Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Auto Fan 2

Makalah Auto Fan 2

Ratings: (0)|Views: 1,377 |Likes:
Published by Barbie Love Endutz

More info:

Published by: Barbie Love Endutz on Oct 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
Latar belakang yang mendorong diciptakannya Auto Fan adalah karenameningkatnya suhu atau tekanan udara di dalam bumi yang kita tempati ini. Dankarena suhu atau tekanan udara berbeda - beda antara satu ruangan yang satudengan yang lain mungkin dengan alat ini kita dapat menanggulanginya. Karenaalat yang kami buat ini bekerja berdasarkan sensitifan dari sebuah sensor ( dalampercobaan kami menggunakan sensor jenis LM 335 ) dimana sensor ini akan-memutarkan sebuah kipas secara otomatis pada suatu suhu tertentu. Maka alatini sangat membantu dalam berbagai aktifitas. Dahulu manusia masihmenggunakan kipas tangan atau kipas yang biasa digunakan oleh kaum ibu - ibuuntuk mendinginkan nasi pada saat memasak. Kipas tangan ini hanya terbuat darisebuah selembaran daun rotan yang di anyam sedemikian rupa hingga membuatsuatu bidang datar yang tipis. Seiring dengan perkembangan zaman danperkembangan ilmu pengetahuan maka akhirnya salah satu ilmuan menemukanbagaimana caranya membuat kipas angin. Kipas angin tersebut adalah kipas yangsering kita pergunakan hingga kini. Dimana cara bekerjanya yaitu dengan caramengalirkan arus listrik dimana arus listrik ini akan akan memutarkan dynamomotor yang berada di dalam kipas tersebut dimana dynamo tersebut berhubungandengan baling - baling sehingga baling - baling dapat memutar. Tetapi ternyatailmu pengetahuan tidak hanya sampai pada kipas angin itu saja. Dewasa ini orang- orang pintar atau jenius diluar sana ternyata telah menciptakan alat canggihyang diberi atau sering disebut sebagai AC. AC ini adalah alat pendingin ruanganfungsinya hampir sama dengan kipas anginnya, hanya dalam hal ini alat ini tidakmengalirkan atau memberikan angin yang dapat bertiup kencang tetapi AC inibekerja dengan cara menyedot udara sekitar yang bersuhu tinggi danmengubahnya dengan udara yang bersuhu rendah. Dan alat ini menggunakansensor dalam pengerjaannya.
1
 
Dan dari pemikiran tersebut tercipta sebuah gagasan untuk membuat alatyang bermama Auto Fan With LM 335. Karena alat ini akan memutarkan baling -baling dimana baling - baling tersebut akan berputar apabila sensor LM 335bersuhu tinggi, mungkin dapat dikatakan cara kerja alat yang dibuat ini hampir sama dengan cara kerja AC. Hanya saja alat penunjangnya atau komponenpenunjangnya dengan menggunakan baling - baling atau kipas dimana kipas iniakan mengalirkan atau memberikan angin dan bukan merubah suhu udara sekitar.
1.2. BATASAN MASALAH
Alat yang kami buat dengan Hama Auto Fan With LM 335 ini memangmempunyai kelebihan dan kekurangannya yaitu :
Kelebihan
Alat ini dapat kita gunakan pada sebuah alat elektronik, sehingga dapatmembantu alat elektronik tersebut agar tidak cepat atau gampang rusak. Karenaalat ini bekerja berdasarkan sensor panas pada suhu tertentu maka alat ini dapatmembantu dalam mendinginkan alat tersebut apabila terjadi pemanasan suhuyang disebabkan pemakaian yang berlebihan sehingga membuat alat elektroniktersebut panas. Dengan alat ini mudah - mudahan dapat membuat alat tersebutlebih tahan lama.
Kekurangan
Walaupun alat ini memiliki kelebihan namun alat ini tidak akan luput darikekurangan. Kekurangan alat ini adalah alat ini tidak dapat kita pergunakan untukatau sebagai pendingin suhu ruangan, dikarenakan komponen - komponen yangnilainya terbatas dan kecilnya kipas tersebut. Karena alat ini memang kami buatbukan untuk sebagai pendingin ruangan.
2
 
1.3. TUJUAN PENULISAN
Makalah yang berjudul Auto Fan With LM 335 ini disusun berdasarkanpetunjuk atau referensi dari Auto Fan yang telah kami buat. Kami membuatmakalah ini agar dapat mempermudah dalam pengopersasian alat kami tersebut.Selain itu kami juga memperkenalkan seluk — beluk serta manfaat dari Auto FanLM 335 yang kami buat. Di dalam makalah ini kami juga akan menerangkan darimulai cara pembuatan layout hingga saat rangkaian kami ini rampung dan dapatdipergunakan. Di dalam makalah ini kami juga membuat cara kerja Auto Fansecara blok diagram hingga secara detailnya. Selain itu kami juga kanmenerangkan latar belakang kami makalah ini. Dan tidak hanya itu kami juga akanmembuat alat ini dari tidak kenal hingga dapat dikenal oleh sebagian banyakorang dan mendorong mereka untuk membuat sehingga dapat merekapergunakan manfaatnya.
1.4. METODE PENULISAN
Adapun metode yang kami pergunakan dalam membuat makalah ini yaitusebagai berikut berikut:Pertama — tama kami mengamati dan memahami bagaimana cara kerjadan cara pembuatan Auto Fan With LM 335. setelah itu baru kita mulai membuatrancangan layout hingga penyusunan rangkaian. Seterusnya kami mengamatibagaimana hasil output dari alat kami dan apakah terdapat kekurangannya atautidak .Kedua kami mancari data data dalam menyusun makalah ini dariberbagai sumber. Mulai dari buku serta media informasi lainnya seperti internetuntuk mendapatkan materi yang dapat berhubungan dengan proyek rangkaianyang kami buat yaitu Auto Fan With LM 335.Tidak hanya itu kami juga mengumpulkan berbagai macam ide -ide serta pemikiran
 
berbagai sumber dan sudut pandang oleh orang -orang atau pihak mengerti dan
 
faham tentang alat kami tersebut.
3

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Neon Phoerba liked this
Aldi Kristianto liked this
Errick San Desu liked this
pepel53ti4w4n liked this
Yuni Rafika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->