Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
58Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Wirausaha Mahasiswa (Dikti)

Proposal Wirausaha Mahasiswa (Dikti)

Ratings: (0)|Views: 5,504 |Likes:

More info:

Published by: Azharul Fazri Siagian on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
 Itik dikenal juga dengan istilah Bebek (bhs.Jawa). Nenek moyangnya berasal dariAmerika Utara merupakan itik liar (Anas moscha) atau Wild mallard. Terusmenerus dijinakkan oleh manusia hingga jadilah itik yang diperlihara sekarangyang disebut Anas domesticus (ternak itik).Secara internasional ternak itik terpusat di negara-negara Amerika utara,Amerika Selatan, Asia, Filipina, Malaysia, Inggris, Perancis (negarayangmempunyai musim tropis dan subtropis). Sedangkan di Indonesia ternak itik terpusatkan di daerah pulau Jawa (Tegal, Brebes dan Mojosari), Kalimantan(Kecamatan Alabio, Kabupaten Amuntai) dan Bali serta Lombok.Dewasa ini kebutuhan akan daging bebek atau telur bebek semakin meningkat,setelah adanya isu flu burung yang mematikan usaha peternakan ayam .Masyarakat cenderung memelihara bebek dan mentok sebagai alternatif. Untuk itu usaha ini sangat menjanjikan karena konsumsi masyarakat semakinmeningkat, apalagi usaha kuliner yang berbasis daging bebek semakin bervariasiseperti bebek bakar,bebek goreng ,atau sate bebek . Berikut ini akan kami jelaskan tentang jenis usaha ,rincian modal usaha serta pengembangan usahayang mungkin dilakukan.
 
2
 
B.
 
M
anfaat Ternak Itik 
1.
 
Untuk usaha ekonomi kerakyatan mandiri
2
.
 
Untuk mendapatkan telur itik konsumsi, daging, dan juga pembibitan ternak itik.3.
 
Kotorannya bisa sebagai pupuk tanaman pangan/palawija.4.
 
Sebagai pengisi kegiatan dimasa pensiun.5)Untuk mencerdaskan bangsamelalui penyediaan gizi masyarakat.
 
3
BAB IIPE
M
BAHASANA.
 
V
ariasi Usaha Ternak Bebek 
 1.
 
Pembesaran Bebek Pembesaran bebek adalah proses pembesaran bebek dari DOC (hari pertamamenetas) sampai 40 hari. Anakan bebek (meri) yang di besarkan adalah jenis betina yang memang dari segi harga lebih mahal sehingga memerlukan perawatan extra. Dalam hal ini harus menyiapkan kandang yang sesuaidengan kebutuhan , dengan penghangat, agar suhu temperatur sesuai yangdibutuhkan. Ini perlu dilakukan untuk menekan tingkat kematian. Tingkatkematian normal
2
0% dari jumlah anakan. Usaha pembesaran ini merupakanusaha yang paling cepat menghasilkan dan resiko paling rendah ,tapi jugamembutuhkan investasi besar karena harus membuat kandang khusus danrumah kandang .
2
.
 
Penggemukan Bebek Perbedaan mendasar dari Pembesaran Bebek adalah meri yang digemukkkanadalah meri jantan yang harga bibitnya jauh lebih murah. Dalam proses penggemukan ini waktu yang diperlukan lebih lama yaitu 5-6 bulan dan itumenyebabkan konsumsi pakan juga lebih banyak. Jika dihitung dari hasil jualdan perawatan keduanya keutungannya hampir sama yang membedakanhanya waktu yang lebih lama.3.
 
Peternakan Bebek Dalam usaha ini bebek yang dibeli adalah yang sudah berumur 5-6 bulan,yaitu bebek yang sudah siap untuk bertelur . Dalam hal ini ketika sudahmulai bertelur akan bertelur setiap hari dan berhenti setelah 8-9 bulan .

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Denny Febrian liked this
Lilik Lelono liked this
MUAKHOL19 liked this
Alex A. Je liked this
Khairul Bahtiar liked this
Abde Firmansyah liked this
Imbrund Ooi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->