Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
2.KOMORG-ias(2)

2.KOMORG-ias(2)

Ratings: (0)|Views: 337|Likes:
Published by jusmantris

More info:

Published by: jusmantris on Oct 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2010

pdf

text

original

 
MODUL-2KOMUNIKASI ORGANISASI
3 SKSMANAJEMEN DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASIDosen: Ispawati Asri
Konsepsi Manejemen
Manejemen adalah kebiasaan yang dilakukan secara sadar dan terus menerusdalam membentuk organisasi. semua organisasi mempunyai orang yangbertanggungjawab terhadap organisasi untuk mencapai sasaranya. Sejauhmanakeberhasilan organisasi mencapai tujuanya dan memenuhi tanggungjawabsosialnya, banyak tergantung pada para menejernya. Bila para manajer melakukantugasnya dengan baik maka suatu organisasi semakin besar kemungkinan untukmencapai tujuan.Lebih spesifik lagi, manajemen didefinisikan dalam 4 fungsi spesifik dari manajer yaitu perencanaan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan. Jadi dapatpula dikatakan bahwa manajemen merupakan proses membuat perencanaan hinggamengendalikan berbagai usaha dari anggota organisasi dan menggunakan semuasumber daya organisasi untuk mencapai sasaran.
 
Fungsi ManajemenMerencanakan
Memikirkan dengan matang segala sasaran dan tindakan berdasarkan padabeberapa rencana atau logika, bukan pada perasaan.Rencana merupakan pedoman sebuah organisasi memperoleh dan menggunakansumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan, supaya anggota organisasimelaksanakan aktivitas yang konsisten dengan tujuan dan prosedur yang sudahditetapkan serta untuk memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan,sehingga tindakan korektif dapat diambil bila kemajuan tidak memuaskan.
Mengorganisasikan
Adalah proses mengatur dan mengalokasikan pekerjan, wewenang dan sumber daya diantara organisasi sehingga mereka dapat mencapai sasaran organsasi.
Memimpin
Meliputi mengarahkan, mempengaruhi dan memotivasi karyawan untukmelaksanakan tugas. Kegiatan memimpin ini menyentuh hubungan mamajer dengansemua orang.
Mengendalikan
Fungsi pengendalian manajemen meliputi menetapkan prestasi kerja, mengukur prestasi saat ini, membandingkan prestasi dengan standar yang telah ditetapkandan mengambil tindakan korekif bila ada penyimpangan yang dididteksi.
Peran Manajerial
 
Stoner dalam bukunya manajemen menjelaskan pengertian-pengertian diatas.Disamping itu ada hal penting yang harus diketahui adalah mengerti peran darimanajer.
Mintzberg mengemukakan teori tentang peran manajerial adalah sebagai berikut:
Peran antar pribadiTokoh,
menjalankan tugas seremonial
 
sebagai kepala unit, disini adalahsimbol/personifikasi baik untuk anggota organisasi maupum untuk orang luaorganisasi.
Pemimpin,
manajer bekerja dengan dan melalui orang lain, merekabertanggungjawab atas kegiatan bawahan baik keberhasilan maupun kegagalan.
Penghubung,
manajer harus dapat bekerja dengan setiap orang baik di luamaupun di dalam organisasi. manajer menjalin hubungan dengan pihak lain untukmendapatkan dukungan bagi usulan atau keputusan mereka dan bisa dalingbekerjasama mewujudkan berbagai macam kegiatan.
Peran infor masi 
Menerima dan meneruskan informasi merupakan aspek terpenting dari pekerjaanseorang manajer, menurut Mintzberg ada 3 peran informasional:
Pemantau,
para manajer hendaknya tidak berhenti dalam mencari informasi yangbermanfaat baik dari dalam maupun dari luar organisasi..

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->