Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sosiologi

sosiologi

Ratings: (0)|Views: 403 |Likes:
Published by ihczhan

More info:

Published by: ihczhan on Oct 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
TUGASMAKALAH SOSIOLOGIINTEGRASI SOSIAL
Disusun Guna Memenuhi Tugas Pada Mata Pelajaran SosiologiGuru Pembimbing: MitaDisususn Oleh Kelompok 
1.
Ihsan Triyono (10)
2.
Saiful Afandi ( )
3.
Clarantina ( )
4.
Kuncoro ( )
5.
Nuri ( )
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALSOSIOLOGISMA NEGERI KEBAKKRAMAT2010
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sejak dulu hingga sekarang, kita hidup di tengah masyarakat. Kehidupan bersama itumelahirkan berbagai pengalaman berhubungan dengan orang lain. Di satu pihak kitamembutuhkan kehadiran orang lain. Di pihak lain kita, kita ingin sendiri dan tidak ingindiganggu. Singkatnya, pengalaman hidup bersama orang lain – mulai dari keluarga,sekolah, sampai masyarakat – menyadarkan kita persamaan maupun perbedaan kitadengan orang lain. Dari persamaan ataupun perbedaan tersebut menyebabkan berbagaifenomena dalam masyarakat seperti terjadinya konflik dan integrasi sosial dalammasyarakat.Integrasi sosial meliputi interaksi individu dengan semua arti yang berhubungan dengan komunikasi simbolik, penyesuaian timbal balik, kerja sama atau konflik dan pola penyesuaian (adaptation) atau yang berhubungan satu sama lain terhadap lingkunganyang lebih luas dan berbeda.Dalam konteks masyarakat beragama, integrasi sosial dengan demikian mencakupsegala proses penyatuan kelompok beragama dalam kapasitas sosialnya (bukankeyakinannya-madzhab sekali pun) ke dalam kesatuan sosial lebih dari sikapmengedepankan simbol atau identitas golongan. Al -Quran mengingatkan dalam suratal-Imran ayat 102 dan 103:"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Allah sebenar-benarnyatakwa (yaitu dengan mentaati dan bukan mendurhakai. Mensyukuri dan tidak kufur nikmat, mengingat dan tidak melupakanNya). Kata para sahabat; wahai rasulallah,siapakah yang sanggup melaksanakan ini?"
 
Maka ayat ini dinasakhkan dengan firmanNya; "bertakwalah kamu kepada Allahmenurut kemampuanmu", dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam (bertauhid kepada Allah). Berpegang teguhlah kamu dengan tali Allah(agamanya) ke semuanya, dan janganlah kamu berpecah belah (setelah menganutIslam) serta ingatlah nikmat Allah (karuniaNya) kepadamu ketika kamu dulu (sebelumislam) bermusuh-musuhan, maka dirukunkanNya (dihimpunNya) di antara kamu(melalui Islam) lalu jadilah kamu berkat nikmatNya bersaudara (dalam agama dan pemerintahan) padahal kamu telah berada di pinggir jurang neraka (sehingga tak adalagi jalan kecuali terjerumus ke dalamnya dan mati dalam kekafiran) laludiselamatkannya kamu dari padanya (melalui iman kalian), demikianlah Allahmenjelaskan ayat-ayatNya supaya kamu memperoleh petunjuk."
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan tema Integrasi Sosial, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akandibahas sebagai kerangka acuan dalam pembahasannya. Diantaranya adalah:1.Mengidentifikasi berbagai integrasi sosial dalam masyarakat.2.Mengidentifikasi sebab-sebab integrasi sosial.3.Mengidentifikasi bentuk-bentuk dan faktor-faktor pendorong integrasi sosial.
C.Tujuan
Makalah yang kami buat pada dasarnya memiliki banyak tujuan, adapun yang khusus(spesifik) dari pembuatan makalah ini adalah sebagai pemenuhan kewajiban tugaskelompok yang ibu guru berikan. Sedangkan tujuan yang lebih luasnya adalah kami dapatlebih mengetahui apa itu integrasi sosial, mengetahui syarat, faktor, dan proses dalamintegraswi sosial.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
anggela_039 liked this
Desy Aldewistya liked this
Mas Ardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->