Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peradaban Kuno Asia Afrika

Peradaban Kuno Asia Afrika

Ratings: (0)|Views: 20,902|Likes:

More info:

Published by: Vinsensius Viktor Limas on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
TUGAS SEJARAH
Peradaban Kuno Asia-Afrika
Disusun OlehNama : V. Viktor L.Kelas : X.10No. Absen : 39
SMA Xaverius 1 Jl. Bangau No. 60/1258P A L E M B A N G2007/2008
Peradaban Kuno Asia-Afrika terdiri dari 4 peradaban :
 
A.Peradaban Lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga
1.
Sungai Indus (2500SM)a.Keadaan Geografis
Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung HimalayaDi sebelah Selatan berbatasan dengan Srilanka yang dibatasi oleh Samudera IndonesiaDi sebelah Barat berbatasan dengan PakistanDi sebelah Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh
b.Pusat Peradaban
Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan Harappa .Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah bangsa Dravida. Mohenjodaro dan Harappamerupakan kota tua yang dibangun berdasarkan :
Perencanaan yang sudah maju
Rumah-rumah terbuat dari batu-bata
Jalan raya lurus dan lebar 
Saluran air bagus
Terdapat hubungan dagang antara Mohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.Pada abad 16 SM, bangsa Arya (pengembara) datang ke India secara bergelombang dan menetapdi dataran rendah Sungai Gangga dan Sungai Yamuna. Akibat kedatangan bangsa Arya maka penduduk asli menjadi golongan manusia yang paling rendah yaitu kasta Syudra. Pembagiankasta oleh bangsa Arya dimaksudkan supaya tidak terjadi percampuran antara penduduk asli dan bangsa Arya.Kasta dibagi menjadi 4 strata yaitu :1) Kasta Brahmana, para pendeta2) Kasta Ksatrya, Raja dan tentara (Arya)3) Kasta Waisya, pedagang dan penguasa4) Kasta Syudra, buruh dan petaniSelain itu terdapat juga Golongan Paria yaitu golongan tanpa kasta yang sangat hina danmenyedihkan.
c.
Tata Kota
Kota Mohenjo Daro dibangun dengan perencanaan kota yang teratur, memenuhi persyaratankesehatan dan keindahan. Bangunan kota terbuat dari batu bata dengan pagar serta benteng yangtinggi dan tebal mengelilinginya.
Rumah-rumah dibangun di tepi jalan raya. Semua pintu rumah menghadap ke jalan raya.
Jalan-jalan di kota teratur dan lurus. Lebar jalan 10 meter dan dibuat semacam trotoar sekitar 0,5 meter.
Wilayah kota dibagi menjadi blok-blok berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang.Blok-blok terbagi menjadi lorong-lorong yang saling memotong sehingga udara leluasa bertiup.
Adanya saluran air yang mengalir di bawah jalan dan langsung menuju ke sungai.
Kamar-kamar di rumah penduduk dilengkapi jendela yang lebar sehingga sirkulasiudara lancar.
Saluran pembuangan limbah dari kamar mandi dan jamban dihubungkan langsungdengan jaringan saluran umum.
Bangunan yang terdapat di dalam benteng bermacam-macam yaitu; kolam pemandianumum dilengkapi pipa-pipa air, gudang gandum, tempat bermusyawarah dan tempat pemujaan.Selain itu ada tempat peleburan logam dan tempat menenun kain.
d.Sanitasi
 
Teknik-teknik pembangunan rumah telah memperhatikan faktor-faktor kesehatan dankebersihan lingkungan antara lain :
1.
Tata bangunan yang rapi; rumah menghadap jalan.2. Jalan dan trotoar.3. Pembagian kota menjadi blok-blok.4. Kamar-kamar berjendela, pembuangan limbah melalui saluran / pipa-pipa.5. Adanya fasilitas umum; kolam pemandian, tempat bermusyawarah dsb.
e.Sistem pertanian dan Pengairan
Daerah di sekitar lembah Sungai Indus merupakan daerah yang subur. Di sekitar daerah itu,masyarakat mengusahakan pertanian sehingga menjadi mata pencarian utama masyarakat India.Pada perkembangan selanjutnya, masyarakat membuat saluran-saluran irigasi dan mulaimembangun daerah pertanian di daerah pedalaman. Itu menunjukkan bahwa masyarakat dilembah Sungai Indus memiliki tingkat peradaban yang tinggi. Hasil-hasil pertanian yang utamaadalah : padi, gandum, gulai, jelai, kapas, dan the.
f.Teknologi
Mereka telah mampu membuat barang-barang terbuat dari emas dan perak, alat-alat rumahtangga, alat-alat pertanian, kain dari kapas, serta bangunan-bangunan. Kemampuan ini dapatdilihat dari peninggalan-peninggalan budaya yang ditemukan seperti bangunan kota Mahenjo-Daro dan Harappa, berbagai macam patung, perhiasan emas dan perak, dan berbagai macammaterai yang lukisannya bermutu tinggi. Juga ditemukan tombak, pedang, anak panah, dan barang-barang dari tanah liat.
g.Perekonomian
Kehidupan ekonomi masyarakat lembah sungai Indus sudah maju. Hal ini dibuktikan dengankemampuannya membangun kota Mohenjo Daro dan Harappa serta ditemukannya peninggalan budaya lainnya. Masyarakat lembah sungai Indus hidup dari pertanian dan perdagangan. SungaiIndus merupakan sarana ekonomi yang paling vital. Fungsi sungai adalah sebagai alattransportasi perdagangan serta irigasi. Kehidupan pertanian dapat dilihat dari ditemukannya patung wanita sebagai dewi kesuburan, adanya bangunan gudang sebagai tempat untuk menyimpan hasil panen. Pertanian lembah sungai Indus menghasilkan gandum, padi-padian, buah-buahan dan kapas. Kegiatan perdagangan tidak terbatas di lembah sungai Indus saja.Masyarakat Mohenjo Daro kemungkinan besar telah berhubungan dagang dan pelayaran dengan bangsa-bangsa lain di kawasan Asia Barat. Hal itu didasarkan pada penemuan materai-materaitanah liat yang menggunakan tulisan gambar ternyata sama dengan benda sejenis yangditemukan di Mesopotamia. Barang-barang yang diperdagangkan dapat berupa logam, perhiasandari emas bertahtakan batu pirus, pakaian, dll. Pirus adalah batu permata yang berwarna hijaukebiru-biruan.
h.Pemerintahan
Ketika duta besar Yunani Megasthenesmengunjungi India pada abad ke 3 SM, bagian utaraIndia dikuasai oleh salah satu kaisar terbesarnya yaitu Chandragupta Maurya. Kemudian daerahkekuasaannya diperluas ke daerah timur. Dalam waktu singkat, wilayah kerajaan Maurya telahmencapai daerah yang sangat luas yaitu Kashmir di sebelah barat dan lembah sungai gangga disebelah timur. Kaisar Chandragupta Maurya kemudian memiliki cucu yang dinamakan Ashoka(268-231 SM) yang lebih populer karena pertumpahan darah pada masa kekuasaannya, karenaketidaksukaannya akan kekerasan dan pertumpahan darah ia memilih untuk menjalankan ajaranBudha yang menentang kekerasan baik di India maupun di luar India.Setelah Ashoka meninggal, kerajaan terpecah belah menjadi kerajaan kecil. Pada abad ke 4 Mmuncul raja yang berhasil mempersatukan kerajaan yang terpecah belah itu. Maka berdirikerajaan Gupta dengan Candragupta I sebagai rajanya.
i.Kepercayaan

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Karlina Gerungan liked this
imahhanee liked this
Vinsensius Viktor Limas added this note
welcome all :)
Tuti Irma liked this
Cmey Kokom Mutzz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->