Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lapsus Bedah Drh. Johan Manery

Lapsus Bedah Drh. Johan Manery

Ratings: (0)|Views: 361|Likes:
Published by ongen87

More info:

Published by: ongen87 on Oct 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2012

pdf

text

original

 
 
LAPORAN KOASISTENSI BEDAHPPDH GELOMBANG IV GROUP NFRAKTUR TRANSVERSAL TULANG TIBIA PADA KUCING
Oleh:Johan Josias Manery, S.KH0409005033
PENDIDIKAN PROFESI DOKTER HEWANFAKULTAS KEDOKTERAN HEWANUNIVERSITAS UDAYANADENPASAR2010
 
BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Saat ini banyak hewan peliharaan telah menjadi bagian dari kehidupan suatukeluarga. Hewan tersebut secara tidak langsung mampu menciptakan kenyamanandan menghilangkan stres bagi pemiliknya. Jenis hewan yang umum dipelihara adalahhewan yang memiliki bentuk fisik dan karakter menarik, serta mudah perawatannyaseperti kucing. Kucing atau
Felis silvestris catus
adalah hewan karnivora. Kucingtelah berbaur dengan kehidupanmanusiakurang lebih 9.500 tahun. Orangmesir kuno dari 3.500 tahun SM telah menggunakan kucing untuk mengusirtikusatauhewan pengeratlain darilumbungtempat menyimpan hasil panen. Sampai saat ini kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia (Driscoll, 2009).Dalam pemeliharaannya kucing dapat dipelihara dengan dua cara yaitudikandangkan atau dibebaskan tanpa dikandangkan. Kucing peliharaan yangdibebaskan seringkali memiliki potensi untuk terjadinya gangguan traumatik.Gangguan traumatik yang dimaksud dapat berupa fraktur atau patah tulang. Patahtulang (fraktur) dapat terjadi dibeberapa bagian tubuh kucing, namun demikian kakiadalah bagian tubuh kucing yang sering mengalami patah tulang (Fossum, 1997). Halini dapat disebabkan oleh karena kaki merupakan anggota gerak yang menopangtubuh pada saat melakukan aktivitas sehari-hari.Patah tulang karena trauma dikenal sebagai fraktur traumatika, dimana bataslentur tulang terlampaui sehingga terjadinya patah tulang (Sudisma dkk, 2006). Padakasus fraktur dengan penanganan yang sedini mungkin memiliki tingkat kesembuhanyang baik, namun dalam beberapa kasus yang tidak ditangani secara cepat dapatmemungkinkan terjadinya infeksi sekunder atau komplikasi seperti gangren akibattertusuk ujung tulang yang patah. Fraktur yang disertai dengan adanya gangren dapatmenyebabkan terjadinya berbagai macam komplikasi yang dapat mempengaruhikesembuhan fraktur dan juga kesehatan hewan itu sendiri.
 
1.2.
 
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mempelajari dan menambahpengetahuan terhadap penanganan kasus fraktur transversal tertutup tulang tibia padakucing.
1.3.
 
Manfaat
Manfaat dari penulisan laporan ini adalah untuk meningkatkan wawasan sertaketrampilan di lapangan dalam penanganan kasus fraktur transversal tertutup tulangtibia pada kucing.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Widya Afche liked this
Widya Afche liked this
Rizka Asrini liked this
Lusiana Siahaan liked this
Ratih Oktaviani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->