operasional,Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas LaporanKeuangan.
 
 
6.
 
Laporan Realisasi Anggaran adalah laporan yang menyajikaninformasi realisasi pendapatan, belanja, transfer,surplus/defisit dan pembiayaan, sisa lebih/kurangpembiayaan anggaran yang masing-masing diperbandingkandengan anggarannya dalam satu periode.7.
 
Laporan Arus Kas adalah laporan yang menyajikan informasiarus masuk dan keluar kas selama periode tertentu yangdiklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, aktivitasinvestasi, dan aktivitas pembiayaan.8.
 
Neraca adalah laporan yang menyajikan informasi posisikeuangan BLU yaitu aset, utang dan ekuitas pada tanggaltertentu.9.
 
Catatan atas Laporan Keuangan adalah laporan yangmenyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar terinciatau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam LaporanRealisasi Anggaran/Laporan Operasional, Neraca, danLaporan Arus Kas dalam rangka pengungkapan yangmemadai.10.
 
Bagan Akun Standar adalah daftar perkiraan buku besar yangditetapkan dan disusun secara sistematis untuk memudahkanperencanaan dan pelaksanaan anggaran, serta pembukuan danpelaporan keuangan pemerintah.11.
 
Rekonsiliasi adalah proses pencocokan data transaksikeuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistemyang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.BAB IISTANDAR AKUNTANSI KEUANGAN BLUPasal 2(1)
 
BLU menerapkan standar akuntansi keuangan yang diterbitkanoleh asosiasi profesi akuntansi Indonesia sesuai dengan jenisindustrinya.(2)
 
Dalam hal tidak terdapat standar akuntansi sebagaimanadimaksud pada ayat (1), BLU dapat mengembangkan standarakuntansi industri yang spesifik dengan mengacu padapedoman akuntansi BLU sebagaimana ditetapkan dalamLampiran Peraturan Menteri Keuangan ini.(3)
 
Standar akuntansi sebagaimana dimaksud pada ayat (2)ditetapkan menteri/pimpinan lembaga setelah mendapatkanpersetujuan Menteri Keuangan.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
idhoeySW liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->