Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan BAB III Sd v (Shared)

Laporan BAB III Sd v (Shared)

Ratings: (0)|Views: 1,452|Likes:
Published by Prapto Ari Perwira
Laporan PPL PGSD
Laporan PPL PGSD

More info:

Published by: Prapto Ari Perwira on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/17/2012

pdf

text

original

 
 prapto@ariperwira.com
 
Laporan
 
PPL
 
S
1
 
PGSD
 
FKIP 
 
UMS
 
2010 
 
31
 
BAB IIIKEADAAN KELAS YANG DIOBSERVASI
A.
 
Denah Tempat duduk Ruang kelas
 
Secara umum penataan tempat duduk dan ruang kelas IA di SDNegeri Gumpang 01 Kartasura, teratur cukup baik sehingga anak dapatmengikuti kegiatan belajar mengajar dengan nyaman dan menyenangkan.Berikut ini gambar susunan tempat duduk ruang kelas IA di SDNegeri Gumpang 01 Kartasura ;
 
 prapto@ariperwira.com
 
Laporan
 
PPL
 
S
1
 
PGSD
 
FKIP 
 
UMS
 
2010 
 
32
 
Keterangan:A : Meja GuruA1 : Kursi GuruB : Lemari KelasC : Papan TulisD : Tempat Cuci TanganE : Pintu Ruang KelasF : Meja SiswaF1 : Kursi SiswaG : JendelaB.
 
Kesan Umum Kelas I A
Siswa kelas IA rata-rata m
 
emiliki kemampuan bervariasi atauberaneka ragam. Berdasarkan observasi yang penulis lakukan, prosesbelajar mengajar di kelas IA dapat dikatakan berhasil dalam pencapaiantujuan pembelajaran, ini dikarenakan dalam proses belajar mengajar inisiswa selalu dilibatkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.Setelah mengadakan observasi dan melakukan pendekatan padasiswa-siswinya, penulis melihat adanya keantusiasan pada siswa-siswikelas IA dalam proses pembelajaran. Para siswa memberikan kesan positif saat pembelajaran yaitu ditampakkan dengan keaktifan siswa dalammenjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru. Mereka selalu berusahamerespon materi atau pelajaran yang disampaikan guru, baik padapelajaran eksak maupun non eksak.Selain ada kesan positif, ada juga pesan negatif atau kurang baik yang penulis temui di kelas 1A. Ada siswa yang berbicara sendiri denganteman sebangkunya, bercanda dan ada pula yang mengganggu temannyaketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Beberapa hal tersebutdapat mengakibatkan kegiatan belajar mengajar kurang lancar atau kurangefektif serta kurang efisien dikarenakan terlalu banyak waktu yang
 
 prapto@ariperwira.com
 
Laporan
 
PPL
 
S
1
 
PGSD
 
FKIP 
 
UMS
 
2010 
 
33
 
terbuang hanya untuk menegur siswa. Akan tetapi penulis merasa bahwakekurangan-kekurangan tersebut masih dalam batas-batas yangnormal/wajar karena mungkin masih terbawa dengan keadaan di TK. Halini dikatakan dalam batas normal karena terbukti prestasi siswa-siswakelas 1A memiliki prestasi yang rata-rata bagus.C.
 
Hubungan Guru dengan Murid
Secara umum hubungan antara murid dengan guru maupun m
 
uriddengan murid di kelas 1A SD Negeri Gumpang 1 Kartasura berjalandengan baik. Adapun rincian hubungannya adalah sebagai berikut:1.
 
Hubungan Murid dengan GuruHubungan murid dengan guru baik pada saat prosespembelajaran berlangsung maupun saat di luar jam pelajaranadalah sebagai berikut:a.
 
Adanya kerjasama antara guru dan murid, misalnya gurumembantu murid yang sulit belajar, siswa atau muridyang selalu berusaha disiplin ketika kegiatan belajarmengajar berlangsung sehingga memudahkan guru dalammenyampaikan materi; murid yang membantu guru dalammenyiapkan media yang akan digunakan; dan lain-lain.b.
 
Adanya komunikasi yang terbuka antara guru dan siswabaik mengenai hal-hal yang ada kaitannya denganpembelajaran maupun yang tidak.2.
 
Hubungan Murid dengan MuridHubungan murid dengan murid pada umumnya sudahterbina dengan baik dan terjalin hubungan yang harmonis diantaramereka. Keadaan ini selalu tampak dalam keadaan sehari-harimereka di sekolah. Anak kelas 1A SD Negeri Gumpang 01 selalunampak akrab, baik ketika di dalam kelas maupun ketika di luarkelas/istirahat. Mereka saling terbuka, saling pengertian, dan saling

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->