Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekologi Air Tawar

Ekologi Air Tawar

Ratings: (0)|Views: 1,032 |Likes:
Published by Radinal

More info:

Published by: Radinal on Oct 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2013

pdf

text

original

 
EKOLOGI AIR TAWAR 
A. Pembagian Habitat
Habitat air tawar menempati daerah yang relative kecil pada permukaan bumi,dibandingkan dengan habitat laut dan daratan. Habitat air tawar kebanyakanberupa perairan pedalaman. Susunan dan kadar garam terlarutnya nisbi rendahatau dapat diabaikan. Atas dasar kelasakannya habitat air tawar itu dapat dibagimenjadi 2 bagian yaitu :
Air tergenang, atau habitat lentik(berasal dari kata
lenis
berarti tenang) contohnya danau, kolam, rawa, ataupasir terapung.
Air mengalir, atau habitat lotik(berasal dari kata lotus berarti tercuci) contohnya mata air, aliran air(brook-creek) atau sungai.
B. Faktor – Faktor Pembatas
Faktor-faktor pembatas yang cukup penting pada air tawar adalah
a.
SuhuAir mempunyai beberapa sifat unik yang berhubungan dengan panas yangsecara bersama-sama mengurangi perubahan suhu sampai tingkat minimal,sehingga perbedaan suhu dalam air lebih kecil dan perubahan yang terjadilebih lambat daripada di udara. Sifat yang terpenting adalah
Panas jenis yang tinggi
Panas fusi yang tinggi
Panas evaporasi yang tinggi
Kerapatan air tertinggi terjadi pada suhu 4
0
C
 
b.
KejernihanPenetrasi cahaya sering kali dihalangi oleh zat yang terlarut dalam air,membatasi zona fotosíntesis dimana habitat akuatik dibatasi oleh kedalaman.Kekeruhan, terutama bila disebabkan oleh lumpur dan partikel yang dapatmenngendap, sering kali penting dianggap sebagai faktor pembatas.Sebaliknya bila kekeruhan disebabkan oleh organisme, ukuran kekeruhanmerupakan indikasi produktifitas.
c.
ArusAir cukup padat, maka arah arus amat penting sebagai faktor pembatasan,terutama pada aliran air. Arus juga amat menentukan distribusi gas yangvital, garam, dan organisme kecil.
d.
Konsentrasi Gas PernafasanBerbeda dengan lingkungan laut, konsentrasi oksigen dan karbón dioksidasering kali terbatas pada air tawar.
e.
Konsentrasi Garam Terlarut 
C. Adaptasi Hewan dan Tumbuhan
Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnyatumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organismeyang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut
:
 
 Adaptasi tumbuhan
Tumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dindingselnya kuat seperti beberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk kedalam sel hingga maksimum dan akan berhenti sendiri.Tumbuhan tingkat tinggi, seperti teratai
(Nymphaea gigantea),
mempunyai akar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah
 
yang hidup di habitat air, tekanan osmosisnya sama dengan tekananosmosis lingkungan atau isotonis.
 
 Adaptasi hewan
Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewanyang bergerak aktif dengan menggunakan otot yang kuat. Hewantingkat tinggi yang hidup di ekosistem air tawar, misalnya ikan,dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukanosmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnyamelalui sistem ekskresi, insang, dan pencernaan.
D. Klasifikasi Ekologis Organisme Air Tawar
Habitat air tawar merupakan perantara habitat laut dan habitat darat.Penggolongan organisme dalam air dapat berdasarkan aliran energi dan kebiasaanhidup.1. Berdasarkan aliran energiOrganisme dibagi menjadi 3 yaitu :
Autotroph (produsen), tanaman hijau dan mikroorganismekemosintetik.
Phagotroph (konsumen makro), herbivora, predator, parasit.
Saprotroph (konsumen mikro atau pengurai), diklasifikasikan sesuaidengan bahan organik yang diuraikan .2. Berdasarkan kebiasaan hidupOrganisme dibedakan sebagai berikut yaitu :
a.
 
Plankton

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anezty Surya Nd liked this
che_ar_man liked this
Kahlil Gibran liked this
Maxs Lmg liked this
Abeja Bulat liked this
Darni Nurmianti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->