Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
71Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aspek Sosial Budaya Dalam Masa Nifas

Aspek Sosial Budaya Dalam Masa Nifas

Ratings: (0)|Views: 5,617 |Likes:
Published by Krist Ricki

More info:

Published by: Krist Ricki on Oct 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

 
ASPEK SOSIAL BUDAYA DALAM MASA NIFAS
PEMBAHASAN2.1DefinisiAspek adalah suatu hal yang mendasar Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanserketa yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budidan akal manusia. Dalam bahasa inggris kebudayaan disebut culture yang bersal dari kata latincolere yaitu mengolah atau mengerjakan bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani.Sosial berarti kata society berasal dari bahasa latin societas yang berarti hubungan persahabatanyang lain. Societas diturunkan dari katasocius yang berarti teman sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Jadi sosial mengandung makna bahwa setiap anggotanyamempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.Masa nifas adlah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alatkandungan yang lamnya enam minggu.Jadi arti keseluruhan dari aspek sosial budaya pada masa nifas adalah suatu hal yang berkaitandengan budi dan akal manusia untuk mencapai tujuan bersama pada masa sesudah persalinan.2.2 macam-macam aspek sosial budaya pada masa nifasmasa nifas dilarang makan telur, daging, udang, ikan laut dan lele, keong ,daun lembayung, buah pare, nenas, gula merah, dan makanan yang berminyak.Dampak positif: tidak ada Dampak negative :merugikan karena masa nifas memerlukan makananyang bergizi seimbang agar ibu dan bayi sehat.Setelah melahirkan atau setelah operasi hanya boleh makan tahu dan tempe tanpa garam³ngayep´dilarang banyak makan dan minum, makanan harus disangan/dibakar. Dampak  positif:tida ada dampak negative :merugikan karena makanan yang sehat akan mempercepat penyembuhan luka.masanifasdilarangtidursiangDampakpositif:tidakadaDampak negative : karena masa nifas harus cukup istirahat, kurangi kerja berat. Karena tenagayangtersediasangatbermanfaatuntukkesehatanibudanbayiMasa nifas /saat menyusui setelahwaktunya Maghrib harus puasa tidak makan makanan yangpadat. Dampak positif : Hal inidibenarkan karena dalam faktanya masa nifas setelah maghrib dapat menyebabkan badan masanifas mengalami penimbunan lemak,disamping itu organ-organ kandungan pada masa nifas belum pulih kembali.
 
Dampak negative : ibu menjadi kurang nutrisi sehingga produksi ASI menjadii berkuran  Masanifas tidak boleh keluar rumah sebelum 40 hari. Dampak positif: tidak adaDampak negative : Hal ini tidak perlu karena masa nifas dan bayi baru lahir (pemberianimunisasi) harus periksa kesehatannya sekurang-kurangnya 2 kali dalam bulan pertama yaituumur0-7haridan8-30hari Ibu setelah melahirkan dan bayinya harus dipijat/ diurut, diberi pilis / lerongan dan tapel.Dampak positif : jika pijatannya benar maka peredaran darah ibu dan bayi menjadii lancar Dampak negative : pijatan yang salah sangat berbahaya karena dapat merusak kandungan. Pilisdan tapel dapat merusak kulit bagi yang tidak kuat / menyebabkan alergi. Masa nifas harus minum abu dari dapur dicampur air, disaring, dicampur garam dan asamdiminumkan supaya ASI banyak. Dampak positif : tidakadaDampak negative : karena abu, garam dan asam tidak mengandung zat gizi yang diperlukan olehibu menyusui untuk memperbanyak produksi ASI nya.Masa nifas tidak diperbolehkan berhubungan intim Dampak positif : dari sisi medis, sanggamamemang dilarang selama 40 hari pertama usai melahirkan. Alasannya, aktivitas yang satu iniakan menghambat proses penyembuhan jalan lahir maupun involusi rahim, yakni mengecilnyarahim kembali ke bentuk dan ukuran semula. Contohnya infeksi atau malah perdarahan. Belumlagi libido yang mungkin memang belum muncul ataupun pengaruh psikologis, semisalkekhawatiran akan robeknya jahitan maupun ketakutan bakal hamil lagi.dampak negative:tidakadaAspek social budaya pada masa nifas pada daerah yang lain:1.Harus pakais andal kemana pun Bufas pergi, selama 40hari.2.Harus memakai Stagen /udet/ centing. (positif)3.Minum jamu, agar rahim cepat kembali seperti semula.4.Pakai lulur param kocok keseluruh badan, biar capek pada badannya cepat hilang.5.Tidak boleh bicara dengan keras keras6.tiap pagi harus mandi keramas, biar badannya cepat segar dan peredaran darah lancar .7.kalau tidur/ duduk kaki harus lurus. Tidak boleh ditekuk /posisi miring, hal itu dapatmempengaruhi posisi tulang, cos tulang bufas seperti bayi baru melahirkan/ mudah terkenaVarises.8. Harus banyak makanan yang bergizi atau yang mengandung sayur-sayuran.9. Tidak usah memakai perhiasan, karena dapat mengganggu aktifitas Bayi.

Activity (71)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yatty Sandy liked this
bayu_maulina liked this
etha_empat liked this
faza_azzahro liked this
Yani BaCkpouw liked this
Leopard Comen liked this
Anang Arihyoshi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->