Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Terbentuknya Tata Surya

Teori Terbentuknya Tata Surya

Ratings: (0)|Views: 4,788 |Likes:
Published by -Nduuh Newbie-

More info:

Published by: -Nduuh Newbie- on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR 
TATA SURYA 
DEVI YULIANTY 3215076838PENDIDIKAN FISIKA NON REGULER 2007FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN LAMUNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2010
 
TEORI TERBENTUKNYA TATA SURYA
TEORI KABUTTeori Kabut
disebut juga
Teori Nebula
.Teori tersebut dikemukakan oleh
 Immanuel Kart 
dan
Simon de Laplace
.Menurut teori ini mula-mula ada sebuah nebula yang baur dan hampir bulatyang berotasi dengan kecepatan sangat lambat sehingga mulai menyusut.Akibatnya terbentuklahsebuah cakram datar bagian tengahnya.penyusutan berlanjut dan terbentuk matahari di pusatcakram.Cakram berotasi lebih cepat sehinggabagian tepi-tepi cakram terlepas membentuk gelang-gelang bahan.Kemudian bahan dalam gelang-gelang memadat menjadi planet-planetyang berevolusi mengitari Matahari.
TEORI PLANETESIMALTeori Planetesimal
dikemukakan oleh
T.C 
 
Ch
amberlein
dan
 F 
.R
Moulton
.Menurut teoriini,Matahari sebelumnya telah ada sebagai salah satu dari bintang-bintang yang banyak dilangit.Suatu ketika bintang berpapasan dengan Matahari dalam jarak yang dekat.Karena jarak yang dekat, tarikan gravitasi bintang yang lewat sebagian bahan dari Matahari(mirip lidahraksasa) tertarik ke arah bintaang tersebut.Saat bintang menjauh, lidah raksasa itu sebagian jatuhke Matahari dan sebagian lagi terhambur menjadi gumpalan kecil atau planetesimal.Planetesimal-planetesimal melayang di angkasa dalam orbit mengitariMatahari.Dengan tumbukan dan tarikan gravitasi, planetesimal besar menyapu yang lebih kecildan akhirnya menjadi planet.
TEORI BINTANG KEMBAR 
Menurut
Teori Bintang Kembar
, dahulu Matahari merupakan bintang kembar kemudian bintang kembarannya meledak menjadi kepingan-kepingan.Karena pengaruh gaya gravitasi bintang yang tidak meledak(Matahari), maka kepingan-kepingan itu bergerak mengitari bintangtersebut dan menjadi planet-planet.
TEORI PASANG SURUTTeori Pasang Surut
pertama kali disampaikan oleh
Buffon
.Buffon menyatakan bahwa tatasurya berasal dari materi Matahari yang terlempar akibat bertumbukan dengan sebuah komet.Teori pasang surut yang disampaikan Buffon kemudian diperbaiki oleh
Sir James Jeans
dan
Harold Jeffreys
.Mereka berpendapat bahwa tata surya terbentuk oleh efek pasang gas-gasMatahari akibat gaya gravitasi bintang besar yang melintasi Matahari.Gas-gas tersebut terlepasdan kemudian mengelilingi Matahari.Gas-gas panas tersebut kemudian berubah menjadi bola- bola cair dan secara berlahan mendingin serta membentuk lapisan keras menjadi planet-planetdan satelit.
 
TEORI AWAN DEBU (PROTO PLANET)
Teori ini dikemukakan oleh
Carl von Weizsaecker
kemudian disempurnakan oleh
GerardP.Kuiper
pada tahun 1950.
Teori proto planet
menyatakan bahwa tata surya terbentuk olehgumpalan awan gas dan yang jumlahnya sangat banyak.Suatu gumpalan mengalami pemampatandan menarik partikel-partikel debu membentuk gumpalan bola.Pada saat itulah terjadi pilinanyang membuat gumpalan bola menjadi pipih menyerupai cakram (tebal bagian tengah dan pipihdi bagian tepi).Karena bagian tengah berpilin lambat mengakibatkan terjadi tekanan yangmenimbulkan panas dan cahaya(Matahari).Bagian tepi cakram berpilin lebih cepat sehinggaterpecah menjadi gumpalan yang lebih kecil.Gumpalan itu kemudian membeku menjadi planetdan satelit.
Matahari sebagai Pusat Tata Surya
Pada awalnya, bangsa Yunani dan orang-orang abad pertengahan berpegangan pada teorigeosentris yakni teori yang menganggap bahwa bumi sebagai pusat alam semesta berada dalamkeadaan diam dan planet-planet bergerak mengitarinya. Akhirnya oleh Nicolaus Copernicusmenyatakan teori heliosentris yang menyatakan bahwa planet-planet termasuk bumi bergerak mengitari matahari. Jarak sejauh ini dinamakan satu satuan astronomi.
Susunan Matahari
Susunan matahari terdiri atas empat lapisan yaitu inti, fotosfer, kromosfer dan korona
REVOLUSI BUMI
Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Pengaruh revolusi bumi yaituterjadinya pergantian musim sepanjang tahun, perubahan lamanya siang dan malam, adanyagerak semu matahari dan terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan.
ROTASI BUMI
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Pengaruh rotasi bumi adalah terjadinya gerak semuharian (matahari dan benda-benda langit diam, bumilah yang bergerak dari barat ke timur), adanya perbedaan waktu dari tempat yang berbeda derajat bujurnya, pergantian siang dan malam, penggembungan di khatulistiwa dan pemempatan di kedua kutub bumi.
GERHANA BULAN
Gerhana terjadi ketika bulan memasuki bayangan bumi dan bumi berada di antara matahari dan bulan.Akibatnya bulan tidak menerima cahaya dari matahari sehingga bulan tidak terlihat oleh pengamat di bumi. Gerhana bulan dapat terjadi selama 6 jam dan gerhana bulan total hanya kira-kira 1 jam 40 menit.
GERHANA MATAHARI
Gerhana matahari terjadi ketika bayangan bulan bergerak menutupi permukaan bumi. Bulan berada di antara matahari dan bumi yang terjadi pada saat fase bulan baru.

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fiarhuna liked this
Orichaii Dessy liked this
Undang Wahyudin liked this
Rere Tajomere liked this
ysistri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->