Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bahan CA

bahan CA

Ratings: (0)|Views: 280 |Likes:
Published by eno_oce

More info:

Published by: eno_oce on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2012

pdf

text

original

 
Kanker
atauneoplasmaganas adalah penyakityang ditandai dengan kelainansiklus selkhas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
y
 
tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
y
 
menyerang jaringan biologisdi dekatnya.
y
 
 bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melaluisirkulasi darahatausistem limfatik , disebutmetastasis.Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebutonkologi. Padaumumnya, sel kanker membentuk sebuahtumor , kecuali padaleukemia. Reaksi antaraasam tetraiodotiroasetatdenganintegrinadalah penghambat aktivitashormon tiroksindantri- iodotironinayang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam angiogenesis dan proliferasisel tumor.
[1]
Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakanDNA,menyebabkanmutasidigenvital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut seringdiakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebutkarsinogen. Mutasi dapat terjadi secaraspontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi
 germline
). Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknyametastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperolehdengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat denganoperasi,kemoterapi, atau radiasi. Kebanyakan kanker menyebabkankematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian dinegara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan,terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.Tumor ( bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa  jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak  bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melaluikelenjar getah beningmaupun pembuluh darahke organ lain.
[su
nting] Kla
s
ifika
s
i
 
 Perkembangan sel normal menjadi sel kanker Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenisorganatauseltempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula padausus besar dirujuk sebagaikanker usus besar , sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal darikulitdirujuk sebagaikarsinoma sel basal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya:
[2]
 
y
 
Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau  jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ padasistem pencernaanataukelenjar . Contoh meliputikanker kulit,karsinoma serviks,karsinoma anal,kanker  esofageal,karsinoma hepatoselula,kanker laringeal,hipernefroma,kanker lambung, kanker testiskular dankanker tiroid.
y
 
Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi padatulangsepertiosteosarkoma,tulang rawan  sepertikondrosarkoma, jaringan ototsepertirabdomiosarcoma, jaringan adiposa,  pembuluh darahdan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
y
 
Leukemia,LimfomadanMielomakanker yang terjadi pada jaringan darah
y
 
Melanomatimbul darimelanosit.
y
 
Mesoteliomapada pleuraatau perikardium 
[su
nting] Ciri-ciri
s
el kanker
J
aringan kanker memiliki ciri morfologis yang sangat khas saat diamati denganmikroskop.Diantaranya berupa banyaknya jumlah sel yang mengalamimitosis, variasi jumlah dan ukurannukleus, variasi ukuran dan bentuk sel, tidak terdapat fitur selular yang khas, tidak terjadikoordinasi selular yang biasa nampak pada jaringan normal dan tidak terdapat batas jaringanyang jelas.
 I 
mmunohistochemistry
dan metode molekular lain digunakan untuk menemukan ciri morfologiskhas pada sel kanker/tumor, sebagai rujukandiagnosisdan prognosis. Hahndan rekan menggunakan ekspresi ektopik dari kombinasi antaratelomerase transkriptase  balik denganonkogenh-ras danantigenT darivirusSV40 untuk menginduksi konversi tumorigenik pada selfibroblasdan sel epitelialmanusia, yang terjadi akibat disrupsi pada lintasan metabolik intraselular. Cirifenotipedari sel kanker setelah mengalami transformasi darisel normal, antara lain:
[3]
 
 
[su
nting] Tran
s
forma
s
i
in vitro
 
y
 
Terjadi perubahan sitologi seperti pada sel kanker 
in vivo
yaitu peningkatan basofil sitoplasmik, peningkatan jumlah dan ukurannuklei 
y
 
Perubahan pada karakteristik perkembangan sel:a. sulit mati walaupun telah mengalami diferensiasi berkali-kali b. tumbuh berkembang yang tidak terhenti, walaupun telah berdesakan dengan sel disekitarnya, sehingga jaringan kanker memiliki kepadatan yang tinggic. membutuhkanserumdanfaktor pertumbuhanlebih sedikit d. tidak lagi membutuhkan lapisan antarmuka untuk berkembangbiak, dan dapat tumbuhsebagai koloni bebas di dalammediumsemi-padat.e. tidak memiliki kendali atassiklus sel f. sulit mengalami apoptosis
y
 
Perubahan pada struktur dan fungsimembran sel, termasuk peningkatanaglutinabilitas  karenalektinherbal
y
 
Perubahan pada komposisiantarmukasel,glikoprotein, proteoglikan,glikolipiddan musin, ekspresiantigentumorik dan peningkatan penyerapanasam amino,heksosdan nukleosida.
y
 
Tidak terjadi interaksi matriks sel-sel dan sel-ekstraselular, sehingga tidak terjadi penurunan laju diferensiasi
y
 
Sel kanker tidak merespon stimulasizatyang menginduksi diferensiasi, karena terjadi perubahan komposisi antarmuka sel, termasuk komposisimolekulpencerap zat bersangkutan.
y
 
Perubahan dalam mekanisme transduksi sinyal selular, termasuk pada lintasan yangsangat fundamental, selain lintasan regulasi yang mengendalikan fungsi pencerap faktor  pertumbuhan, jenjangfosforilasidandefosforilasi.
y
 
Kemampuan untuk menginduksitumor pada model. Kemampuan ini yang menjadi
 sinequa non
yang mendefinisikan kata "ganas" pada transformasi
in vitro
. Walaupundemikian, sel kanker yang tidak memiliki kemampuan seperti ini, tetap memiliki sifat"tumorigenik" pada model yang lain.
[su
nting] Tran
s
forma
s
i
in vivo
 
Transformasi pada selmanusiamemerlukan akumulasi dari berbagai perubahan genetik yangmengakibatkan ketidak-stabilangenomik ,
[4]
seperti:
y
 
Peningkatan ekspresi protein onkogen sebagai akibat dari translokasi, amplifikasi danmutasi padakromosom.
y
 
Tidak terdapat ekspresi protein dari gen "penekan tumor".
y
 
Perubahan padametilasi DNA.
y
 
Terdapat kelainan transkripsi genetik yang menyebabkan kelebihan produksi zat pendukung pertumbuhan, seperti IGF-2, TGF-, faktor angiogenesistumor, PDGF, danfaktor pertumbuhan hematopoietik seperti CSF daninterleukin.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ryan Borneo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->