Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
61Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat Penginderaan Jauh

Manfaat Penginderaan Jauh

Ratings: (0)|Views: 11,625|Likes:
Published by fransto

More info:

Published by: fransto on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/22/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Penginderaan jauh (
remote sensing 
) merupakan suatu ilmu yang digunakanuntuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citrayang diperoleh dari jarak jauh dengan menggunakan sensor.
Data yang diperoleh dari penginderaan jauh dapat berbentuk hasil dari variasidaya, gelombang bunyi atau energi elektromagnetik. Sebagai contoh grafimeter memperoleh data dari variasi daya tarik bumi (gravitasi), sonar pada system navigasimemperoleh data dari gelombang bunyi dan mata kita memperoleh data dari energielektromagnetik. Data yang diperoleh itu dikelola dan akan digunakan untuk kepentingan tertentu.Salah satu pemanfaatan data indera juah tersebut adalah Sistem informasigeografi. Citra yang diperoleh melalui pengindraan jauh merupakan data dasar atauinput yang selanjutnya diolah dan disajikan oleh sistem informasi geografi. Posisidata dalam citra pengindraan jauh dapat dikoreksi kembali dalam sistem informasigeografi. Dengan demikian, integrasi antara data pengindraan jauh dengan sisteminformasi geografi akan memperoleh informasi yang optimal sebagai data pemanfaatan wilayah.Baik diukur dari jumlah bidang penggunaanya maupun dari frekwensi penggunaanya pada tiap bidang, penggunaan penginderaan jauh memang meningkat pesat pada emapt dasawarsa terakhir ini. Peningkatan dilandasi oleh beraneka alasan.Sekurang-kurangnya ada enam alasan yang melandasi peningkatan penggunaanPenginderaan jauh, yaitu:1). Citra menggambarkan obyek, daerah dan gejala dipermukaan bumi.
 
U
 jud dan letak obyek yang mirip ujud dan letaknya dipermukaan bumi.
 
2
 
 
elatif lengkap.
 
M
eliputi daerah luasan.
 
Permanen.2). Dari jenis Citra dapat ditimbulkan gambaran tiga dimensional apabila pengamatannya dilakukan dengan alat yang disebut stereoskop.
 
M
enkaji model medan yang berbeda.
 
elief lebih jelas karena adanay pembesaran vertical.
 
M
emungkinkan pengukuran beda tinggi yang dapat dimanfaatkanuntuk peta kontur, perencanaan lintas jalan, dan saluran irigasi.
 
M
emungkinkan pengukuran lereng untuk menetukan kelas lahan,konservasi, dan keperluan lainnya.3). Karateristik obyek yang tak tampak dapat diwujudkan dalam bentuk citrasehingga dimungkinkan pengenalan obyek.4). Citra dapat dibuat secara cepat meskipun untuk daerah yang sulit dijelajahisecara terestrial.5).
M
erupakan satu-satunya cara untuk pemetaan daerah bencana.6). Citra sering dibuat dengan periode ulang yang pendek.
1.2
 
Perumusan Masalah
Penginderaan Jauh berkembang sangat pesat sejak empat dasawarsa terakhir ini. Perkembangannya meliputi aspek sensor, wahana atau kendaraan pembawasensor, jenis citra serta liputan dan ketersediaanya, alat dan analisa data, dan jumlah penggunaanya serta bidang penggunaanya. Di dalam perkembangannya itu,Penginderaan Jauh semakin banyak digunakan dan dimanfaatkan.Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan yangtimbul, apakah manfaat dari Penginderaan Jauh.
 
3
 
1.3
 
T
ujuan dan Manfaat
 
T
ujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan berbagaimanfaat dari penginderaan jauh di berbagai bidang.

Activity (61)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mery Upzz liked this
Jailani Bin Baharudin added this note|
kedekoooooot
Meri Herlina liked this
Yaya Coewy liked this
Tajus SabuQi liked this
Yuko Riswandha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->