Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
suhu

suhu

Ratings: (0)|Views: 308 |Likes:
Published by andhangs

More info:

Published by: andhangs on Oct 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
1
PENGUKURAN SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C52Asep Andang, Hamzah Amarullah
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi TasikmalayaJl. Siliwangi No.24 Tasikmalaya
ABSTRAK
Dalam merancang sistem pengukuran suhu ruang berbasisikan mikrokontrolerAT89C52 ini timbul beberapa masalah, antara lain mengenai bagaimana rancangan perangkatkerasnya, dan mengenai perancangan program yang berfungsi untuk menjalankan rangkaiansistem tersebut. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah agar dapat membantu manusiamengetahui perubahan suhu suatu ruang.Pada alat ini, sensor yang digunakan adalah sensor suhu LM 35, kemudian data darisensor tersebut dikirimkan ke ADC 0804, selanjutnya data akan di olah oleh mikrokontroler danhasilnya akan di tampilkan pada LCD M1632. Disamping perancangan hardware, dilakukan jugaperancangan software dengan menggunakan bahasa pemograman assembler.Alat ini mampu mengukur suhu secara presisi mulai dari 0 °C – 127 °C. Padapengujian alat ini, terdapat sedikit perbedaan dengan alat pembanding seperti pada pengujiansuhu batu es, dimana suhu yang terukur oleh sensor LM 35 sudah mencapai 0 °C sedangkan suhuyang terukur pada termometer pembanding adalah 1,9 °C. Hal ini di karenakan perbedaansensitivitas dan juga antara sensor LM 35 dengan sensor yang ada pada termometer pambanding.
Kata Kunci :
 LM35,ADC 0804, Mikrokontroler AT89C52, LCD M1632
I.
 
PendahuluanI.1 Latar Belakang Masalah
Mikrokontroler sebagai suatuterobosan teknologi banyak digunakandiberbagai peralatan elektronik, sepertiperalatan rumah tangga, pengendali mesin-mesin industri dan masih banyak peralatanyang lainnya yang dikendalikan olehmikrokontroler.Pengukuran dan pengendalian suhusangat diperlukan di berbagai bidang. Dalamdunia kesehatan, industri, dan juga dalamsebuah pembangkit daya, dll. Oleh karena ituuntuk berbagai keperluan pemantauan,pengendalian dan penelitian yang berkaitandengan besaran suhu, sering digunakaninstrumen yang dapat memantau danmencatat data suhu secara kontinyu dan
 
2
otomatis. Instrumen pengukur suhumemerlukan sensor suhu sebagai bagianterdepan untuk memperoleh data suhu.Sensor suhu terdapat dalam berbagai jenisdengan karakteristiknya tersendiri. Salah satu jenis sensor suhu adalah sensor suhu LM 35dimana sensor suhu LM 35 dapatdikalibrasikan langsung dalam derajatcelcius.Karena suhu hanya mengeluarkansinyal analog, maka harus merubahnya kedalam format digital menggunakan ADC0408 untuk kemudian ditransmisikan kemikrokontroler. Pada rangkaian iniMikrokontroller yang digunakan adalahMikrokontroler AT89C52 yang dapatdiprogram untuk melakukan akuisisi data danpengendalian data. dan untuk hasilpengukuran suhu, data ditampilkan denganmenggunakan LCD.
Identifikasi Masalah
Pengukuran suhu berbasismikrokontroler AT89C52 ini mempunyaiidentifikasi masalah sebagai berikut :1.
 
Mengenai bagaimana rancanganperangkat kerasnya.2.
 
Mengenai perancangan program yangberfungsi untuk menjalankanrangkaian tersebut.
Tujuan
Tujuan penulis memilih topik “Pengukuran Suhu Berbasis MikrokontrolerAT89C52 “ adalah adalah merancang suaturancangan perangkat keras yang dapatmengukur suhu suatu ruangan denganmenggunakan mikrokontroler AT89C52 yangnantinya akan di tampilkan pada LCD.
Batasan Masalah
Agar permasalahan tidak meluasmaka perlu dibatasi. Adapun batasanpermasalahan yang akan diuraikan dandibahas hanya tebatas pada :1.
 
Mikrokontroler yang digunakanadalah AT89C52.2.
 
Sensor suhu yang digunakan adalahLM35.3.
 
ADC yang digunakan adalah ADCtipe 0804.4.
 
LCD yang digunakan adalah LCD jenis M1632.
II.
 
Landasan TeoriMikrokontroler
Mikrokontroler adalah komputermikro yang memadukan CPU, ROM, RWM,I/O seri, counter-timer, dan rangkaian detak dalam satu chip tunggal.Sebuah mikrokontroler tidak dapatbekerja apabila tidak diberi programkepadanya. Yang mana, program tersebutakan memberitahu mikrokontroler apa yangharus dikerjakan. Sebuah mikrokontroleryang sudah bekerja dengan satu program,tidak dapat bekerja lagi jika program diganti.Instruksi-instruksi perangkat lunak berbedauntuk masing-masing jenis mikrokontroler.Yang mana, instruksi-instruksi ini hanya bisadifahami oleh jenis mikrokontroler yangbersangkutan, jadi intinya instruksi pada
 
3
mikrokontroler yang satu tidak bisadigunakan pada mikrokontroler jenis lainnya.
Deskripsi Pin MikrokontrolerAT89C52
Susunan dari pin mikroontrolerAT89C52 diperlihatkan pada gambardibawah ini :
Gambar 2.1 Pin Mikrokontroler AT89C52Sensor Suhu
Sensor adalah alat yang berfungsisebagai pengukur suatu keadaan, misalpengukur temperatur, kelembaban, jarak,kualitas udara dan sebagainya. Sensor suhuLM35 merupakan jenis sensor suhu yangdigunakan untuk pengukuran dalam derajatcelcius (°C). Sensor ini berfungsi sebagaipegubah dari besaran fisis suhu ke besarantegangan yang memiliki koefisien temperatursebesar 10 mV/°C, dengan kata lain setiapperubahan 1°C, tegangan pada terminalLM35 mengalami kenaikan sebesar 10 mV.
Gambar 2.2 Simbol LM35Penguat Rangkaian
Pengkonversi data pada elektronikaialah suatu devais yang mengubah besaransinyal dari analog ke digital atau sebaliknya.Umumnya sinyal analog berasal dari suatusensor, yang kemudian biasanya diperkuatoleh OP-AMP. Dan IC OP-AMP yangdipakai oleh penulis adalah IC tipe LM 741.
Gambar 2.3 Deskripsi Pin IC Op Amp 741ADC 0804
Mikrokontroler adalah perangkatdigital yang bekerja dengan prinsip-prinsipelektronika digital. Namun kebanyakandalam aplikasinya, terutama aplikasi sistemkendali, mikrokontroler diharuskan mampuberkomunikasi dan menangani sinyal analog.Transformasi sinyal dari bentuk analog ke dalam bentuk digital dilakukanoleh suatu rangkaian yang dikenal denganADC (
 Analog to Digital Converter 
). Dalamhal ini ADC yang digunakana adalah ADC0804.
Gambar 2.4 Konfigurasi Pin ADC 0804

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Cinta Coboy Jr. liked this
Muhammad Santoso liked this
irman_maxi liked this
Tari Potter liked this
abank dewo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->