Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PATOLOGI

PATOLOGI

Ratings: (0)|Views: 2,307|Likes:
Published by Yip Yipp

More info:

Published by: Yip Yipp on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL DENGAN PRESENTASIBUKAN KEPALA
10 20 10Written by
khanzima
 Tinggalkan komentar  PENDAHULUANGangguan terhadap jalannya proses persalinan dapat disebabkan oleh kelainan presentasi, posisidan perkembangan janin intrauterin.Diagnosa distosia akibat janin bukan hanya disebabkan oleh janin dengan ukuran yang besar, janin dengan ukuran normal namun dengan kelainan pada presentasi intra uterin tidak jarangmenyebabkan gangguan proses persalinan.UKURAN JANIN PADA DISPROPORSI FETOPELVIK Pada edisi awal dari Williams Obstetrics, yang dimaksud dengan berat badan berlebihan pada janin adalah bila berat badan mencapai 5000 gram. Pada edisi ke 7 sampai ke 13 kriteria berat badan janin berlebih adalah 4500 gram.Parkland Hospital : 2/3 neonatus yang dilahirkan perabdominal (SC) pasca persalinan ekstraksiforsep yang gagal memiliki berat badan 3700 gram.Disproporsi fetopelvik bukan hanya disebabkan oleh berat badan janin yang besar, kelainan letak seperti posisio oksipitalis posterior, presentasi muka , presentasi dahi juga dapat menyebabkanhambatan persalinan.Penilaian Ukuran Kepala JaninUpaya untuk meramalkan adanya Disproporsi Fetopelvik ± FPD secara klinis dan radiologis atasdasar ukuran kepala janin tidak memberi hasil memuaskan. Thorp dkk (1993) melakukanevaluasi terhadap maneuver Mueller- Hillis dan menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubunganantara distosia dengan kegagalan desensus kepala janin. Ferguson dkk ( 1998) menyatakan bahwa sensitivitas dalam meramalkan adanya CPD dengan menggunakan index fetopelvic ( yangdikemukakan oleh Thurnau dkk 1991) sangat kurang.Sampai saat ini tidak ada metode terbaik untuk meramalkan secara akurat adanya FPD berdasarkan ukuran kepala janin.
 
PRESENTASI MUKAMerupakan kelainan deflkeksi kepala. Pada presentasi muka terjadi hiperekstensi maksimumkepala sehingga oksiput menempel dengan punggung janin dengan demikian maka yangmerupakan bagian terendah janin adalah mentum.Dalam kaitannya dengan simfisis pubis, maka presentasi muka dapat terjadi dengan mentoanterior atau mento posterior. Pada janin aterm dengan presentasi muka mento-posterior, proses persalinan pervaginam terganggu akibat bregma (dahi) tertahan oleh bagian belakang simfisis pubis. Dalam keadaan ini, gerakan fleksi kepala agar persalinan pervaginam dapat berlangsungterhalang, maka persalinan muka spontan per vaginam tidak mungkin terjadi.Presentasi MukaMentoposterior, dagu berada dibagian posterior. Persalinan pervaginam hanya mungkin berlangsung bila dagu berputar ke anterior. Bila dagu berada di anterior, persalinan kepala per vaginam masih dapat berlangsung pervaginam melalui gerakan fleksi kepala. Pada sejumlahkasus presentasi muka dagu posterior, dagu akan berputar spontan ke anterior pada persalinanlanjut.Pemeriksaan Radiologis pada presentasi mukaDiagnosis:Diagnosa presentasi muka ditegakkan melalui pemeriksaan VT dengan meraba adanya mulut ± hidung ± tulang rahang atas dan ³orbital ridges´. Kadang perlu dibedakan dengan presentasi bokong dimana dapat teraba adanya anus dan tuber-ischiadica yang sering keliru dengan mulutdan tulang rahang atas. Pemeriksaan radiologis dapat menampakkan gambaran hiperekstensikepala yang jelas dan tulang muka diatas pintu atas panggul.EtiologiDapat dibagi dalam 2 golongan :1.
 
Letak muka primer yang disebabkan oleh kelainan anak dan tak dapat diperbaiki seperti :1.
 
Strauma congenitalis.2.
 
Kelainan tulang leher.3.
 
Lilitan tali pusat yang banyak.4.
 
Meningocele.5.
 
Anenchepal.
 
1.
 
Letak muka sekunder yang dapat diperbaiki, anak normal :1.
 
Panggul picak.2.
 
Anak besar.3.
 
Dinding perut kendor, hingga rahim jatuh ke depan.4.
 
Bagian-bagian yang menumbung.5.
 
Hydramnion.Mekanisme persalinan pada presentasi muka:Presentasi muka jarang terjadi bila kepala masih diatas Pintu Atas Panggul. Umumnya keadaandiawali dengan presentasi dahi yang kemudian pada proses desensus berubah menjadi presentasimuka .Mekanisme persalinan terdiri dari densensus ± putar paksi dalam ± fleksi ± ekstensi dan putar  paksi luar. Mekanisme persalinan pada presentasi muka mentoposterior. Terjadi putar paksidalam sehingga dagu berputar keanterior dan lahir pervaginamTujuan Putar Paksi Dalam adalah agar dagu berada dibelakang simfisis pubis oleh karena hanya pada posisi ini kepala janin dapat melewati perineum melalui gerakan fleksi. Setelah Putar PaksiDalam dagu kedepan selesai dan tahapan desensus berikutnya berlangsung, maka dagu danmulut nampak di vulva dan persalinan kepala berlangsung melalui gerakan fleksi. Setelah kepalalahir, oksiput akan mendekati anus dan dagu berputar seperti saat memasuki Pintu Atas Panggul.Persalinan bahu berlangsung seperti pada presentasi belakang kepala.Pada presentasi muka, edema akan merubah bentuk wajah anak. Molase juga terjadi danmenyebabkan bertambah panjangnya diameter occipitomentalis.Prognosa :Letak muka dapat lahir spontan. Pada umumnya partus lebih lama, yang meningkatkan angkakematian janin. Kemungkinan rupture perineum lebih besar.Penatalaksanaan:Bila ukuran panggul normal dan kemajuan proses persalinan berlangsung secara normal, persalinan pervaginam pada presentasi muka dapat berlangsung dengan wajar. Observasi Detik Jantung Janin dilakukan dengan monitor eksternal.Presentasi muka sering terjadi pada panggul sempit, maka terminasi kehamilan dengan SC seringterpaksa harus dilakukan. Usaha untuk merubah presentasi muka menjadi presentasi belakangkepala , pemutaran posisi dagu posterior menjadi dagu anterior secara manual atau dengancunam, serta dengan versi ekstraksi tidak boleh dikerjakan pada masa obstetri modern.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yulia Yasmi liked this
lilacahaya liked this
Swit Suzy liked this
Mustika Usin liked this
Een Lestari Sr. liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->