Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Heat Treatment

Heat Treatment

Ratings: (0)|Views: 92|Likes:
Published by Harryadi Novry

More info:

Published by: Harryadi Novry on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2010

pdf

text

original

 
“HEAT TREATMENT”
Heat Treatment ( perlakuan panas ) adalah salah satu proses untuk mengubah struktur logam dengan jalan memanaskan specimen pada elektrik terance ( tungku ) pada temperature rekristalisasi selama periodewaktu tertentu kemudian didinginkan pada media pendingin seperti udara, air, air faram, oli dan solar yangmasing-masing mempunyai kerapatan pendinginan yang berbeda-beda.Sifat-sifat logam yang terutama sifat mekanik yang sangat dipengaruhi oleh struktur mikrologamdisamping posisi kimianya, contohnya suatu logam atau paduan akan mempunyai sifat mekanis yang berbeda-beda struktur mikronya diubah. Dengan adanya pemanasan atau pendinginan degnan kecepatantertentu maka bahan-bahan logam dan paduan memperlihatkan perubahan strukturnya.Perlakuan panas adalah proses kombinasi antara proses pemanasan aatu pendinginan dari suatulogam atau paduannya dalam keadaan padat untuk mendaratkan sifat-sifat tertentu. Untuk mendapatkan halini maka kecepatan pendinginan dan batas temperature sangat menetukan.
Jenis-jenis Heat Treatment
a. Quenching ( pengerasan )Proses quenching atau pengerasan baja adalah suatu proses pemanasan logam sehingga mencapai batas austenit yang homogen. Untuk mendapatkan kehomogenan ini maka audtenit perlu waktu pemanasanyang cukup. Selanjutnya secara cepat baja tersebut dicelupkan ke dalam media pendingin, tergantung padakecepatan pendingin yang kita inginkan untuk mencapai kekerasan baja.Pada waktu pendinginan yang cepat pada fase austenit tidak sempat berubah menjadi ferit atau perlit karena tidak ada kesempatan bagi atom-atom karbon yang telah larut dalam austenit untuk mengadakan pergerakan difusi dan bentuk sementitoleh karena itu terjadi fase lalu yang mertensit, imi berupa fase yang sangat keras dan bergantung pada keadaan karbon. b. AnnelingProses anneling atau melunakkan baja adalah prose pemanasan baja di atas temperature kritis ( 723°C )selanjutnya dibiarkan bebrapa lama sampai temperature merata disusul dengan pendinginan secara perlahan-lahan sambil dijaga agar temperature bagian luar dan dalam kira-kira samahingga diperolehstruktur yang diinginkan dengan menggunakan media pendingin udara.Tujuan proses anneling :1.Melunakkan material logam2.Menghilangkan tegangan dalam / sisa3.Memperbaiki butir-butir logam.
 
c. NormalizingNormalizing adalah suatu proses pemanasan logam hingga mencapai fase austenit yang kemudiandiinginkan secara perlahan-lahan dalam media pendingin udara. Hasil pendingin ini berupa perlit dan feritnamunhasilnya jauh lebih mulus dari anneling. Prinsip dari proses normalizing adalah untuk melunakkanlogam. Namun pada baja karbon tinggi atau baja paduan tertentu dengan proses ini belum tentumemperoleh baja yang lunak. Mungkin berupa pengerasan dan ini tergantung dari kadar karbon.d. TemperingProses tempering adalah pemanasan baja sampai temperature sedikit di bawah temperature kritis,kemudian didiamkan dalam tungku dan suhunya dipertahankan sampai merata selama 15 menit.Selanjutnya didinginkan dalam media pendingin. Jika kekerasan turun, maka kekuatan tarik turun pula.Dalamhal ini keuletan dan ketangguhan baja akan meningkat. Meskipun proses ini akan menghasilkan bajayang lebih lemah. Proses ini berbeda dengan anneling karena dengan proses ini belum tentu memperoleh baja yang lunak, mungkin berupa pengerasan dan ini tergantung oleh kadar karbon.
Jenis-Jenis Pengerasan Permukaan
1. karburasiCara ini sudah lama dikenaloleh orang sejak dulu. Dalam cara ini, besi dipanaskan di atas suhudalam lingkungan yang mengandung karbon, baik dalan bentuk padat, cair ataupun gas. Beberapa bagiandari cara kaburasi yaitu kaburasi padat, kaburasi cair dan karburasi gas.2. karbonitidingAdalah suatu proses pengerasan permukaan dimana baja dipanaskan di atas suhu kritis di dalamlingkungan gas dan terjadi penyerapan karbon dan nitrogen. Keuntungan karbonitiding adalah kemampuan pengerasan lapisan luar meningkat bila ditambahkan nitrogen sehingga dapat diamfaatkan baja yangrelative murah ketebalan lapisan yang tahan antara 0,80 sampai 0,75 mm.3. cyanidingAdalah proses dimana terjadi absobsi karbon dan nitrogen untuk memperoleh specimen yang keras pada baja karbon rendah yang sulit dikeraskan.4. Nitridingadalah proses pengerasan permukaan yang dipanaskan sampai ± 510°c dalam lingkungan gasammonia selama beberapa waktu.
 
Pengelompokan dan Standarisasi BajaPengelompokan Baja
1) Baja KarbonBaja karbon adalah paduan besi karbon di mana unsure karbon sangat menentukan sifat-sifatnya, sedang unsur-unsur paduan lainnya yang biasa terkandung di dalamnya terjadi karena proses pembuatannya. Sifat baja karbon biasa ditentukan oleh persentase karbon dan mikrostruktur.2) Baja PaduanBaja paduan adalah baja yang mengandung sebuah unsur lain atau lebih dengan kadar yang berlebih daripada karbon biasanya dalam baja karbon.Menurut kadar unsur paduan, baja paduan dapat dibagi ke dalam dua golongan yaitu baja paduanrendah dan baja paduan tinggi. Baja rendah unsur paduannya di bawah 10% sedangkan baja paduantinggi di atas 10%.3) Baja KhususBaja khusus mempunyai unsur-unsur paduan yang tinggi karena pemakaian-pemakaianyang khusus. Baja khusus yaitu baja than karat, baja tahan panas, baja perkakas, baja listrik.Unsur utama dari baja tahan karat adalah Khrom sebagai unsure terpenting untuk memperoleh sifat tahan terhadap korosi. Baja tahan karat ada tiga macam menurut strukturnya yaitu baja tahan karat feritis, baja tahan karat martensitas dan austenitis.Baja tahan panas, tahan terhadap korosi. Baja ini harus tahan korosi pada suhulingkungan lebih tinggi atau oksidasi.Baja perkakas adalah baja yang dibuat tidak berukuran besar tetapi memegang peranandalam industri-industri. Unsure-unsur paduan dalam karbitnya diperlukan untuk memperoleh sifat-sifat tersebut dan kuat pada temperature tinggi.Baja listrik banyak dipakai dalam bidang elektronika.
Standarisasi Baja

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->